TIPS AGAR SI KECIL SENANG MEMBACA

Setiap orangtua pasti menginginkan anak-anak mereka menjadi anak-anak yang rajin membaca buku dan belajar. Karena anak-anak yang rajin membaca dan belajar insya Allah akan menjadi anak yang cerdas dan berwawasan luas.

Sayangnya, kebanyakan orangtua sering kali hanya bisa menuntut anak mereka untuk rajin membaca dan belajar, tanpa memberikan teladan. Padahal bagi anak-anak, teladan atau contoh itu penting! Karena mereka lebih banyak “belajar” dengan melihat perilaku dan kebiasaan orangtua mereka.

Nah, bagaimana agar si kecil Anda senang membaca buku?

1. Gunakan saat-saat libur sekolahnya untuk pergi ke toko buku atau ke pameran buku. Biarkan si kecil memilih buku yang disukainya. Ketika anak-anak menyukai sebuah buku, maka ia senang membuka-bukanya terus. Ia akan selalu meminta kita mengulang-ulang isi buku tersebut hingga ia hafal seluruh isinya. Nah, kalau sudah begitu, bagusnya ia diajak untuk sering-sering beli buku kan? Agar banyak buku yang ia senangi.

2. Ajaklah si kecil untuk pergi mengunjungi perpustakaan sesering mungkin. Awalnya, mungkin Anda berpikir, ini tidak mungkin, karena anakku hanya akan berlarian dan ribut kesana kemari. Tapi, percayalah, anak-anak mengamati Anda dan ketekunan Anda membaca buku. Anda perlu mengenalkannya pada buku-buku yang sesuai dengan usianya. Insya Allah kebiasaan ini akan melekat dan mendarah daging pada anak.

3. Sisihkan uang Anda untuk membeli buku. Daripada Anda menyisihkan uang belanja untuk sering-sering menyewa film atau video, lebih baik Anda menyisihkannya untuk membeli buku. Ini membantu Anda untuk melatih anak Anda mencintai buku dan melatih daya imajinasinya.

4. Lakukan permainan-permainan yang melibatkan buku. Misalnya, seperti bermain boneka tangan atau boneka jari. Atau bisa juga bermain peran seperti tokoh dalam cerita.

5. Motivasi anak untuk mau membaca sendiri. Jika si kecil -balita Anda- belum dapat membaca secara lancar, Anda bisa memancingnya dengan teknik cerita bersambung. Ajak ia berimajinasi dan menyusun cerita sesuai yang ia ingat atau yang berada dalam imajinasinya.

6. Berilah teladan, dengan rajin membaca buku di waktu luang Anda. Poin terakhir ini penting, karena apa yang Anda lakukan biasanya akan ia tiru dan ia lakukan.

Yuk, kita sama-sama menumbuhkan rasa cinta buku pada anak!!

One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *