Mohon maaf, saat ini kami belum dapat melanjutkan sesi sharing dan konsultasi. Silahkan konsultasikan masalah anda ke Psikolog atau ahlinya, terimakasih.

MANFAAT BERJALAN KAKI UNTUK KESEHATAN

Berjalan kaki sejatinya adalah olahraga yang paling mudah dan murah. Bisa dilakukan oleh siapa saja, dimana saja, dan kapan saja. Meski mudah, berjalan kaki ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kita.

Pada saat berjalan kaki, semua organ, jaringan, termasuk pembuluh darah di dalam tubuh kita menjadi aktif sehingga hampir semua fungsi dalam sistem organ tubuh kita pada umumnya akan  bekerja secara optimal.

Berjalan kaki juga membutuhkan energi yang cukup besar, sehingga cadangan lemak dalam tubuh kita secara otomatis akan dipergunakan. Dengan demikian, kadar lemak dalam tubuh kita pun akan berkurang. Tak perlu sedot-sedot lemak lagi. Jalan kaki saja!

Berjalan kaki juga menurunkan kadar gula dalam tubuh. Cadangan energi dalam tubuh dibongkar, yang tersimpan dalam bentuk karbohidrat diubah menjadi glukosa yang bermanfaat untuk menjalankan aktivitas tubuh. Nah…kalau kadar gula sudah menurun, bye bye diabetes!

Tahukah Anda, bahwa dengan berjalan kaki, pembuluh arteri dalam tubuh kita akan terlatih kelenturannya. Pembuluh arteri akan bergerak mengkerut-mengembang, dimana gerakan ini sangat baik bagi kesehatan pembuluh darah. Karena terlatih, pembuluh darah tidak kaku, tidak mengeras, dan juga tidak mudah pecah. Selain itu, berjalan kaki juga dapat menghindari terjadinya penyempitan dan penyumbatan pada pembuluh darah.

Suatu penelitian di Harvard School of Public Health menyatakan bahwa berjalan kaki rutin selama 20 jam seminggu dapat menurunkan resiko stroke sampai 2/3. Subhaanallaah…

Nah, mari budayakan untuk rajin berjalan kaki. Agar badan sehat dan terhindar dari berbagai penyakit!

 

Gambar : http://www.satvikshop.com/blog/wp-content/uploads/2013/02/walk4health.jpg

Add a Comment

Mohon maaf, saat ini kami belum dapat melanjutkan sesi sharing dan konsultasi. Silahkan konsultasikan masalah anda ke Psikolog atau ahlinya, terimakasih.

Your email address will not be published. Required fields are marked *