KOTAK SENI BALITA

Pada usia balita, kebutuhan anak-anak untuk mengeksplor segala sesuatunya¬† menjadi lebih besar . Salah satu hal yang paling banyak menarik minat mereka adalah seni. Anda dapat membantu balita Anda dengan penemuan artistik mereka dengan memasok mereka dengan sebuah “kotak seni”. Kotak ini dapat diisi dengan bahan-bahan seni yang sesuai dengan usia untuk membantu anak Anda belajar tentang warna, tekstur, dan kualitas artistik lainnya dalam dunia mereka.

Ada beberapa hal yang dapat disertakan dalam sebuah kotak seni ini:

Krayon

Hal paling penting untuk diingat, saat Anda memilihkan krayon untuk si kecil, maka pilihlah krayon yang sesuai dengan tangan mereka. Kebanyakan krayon yang dijual adalah krayon dengan batang kecil, yang mudah patah sehingga anak-anak tidak maksimal saat ingin memulai manuver mereka. Pastikan Anda mulai dengan krayon tebal. Dan jangan lupa untuk memilih krayon yang non-toxic dan dapat dihapus.

Spidol

Sebagaimana krayon, pilihkanlah spidol warna dengan bahan non-toxic yang aman meski balita Anda mengemutnya. Pilihkan spidol yang memiliki pengaman, yakni tutup yang besar dan lebar sehingga anak-anak dengan type “usil” tidak sampai menelannya.

Cat Air

Anda dapat mengisi kotak seni dengan cat air bagi balita Anda. Namun, perhatikan tingkat kemampuan anak juga. Kebanyakan balita kesulitan untuk menggunakan cat air yang cenderung tidak simpel.

Kertas

Masukkan berbagai macam kertas ke dalam kotak seninya. Kertas lipat aneka warna, kertas putih HVS, buku mewarnai, lembar kerja mewarnai, dsb.

Stiker

Anak-anak menyukai stiker untuk ditempel di berbagai tempat. Anda dapat membeli stiker-stiker lucu yang bisa digunting, dilepas, di toko perlengkapan alat tulis di dekat rumah Anda.

Gunting

Pilihkan gunting anak-anak yang terbuat dari bahan plastik. Jangan gunting stainless seperti yang kita gunakan sehari-hari. Meski mungkin kurang tajam dan kurang cepat, tapi gunting ini adalah gunting keselamatan yang lebih aman bagi mereka.

Play-Doh

Bermain play-doh adalah hal yang sangat menyenangkan bagi balita. Mereka senang mengeksplor dan menciptakan sesuatu yang baru, unik, dan mungkin tidak pernah terpikir oleh kita. Tangan mereka akan terlatih untuk menggenggam, meremas, dan mencipta bentuk. Anda juga bisa menyertakan alat-alat untuk melengkapi permainan play-doh ini yang bisa ditemukan di supermarket.

Lem Stik

Kalau dulu kita suka memakai lem cup atau lem pot biasa, maka berikanlah anak-anak Anda lem stik, yang mudah digunakan tanpa mengotori tangan dan pakaian mereka. Selain itu, lem ini juga lebih rapi saat digunakan.

Berbagai jenis kerajinan

Balita senang bekerja dengan berbagai tekstur dan warna, jadi jangan takut untuk memasukkan berbagai benda seperti benang, potongan-potongan kertas tisu, bola kapas, glitter, merasa, pipa pembersih, pom-pom, dll. Anda bisa saja berjalan-jalan ke pertokoan yang menjual benda-benda perlengkapan seni, ini memungkinkan Anda untuk menambah jumlah benda dalam kotak seninya.

Penting juga untuk diingat bahwa anak-anak suka mencoba segala sesuatunya. Mereka senang bereksperimen dengan benda-benda yang ada di sekitarnya. Jangan lupa untuk terus mengawasi, dan jangan mudah kesal atau marah pada mereka jika mereka melakukan eksperimen-eksperimen yang mungkin saja mengotori rumah Anda!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *