MENCARI SUMBER BUNYI

Bayi berusia 3 bulan biasanya sudah mulai merespon berbagai bunyi dan suara di sekitarnya. Para ibu biasanya membelikan kerincingan plastik atau mainan berbunyi yang bisa berputar di atas box bayinya. Kita bisa membelinya di toko perlengkapan bayi. Tapi, itu sudah hal biasa, dan hanya berlaku jika kita punya dana lebih.

Bagaimana jika kita membuatnya sendiri?Peralatan :

  • Kaleng/kotak kosong berpenutup 3 buah
  • Kertas hias 3 warna
  • Selotip
  • Bel kecil atau dadu

Cara bermain :

  1. Lapisi kaleng atau kotak dengan kertas hias. Masing-masing kaleng/kotak warna kertasnya berbeda. Gunakan selotip untuk merekatkannya.
  2. Isi salah satu kaleng dengan bel atau dadu kecil. Biarkan 2 lainnya kosong.
  3. Berikan satu persatu kaleng pada bayi sambil digoyang-goyangkan. Saat Anda memberikan kaleng yang berisi bel, buatlah ekspresi senang dan terkejut saat mendengar bunyinya.
  4. Setelah itu, mintalah bayi Anda untuk mencari kaleng yang berbunyi dan memberikannya pada Anda. Biarkan ia mencoba dan mencari sendiri kaleng tersebut. Biarkan ia bergerak maju, menyentuh, meraba, dan mengguncang. Lihat berapa lama ia menemukan kalengnya. Berikan pujian jika ia berhasil menemukan kaleng berbunyi untuk Anda.

Permainan ini sangat sederhana. Namun, permainan ini membantu si kecil Anda mengembangkan pengetahuannya akan bunyi dan suara, serta mengkoordinasi mata dan tangan. Bayi Anda juga terdorong untuk bergerak maju untuk mencari sumber bunyi dan melatih fokusnya.

Mudah bukan? Cobalah permainan ini dengan bayi Anda di rumah. Pasti seru!!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *