Mohon maaf, saat ini kami belum dapat melanjutkan sesi sharing dan konsultasi. Silahkan konsultasikan masalah anda ke Psikolog atau ahlinya, terimakasih.

5 LANGKAH UNTUK DAPATKAN KULIT SEHAT

Heboh dengan munculnya kerutan samar di wajah dan leher? Bermasalah dengan kulit dari hari ke hari? Dan Anda tak memiliki waktu untuk merawat kulit Anda secara intensif? Hmm…mungkin Anda perlu memulainya dengan langkah-langkah dasar terlebih dahulu. Sebab, menjadi tua itu pasti. Tetapi, merawat diri untuk tetap cantik hingga hari tua itu pilihan. Perawatan kulit yang baik dan pilihan gaya hidup sehat dapat membantu menunda proses penuaan alami dan mencegah berbagai masalah kulit.

Siap untuk melakukan perubahan? Coba lima langkah sederhana berikut ini. 

1. Melindungi diri dari sengatan sinar matahari

Untuk mendapatkan kulit sehat, sebenarnya bukan berarti mengharuskan Anda untuk bersembunyi dari sinar matahari sepanjang waktu. Melainkan, Anda memerlukan cara khusus untuk menghadapi radiasi sinar matahari yang berbahaya untuk kesehatan kulit Anda. Terlalu sering terpapar radiasi sinar matahari dapat menyebabkan kulit menjadi berbintik-bintik, cepat keriput, dan meningkatkan resiko kanker kulit

Nah, bila keadaan Anda mengharuskan Anda untuk lebih sering bekerja di bawah terik sinar matahari, Anda perlu menggunakan tabir surya. Gunakan tabir surya dengan SPF 15 atau lebih, dan ulangi pemakaian setiap 3 jam sekali, terutama bila Anda sedang berenang atau berpanas-panas.

Hindari sinar matahari langsung antara jam 10 pagi hingga jam 2 siang. Karena pada jam-jam tersebut, sinar matahari sangat kuat menyengat. Bagi kulit yang sensitif, tentunya tak baik bila radiasinya membakar kulit Anda hingga kemerahan dan mengelupas. Menggunakan jilbab dan pakaian yang menutup aurat, itu juga salah satu cara terbaik untuk merawat diri dari gangguan-gangguan alami seperti radiasi sinar matahari ini.

2. Jangan merokok

Merokok dapat mempersempit pembuluh darah di lapisan terluar kulit. Akibatnya, aliran darah pun menjadi tidak lancar, sehingga kulit kekurangan oksigen dan nutrisi yang penting untuk kesehatan kulit itu sendiri. Merokok juga dapat merusak kolagen dan elastin, yakni serat alami yang memberikan kulit Anda kekuatan dan elastisitas. Karbondioksida yang terkandung dalam asap rokok juga dapat menyebabkan kulit menjadi kering dan cepat keriput. Bahkan, ekspresi berulang saat Anda mengerucutkan wajah untuk menghirup rokok dan menyipitkan mata juga dapat menyebabkan kulit Anda mudah sekali berkeriput. Pada akhirnya, kulit Anda pun terlihat lebih tua karena keriput.

3. Perlakukan kulit Anda dengan lembut

Kegiatan membersihkan tubuh harian dan mencukur (shaving) juga memiliki resiko terhadap kulit Anda. Terlalu sering mandi dan berendam, terutama mandi dengan air panas juga tak baik bagi kulit Anda karena dapat menghilangkan minyak alami yang ada di tubuh Anda. Penggunaan sabun yang tidak tepat atau terlalu banyak mengandung deterjen juga dapat menghilangkan minyak alami kulit, sehingga kulit pun menjadi lebih kering. Pilihlah sabun atau pembersih dengan komposisi yang ringan.

Saat bercukur, lakukanlah dengan hati-hati dan mengikuti arah tumbuh rambut. Namun, sebelumnya, beri lotion atau krim khusus untuk bercukur agar kulit terlindungi. Pilihlah pisau cukur yang bersih dan tajam. Dan setelah bercukur, bersihkan dan keringkan area yang telah bersih tadi dengan handuk sambil sedikit di tepuk-tepuk.

4. Makan makanan sehat dan olahraga

Kulit tak hanya perlu asupan gizi dari luar dengan berbagai treatment dan produk perawatannya. Tapi, juga membutuhkan nutrisi dari dalam, yakni dari makanan yang sehat. Lakukan diet sehat dengan banyak mengkonsumsi sayur dan buah, bila perlu yang organik, dan kurangi makanan yang mengadung bahan pengawet dan pewarna buatan. Konsumsi buah dan sayur yang banyak mengandung vitamin A, C, dan E sangat bermanfaat untuk menjaga kehalusan dan kemulusan kulit. Vitamin A berfungsi untuk mencegah kekeringan pada kulit, sedangkan vitamin C dan E bermanfaat sebagai antioksidan yang baik. Jangan lupa, perbanyak minum air putih.

Selain itu, olahraga yang teratur juga dapat membantu memperbaiki sirkulasi darah ke jaringan tubuh. Jika sirkulasi darah bagus, maka insya Allah kulit pun akan cukup mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Olahraga juga dapat menjadikan tubuh menjadi lebih bugar dan sehat. Alasan mengapa olahraga dan nutrisi yang cukup itu sangat penting adalah karena semahal apapun kosmetik yang kita gunakan, tidak akan dapat menutupi kulit yang kusam dan tidak sehat. Nah, ayo, rajin olahraga!

5. Mengelola stress

Tidak ada manusia yang tidak pernah stress. Tapi, kita tetap bisa mengelola stress agar tidak berkelanjutan. Sebab, stress yang tidak terkontrol dapat mengakibatkan kulit menjadi sensitif, mudah berjerawat, dan mudah memicu masalah kulit lainnya. Untuk mendapatkan kulit yang sehat dan segar, dorong diri Anda untuk hidup lebih sehat, berpikiran positif, dan tetapkan batas. Sudah saatnya untuk menarik diri dari sikap lebay alias berlebihan dan senang terpuruk pada masalah. Cobalah untuk mengelola emosi, memotivasi diri, dan carilah solusi untuk setiap permasalahan yang muncul.

Langkah yang cukup mudah bukan?

Jangan lupa, untuk perawatan kulit wajah Anda, selalu gunakan Szava Cosmetics, yaitu kosmetik dengan bahan yang aman dan halal, serta cocok untuk segala jenis kulit. Dapatkan kulit wajah yang bersih, cerah, dan kencang dalam 2 minggu.  Szava Cosmetics, is your passion beauty.

Add a Comment

Mohon maaf, saat ini kami belum dapat melanjutkan sesi sharing dan konsultasi. Silahkan konsultasikan masalah anda ke Psikolog atau ahlinya, terimakasih.

Your email address will not be published. Required fields are marked *