MAKANAN YANG DAPAT MENYEBABKAN ALERGI PADA BAYI

Si kecil kini mulai memasuki tahapan pengenalan makanan padat. Anda tentu tengah sibuk mempersiapkan menu-menu untuk diberikan padanya, bukan?

Bunda, tidak setiap makanan itu “boleh” langsung diberikan untuk si kecil lho. Ada beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari pemberiannya di awal-awal pemberian makanan padat, karena dapat menyebabkan alergi.

Apa sajakah itu?

1. Ikan laut  dan telur

Ikan dan telur memang merupakan sumber protein yang sangat bagus dan diperlukan oleh tubuh. Akan tetapi, pada bayi, sebaiknya ibu tidak memberikan ikan laut dan telur pada bayinya yang berusia di bawah 6 bulan.

Karena ikan laut dapat menyebabkan reaksi alergi. Alergi makanan karena ikan laut paling mudah terdeteksi, karena gejala yang ditimbulkan relatif cepat. Alergi makanan karena ikan laut termasuk reaksi alergi tipe cepat. Biasanya kurang dari 8  jam keluhan alergi sudah bisa dikenali.

Jenis ikan laut yang sering mengakibatkan gangguan adalah jenis ikan laut yang kecil, seperti udang, cumi, kerang, kepiting dan sebagainya. Sedangkan ikan laut yang agak besar seperti salmon, tuna dan sebaginya relatif lebih ringan.

Pemberian ikan laut dan telur boleh dilakukan setelah bayi berusia di atas 6 bulan. Lebih amannya di atas usia 8 bulan, karena ikan, udang dan telur menjadi bagian dari menu seimbang yang dibutuhkan gizinya oleh bayi dalam pertumbuhan di masa emasnya.

2. Gluten

Gluten adalah protein elastis yang terkandung dalam beberapa jenis serealia, terutama gandum dan produk gandum (pasta, mie, roti, dll). Sedangkan beras dan jagung tidak mengandung gluten.

Meski gluten dapat menjadi pengganti daging bagi para vegetarian, namun pemberiannya pada bayi dapat menimbulkan efek buruk, terutama bagi mereka yang sensitif terhadap gluten. Efek buruk ini bisa berupa gangguan kulit seperti gatal-gatal dan eksim, gangguan pencernaan (kram perut, konstipasi, mual dan muntah), pusing, lemas, serta gangguan pernafasan.

Karena itu, sebaiknya ibu tidak memberikan makanan ini sampai usianya di atas 6 bulan, untuk menghindari reaksi alergi. Jika ingin mencari bubur instan, carilah bubur dengan bahan yang bebas gluten.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *