BUSY BAG RAMADHAN BY ELHANA

Ramadhan hampir tiba. Apakah tahun ini ananda mulai ikut berpuasa? Alhamdulillaah. Semoga lancar sampai akhir ya, Bunda. Jangan lupa, persiapkan ananda untuk lebih memaknai Ramadhan serta kenalkan betapa istimewanya bulan Ramadhan ini.

Nah, Elhana Learning Kit kembali menghadirkan busy bag edisi spesial Ramadhan, lho. Yuk, ajak si kecil untuk belajar berpuasa tahun ini sambil belajar dan bermain bersama paket busy bag Ramadhan dari Elhana.

Apa saja yang ada di dalam Busy Bag Ramadhan ini?

1. Menentukan hilal Ramadhan
Anak-anak biasanya penasaran, darimana kita bisa mengetahui awal puasa? Nah, menjawab pertanyaan mereka, kita dapat mengajak anak-anak mengobservasi bermacam-macam fase bulan untuk menentukan hilal dengan cara sederhana.

Tidak hanya untuk mengenal hilal saja, Bunda. Tapi kita bisa menyisipkan materi lainnya dalam aktivitas ini. Misalnya, perbedaan antara kalender Masehi dengan kalender Hijriyah, nama-nama bulan dalam setahun (Masehi dan Hijriyah), bahasa Arab dari alam semesta ciptaan Allah, mengapa bisa terjadi siang dan malam, membuat teropong sederhana, dan lain sebagainya.

2. Puzzle chart puasa
Anak-anak suka sekali menempel stiker reward mereka ya. Nah, dalam chart puasa di edisi kali ini, anak-anak tidak hanya sekedar menempelkan stiker penanda lulus puasa saja, lho. Tapi mereka juga harus merangkai stiker lulus puasanya ini menjadi satu gambar utuh yang akan muncul di hari ke tiga puluh puasanya.

Wow…seru banget kan ya?


3. Ramadhan Card : Batal atau Tidak?
Kartu-kartu yang tersedia dalam aktivitas ini akan membantu anak untuk mengklasifikasikan hal-hal apa saja yang bisa membatalkan puasa dan tidak. Tidak ada salahnya jika kita menambahkan kasus-kasus nyata yang seringkali terjadi dan membuat anak bingung mengenai pembatal-pembatal puasa ini. Dan, jangan ragu untuk membiasakan memberikan dalil yang shahih untuk anak, ya! Agar mereka tidak terbiasa melakukan suatu amalan karena “kata ibuku” atau “kata ayahku”, melainkan karena ada contoh dari Rasulullaah dan para sahabat.

4. Matching Card : Amalan di Bulan Ramadhan
Selain untuk memperkenalkan amalan-amalan yang bernilai ibadah di bulan Ramadhan, kegiatan ini akan melatih daya ingat anak dengan cara yang menyenangkan.

Sebarkan kartu secara acak, lalu minta anak untuk memasangkan dua kartu dengan gambar yang sama. Untuk anak yang usianya lebih kecil, kita bisa bertahap memberikannya. Misalnya, 4 kartu terlebih dahulu (memasangkan 2 kartu), lalu naik menjadi 6 kartu, 8 kartu, dan seterusnya.

5. Idul Fitri Pop-up Card
Berkirim kartu lebaran? Masih tetap seru, dong. Meski kini ada banyak aplikasi chat yang dapat menampilkan berbagai kreasi desain kartu Ramadhan yang cantik, namun membuat kreasi kartu lebaran dan mengirimkannya melalui POS tetap menjadi sesuatu yang istimewa.

Berkreasi membuat kartu lebaran berbentuk pop-up dengan atau tanpa bantuan orangtua, akan meningkatkan kepercayaan diri anak. Kartu Idul Fitri ini juga dapat kita gunakan sebagai media pembelajaran tentang pentingnya menjaga tali silaturahmi dengan kerabat dan teman.

Tambahkan juga bahan penghias lainnya agar kartu menjadi lebih cantik untuk mereka yang istimewa bagi si kecil!

6. Bunting flag Ramadhan
Yuk, ajak anak menyambut bulan suci Ramadhan dengan lebih meriah. Dengan rangkaian bendera warna-warni, rumah akan menjadi lebih semarak dan ceria. Bunting flag ini juga bisa dimodifikasi untuk menyambut hari Raya Idul Fitri juga, lho!

Berat : 500 gr

Harga : IDR 150.000 (Update : Dapatkan harga diskon spesial!)

 

Gambar : Elhana Learning Kit

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *