10 MAKANAN PENUNJANG KEHARMONISAN PASUTRI

Pernahkah Anda dan pasangan hidup Anda melakukan evaluasi terhadap kehidupan seksual Anda berdua? Faktor apa sajakah yang mempengaruhi sukses tidaknya kehidupan seksual Anda berdua? Meskipun hal tersebut bukanlah sesuatu yang wajib dilakukan, namun sangat penting. Mengapa? Karena hubungan seksual adalah salah satu faktor terciptanya sebuah kehidupan berumahtangga yang sehat dan harmonis.

Kita perlu tahu, bahwa kehidupan seks yang baik tidak terjadi begitu saja. Berbagai faktor mempengaruhi baik atau tidaknya sebuah kehidupan seksual pasutri. Kombinasi gizi yang baik, olahraga teratur, dan sikap positif merupakan elemen kunci dalam membantu mempertahankan dorongan seks dan sistem reproduksi kita untuk selalu dalam keadaan baik.

Ada nutrisi tertentu yang memiliki kekuatan untuk mengatur kadar hormon seks dalam tubuh kita, dan beberapa bahkan dapat membantu melindungi sistem reproduksi kita dari efek negatif yang berpotensi untuk merusak.

Contohnya:

  • Kekurangan seng (zinc) dapat menyebabkan kemandulan dan impotensi.
  • Kafein dalam kopi, teh dan minuman cola dapat menurunkan libido.
  • Terlalu gemuk atau terlalu kurus dapat mengurangi libido dan merusak kesuburan. Pada tingkat tertentu, lemak tubuh diperlukan untuk ovulasi dan menstruasi, dan ketika lemak turun di bawah titik kritis tertentu, ovulasi dan menstruasi keduanya berhenti. Sementara itu, pada titik ekstrem yang lain, obesitas dapat mengganggu ovulasi pada wanita.
  • Pikiran dan sikap negatif dapat merusak kepercayaan diri, dan itu berakibat pada buruknya kualitas hubungan seksual.

Ada makanan tertentu yang tidak hanya lezat tetapi juga mengandung nutrisi penting untuk menjaga kesehatan reproduksi dan libido seseorang. Makanan ini memberikan kontribusi dalam mempertahankan sistem reproduksi kita untuk senantiasa dalam kondisi baik, membantu mengatur siklus hormonal, dan meningkatkan kesuburan.

Apa sajakah itu?

  1. Vitamin A: berfungsi menjaga kesehatan jaringan epitel di seluruh permukaan tubuh, termasuk lapisan vagina dan rahim pada wanita. Hati, telur, kuning telur, keju, mentega dan wortel merupakan sumber vitamin A yang baik.
  2. Vitamin B & asam folat: Kekurangan kedua vitamin B2 dan asam folat sering dikaitkan dengan masalah ketidaksuburan, dan bagi setiap perempuan yang merencanakan kehamilan harus memastikan bahwa mereka mengkonsumsi banyak makanan yang kaya asam folat sebelum konsepsi. Selada air, ayam, ikan, gandum, bayam, kacang-kacangan, kubis, hati, jeruk, alpukat, bit, brokoli, dan pisang merupakan sumber makanan yang kaya asam folat.
  3. Vitamin C: Asupan vitamin C yang cukup dapat membantu dalam meningkatkan kesuburan, terutama untuk laki-laki.  Ada tes yang telah menunjukkan bahwa mengkonsumsi 500-1000 mg vitamin C  perhari dapat meningkatkan jumlah dan kualitas sperma yang dihasilkan dan mengurangi kelainan. Vitamin ini juga dapat membantu mencegah ‘aglutinasi’, yakni di mana sperma menjadi lengket dan tidak mampu mencapai sel telur. Buah-buahan dan sayur mayur, khususnya buah kiwi, lada, stroberi, jambu biji, jeruk sangat kaya akan vitamin C.
  4. Vitamin E: Vitamin E membantu melindungi ovum dari kerusakan. Bunga matahari, minyak nabati, kacang-kacangan dan biji-bijian, margarin, gandum dan alpukat mengandung vitamin E tingkat tinggi.
  5. Zinc: Ada teori yang menyebutkan bahwa tiram baik untuk kehidupan seks Anda, karena tiram adalah sumber makanan kaya seng, dan seng dikenal sebagai salah satu nutrisi kunci yang terlibat dalam meningkatkan libido & produksi sperma. Kita dapat memperoleh seng dari kerang (terutama tiram), roti gandum, beras merah, dan sayuran berwarna hijau gelap.
  6. Selenium: mineral yang satu ini sangat penting untuk menjamin produksi ovum & sperma yang sehat. Beras merah dan bubur gandum merupakan sumber selenium yang baik.
  7. Mangan: Metabolisme hormon estrogen pada perempuan tergantung pada mangan. Kekurangan mangan secara signifikan akan mengurangi kesuburan pada wanita. Bayam, teh, gandum, sereal gandum, kismis, nanas, dan kacang-kacangan merupakan sumber yang kaya akan mangan.
  8. Asam lemak esensial: Asam Linoleic penting untuk produksi sperma. Bunga matahari dan minyak sayuran serta kacang-kacangan mengandung jumlah banyak asam linoleic ini.
  9. Fitoestrogen: Zat kimia yang berasal dari tumbuhan ini menyerupai hormon estrogen pada wanita. Kita dapat menemukannya pada kacang kedelai dan produk kedelai seperti minuman kedelai dan tahu. Fitoestrogen dapat membantu melindungi terhadap kanker prostat dan mencegah pertumbuhan tumor.
  10. Antioksidan: Buah-buahan dan sayuran yang memiliki kandungan antioksidan dapat menurunkan resiko kanker serviks. Mereka menetralkan bahan berbahaya yang diproduksi oleh tubuh.

Dan dalam teori pengobatan kuno, kekuatan seksual seseorang juga bergantung pada makanan yang dikonsumsinya. Buah plum, ginseng, adas manis, bawang merah dan bawang putih, wortel, jahe, telur, dan terong adalah contoh makanan yang diklaim dapat meningkatkan kenikmatan seksual.

Nah, bagaimana? Anda siap untuk membudayakan hidup sehat? Mari kita mulai dari diri sendiri!!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *