Mohon maaf, saat ini kami belum dapat melanjutkan sesi sharing dan konsultasi. Silahkan konsultasikan masalah anda ke Psikolog atau ahlinya, terimakasih.

KALSIUM, PENTING BAGI ANAK

Salah satu nutrisi yang seringkali tidak didapatkan anak-anak secara cukup adalah kalsium. Padahal, peranan kalsium ini sangat besar bagi pertumbuhannya. Tanpa adanya kalsium, otot tidak dapat berkontraksi dengan benar, darah tidak bisa membeku, dan saraf tidak dapat membawa pesan.

Kalsium berperan besar dalam mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi selama masa kanak-kanak dan bermanfaat bagi kesehatan tulangnya di kemudian hari. Sebagian besar kalsium ditemukan dalam jaringan tulang, namun kalsium juga beredar dalam aliran darah. Kalsium darah melayani peran vital, yakni berpartisipasi dalam irama jantung yang normal, pembekuan darah, dan fungsi otot. Tubuh bergantung pada kalsium tulang untuk menjaga konsentrasi kalsium darah secara normal. Anak-anak yang kebutuhan kalsiumnya terpenuhi dengan baik, di hari tuanya tidak akan mudah mengalami pengeroposan tulang.

Kebutuhan anak akan kalsium harian berbeda pada tingkat usianya:

* 1 – 3 tahun membutuhkan 500 miligram
* 4 – 8 tahun membutuhkan 800 miligram
* 9 – 19 tahun membutuhkan 1.300 miligram

Terlalu banyak konsumsi soft drink atau minuman-minuman kemasan lainnya  sangat berpengaruh pada anak. Hal tersebut mengakibatkan anak-anak menjadi ogah minum susu. Akhirnya, kebutuhan kalsiumnya pun kurang terpenuhi.

Tepat sebelum masa remaja, dan di seluruh masa remaja, anak-anak harus mendapatkan cukup kalsium untuk memiliki dasar tulang yang kuat. Salah satu hal fatal yang terjadi jika kebutuhan kalsium ini tidak terpenuhi dengan baik adalah osteoporosis, yakni pengeroposan tulang, yang akhirnya berujung pada patah tulang.

Anak-anak yang kekurangan kalsium biasanya lemah, cepat lesu, sering berkeringat, sering mengalami nyeri perut, kram otot, gangguan tidur, hingga sering kejang.

Nah, untuk itulah orangtuanya harus memperhatikan asupan makanan yang masuk. Makanan-makanan yang mengandung kalsium di antaranya adalah brokoli, bayam, sawi, kacang-kacangan, ikan, daging sapi atau kambing, udang, telur, dan susu. Beberapa olahan susu seperti yoghurt dan keju juga bagus untuk suplemen kalsium tambahannya.

Add a Comment

Mohon maaf, saat ini kami belum dapat melanjutkan sesi sharing dan konsultasi. Silahkan konsultasikan masalah anda ke Psikolog atau ahlinya, terimakasih.

Your email address will not be published. Required fields are marked *