CARA MEMULAI BISNIS DARI INTERNET

Bisnis dari internet atau bisnis online kini mulai diminati banyak orang. Kalau kita tengok pada situ-situs jejaring sosial seperti Facebook, misalnya, banyak sekali orang menawarkan produk-produk mereka dengan cara mempromosikannya melalui foto, memposting status baru dan memberikan link produk, men-tag banyak kawan, dll. Atau bisa juga membangun website, baik itu berbayar maupun gratisan.

Apakah Anda juga tertarik?

Sebelum memulainya, sebaiknya Anda mematangkan dulu ide Anda. Jenis bisnis apa yang akan Anda tekuni, layanan jasa, reseller, atau produksi sendiri? Produk apa yang akan Anda jual? Matangkan dulu konsep Anda, pikirkan untuk dan ruginya, lalu, mari kita memulai bisnis!

Berbisnis lewat internet itu gampang-gampang susah. Tapi, asal ada kemauan, semangat, dan kegigihan, setiap orang pasti bisa sukses. Dan jangan lupa: jujur!

Hal-hal yang perlu Anda siapkan untuk memulai bisnis dari internet:

  1. Komputer atau laptop. Pastikan Anda bisa dan setidaknya memahami cara penggunaan komputer atau laptop.
  2. Gunakan layanan internet yang memadai. Anda bisa memilih internet mana yang paling nyaman untuk Anda gunakan. Bagi Anda yang memiliki telepon rumah, layanani nternet rumah paling tepat untuk Anda, karena koneksinya cenderung lebih stabil. Bagi Anda yang mobile, layanan internet dengan modem sangat cocok, sebab dapat dibawa kemana saja.
  3. Buatlah akun-akun untuk layanan koneksi Anda di dunia maya. Email, kontak Yahoo! Messenger, membuat akun Facebook dan Twitter, serta website.
  4. Untuk website gratisan, banyak sekali. Anda bisa memilih CMS mana yang ingin Anda gunakan. Untuk website berbayar, Anda perlu bantuan untuk membelikan hostingan dan domain untuk web Anda. Sudah banyak penyedia layanan hosting dan domain. Murah pula!
  5. Mintalah bantuan seorang web programmer untuk membangun website berbayar Anda. Jadi, Anda bisa memiliki sebuah toko online sesuai yang Anda inginkan.
  6. Tentukan model transaksi jual-beli. Jangan sampai Anda tertipu atau menipu orang.
  7. Pelajari sedikit saja cara memposting artikel, menambahkan foto, dsb. Cara ini mudah kok. Anda cukup mengikuti alurnya saja. Lama-lama insya Allah akan bisa melakukannya sendiri dengan lancar.
  8. Siapkan daftar rekening untuk transaksi melalui transfer bank, atau jika Anda ingin melayani pembelian dari luar negeri, Anda bisa membuka akun paypal.
  9. Cari dan tentukan agen atau penyedia layanan antar untuk mengantarkan kiriman-kiriman Anda dengan baik dan jujur.

Selamat mencoba! Anda tertarik untuk membuat website Anda sendiri? Hubungi kami, insya Allah kami akan membantu Anda mewujudkan toko online Anda!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *