MENJAHIT DENGAN PITA

Menjahit adalah sebuah aktivitas yang sederhana, namun membutuhkan ketelitian dan ketekunan. Orang-orang yang terbiasa menjahit biasanya memiliki ketelitian dan kesabaran yang tinggi. Koordinasi kecepatan dan kecekatan mata dan tangan mereka sangat bagus.

Untuk anak-anak, biasanya di TK atau play group disediakan papan berlubang untuk latihan menjahit. Bentuknya bermacam-macam. Mulai dari bentuk buah-buahan, baju, sepatu, dsb. Tapi, biasanya harga yang ditawarkan untuk permainan edukatif seperti itu cenderung mahal. Dan anak-anak gampang bosan.

Buat sendiri? Oke juga!

Alat & bahan :

  • Kertas karton / asturo yang tidak terlalu tipis
  • Pensil dan spidol
  • Pita kecil
  • Pembolong kertas
  • Gunting

Cara bermain :

  1. Buatlah sebuah pola yang agak besar di atas karton atau kertas asturo berwarna dengan menggunakan pensil. Setelah jadi, tebalkan dengan spidol. Usahakan gambar tidak terlalu rumit. Misalnya, gambar sepatu, baju, atau apel.
  2. Gunting pola tersebut dengan rapi.
  3. Buat lubang di sekeliling gambar dengan pembolong kertas. Jarak antar lubang kurang lebih 1 atau 2 cm.
  4. Buat simpul pada salah satu ujung pita, lalu masukkan pita pada lubangĀ  sampai semua lubang dimasuki oleh pita. Anda bisa memberikan contoh terlebih dahulu dan biarkan si kecil merampungkannya.

Aktivitas menjahit ini bermanfaat untuk melatih kreativitasnya, mengasah kemampuan motorik halus, melatih ketelitian dan kesabaran anak, menumbuhkan dan mengembangkan kemandirian anak, mengasah kerapiannya, serta membantu mengembangkan koordinasi antara mata dan tangan anak.

Catatan : Permainan ini untuk anak usia 4-5 tahun. Anda bisa memulainya dengan gambar paling sederhana, lalu bertahap sampai gambar yang paling sulit untuknya.

Selamat berkreasi!!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *