MENGULIK MANFAAT ALPUKAT

Alpukat atau avokad adalah salah satu buah populer yang disukai banyak orang. Siang hari yang panas, meneguk jus alpukat tentu sangat menyegarkan dan menghilangkan dahaga. Atau bagi yang sedang diet, dalam salah satu metode diet, buah alpukat justru sangat disarankan untuk dikonsumsi dibandingkan buah-buahan lainnya.

Alpukat yang termasuk keluarga Lauraceae ini memiliki nama latin Persea americana. Sedangkan nama daerahnya ada banyak sekali, di antaranya adalah alpukat (Jawa), boah pokat (Batak), advokat, jambo mentega, jambo pooan, pookat (Lampung).

Awalnya, tanaman ini berasal dari Amerika Tengah dan Meksiko kemudian menyebar ke Amerika Selatan, dan ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia kurang lebih pada abad ke 18.

Kandungan gizi buah alpukat

Buah alpukat kaya akan vitamin C, E, K, dan B-6, serta riboflavin, niasin, asam folat, asam pantotenat, magnesium, dan kalium. Alpukat juga sumber nutrisi yang menyediakan lutein, beta-karoten, dan asam lemak omega-3.

Dan walaupun sebagian besar kalori dalam alpukat berasal dari lemak, tidak perlu kuatir. Alpukat penuh dengan lemak sehat yang bermanfaat untuk mengendalikan kadar kolesterol sehingga kita tetap merasa kenyang.

Manfaat alpukat untuk kesehatan :

  • Menjaga kesehatan jantung. Alpukat mengandung vitamin B6 dan asam folat yang membantu mengatur kadar homocysteine. Nah, tingkat homocysteine yang tinggi ini biasanya dikaitkan dengan peningkatan resiko penyakit jantung. Selain itu, alpukat juga mengandung vitamin E , blutathione dan lemak tak jenuh tunggal yang membantu
  • dmenjaga dalam kesehatan jantung.
  • Menjaga kesehatan mata. Alpukat merupakan sumber yang sangat baik dari carotenoid lutein, yang dikenal untuk membantu melindungi mata terkait macular degeneration (katarak).
  • Mengatur kadar gula darah dan membantu diet. Lemak baik tak jenuh tunggal dalam alpukat dapat membalikkan resistensi insulin yang membantu mengatur kadar gula darah. Dan jenis lemak ini juga sangat mudah terbakar dan diubah menjadi energi, sehingga cocok untuk diet.
  • Merawat kulit. Serat alpukat sering ditambahkan dalam banyak kosmetik karena kemampuannya unyuk memelihara kulit dan membuat kulit bersinar. Hal ini juga membantu dalam mengobati psoriasis, suatu penyakit kulit yang menyebabkan kulit kemerahan dan iritasi.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.