Mohon maaf, saat ini kami belum dapat melanjutkan sesi sharing dan konsultasi. Silahkan konsultasikan masalah anda ke Psikolog atau ahlinya, terimakasih.

ASYIKNYA BERKEBUN BERSAMA SI KECIL

Tahukah Anda, bahwa anak-anak adalah pengamat yang baik terhadap segala sesuatu? Dan mereka selalu ingin mencoba hal-hal yang baru dan seru?

Salah satu kegiatan yang sangat dianjurkan oleh pakar pendidikan anak bagi para orangtua yang ingin memberikan stimulus-stimulus bagi anak-anaknya adalah dengan berkebun. Anak-anak sangat menyukai kegiatan ini, dan itu merangsang rasa ingin tahunya. Berkebun juga membantu mengembangkan minat seorang anak untuk belajar tentang alam, mencintai makhluk hidup, serta memahami keadaan lingkungannya.

Asyiknya bermain tanah. Tidak perlu takut kotor, sebab kegiatan ini adalah bagian dari pembelajaran. Ajak si kecil untuk membantu Anda mencabuti rumput-rumput liar di halaman rumah Anda, sambil menangkap serangga yang sekiranya menarik untuk diteliti. Jangan lupa untuk memberikan sekop yang aman serta sarung tangan karet agat tangannya tidak tertusuk duri tanaman.

Belajar sambil berkebun. Sambil mencabut rumput atau menanam benih, Anda dan si kecil mungkin akan menemukan binatang-binatang kecil seperti serangga, siput, cacing, dll. Ajak si kecil berdiskusi tentang binatang-binatang ini. Atau, Anda juga bisa menjelaskan bagaimana proses tanaman yang Anda tanam ini tumbuh. Jika Anda tidak memiliki halaman yang luas untuk berkebun, tidak ada salahnya Anda berkebun dengan pot. Anda bisa membeli bibitnya di toko tanaman, dan meminta si kecil untuk membantu Anda menanamnya bersama-sama di pot dan meletakkannya di pekarangan rumah Anda.

Tanamlah tanaman yang berbunga menarik dan cepat tumbuh. Anak-anak sering kali tidak sabaran menunggu benih yang mereka tanam itu tumbuh dan berbunga. Nah, untuk itu, pilihlah benih yang mudah tumbuh, serta memiliki bunga yang menarik. Sediakan pula papan pertumbuhan atau diary tanaman. Anak-anak usia TK sudah bisa Anda berikan papan pertumbuhan tanaman, untuk membantu mereka mengukur pertumbuhan tanaman mereka.

Ajari mereka cara merawat tanaman. Bunga-bunga cantik, tanaman yang indah, memerlukan perawatan dari kita. Nah, untuk itu, jelaskan pada si kecil, bahwa tanaman yang telah mereka tanam ini perlu disirami 2 kali sehari, serta diberi pupuk yang cukup. Jangan sampai bunga-bunga mereka layu!

Hmm…seru, kan?

Add a Comment

Mohon maaf, saat ini kami belum dapat melanjutkan sesi sharing dan konsultasi. Silahkan konsultasikan masalah anda ke Psikolog atau ahlinya, terimakasih.

Your email address will not be published. Required fields are marked *