Mohon maaf, saat ini kami belum dapat melanjutkan sesi sharing dan konsultasi. Silahkan konsultasikan masalah anda ke Psikolog atau ahlinya, terimakasih.

PANDUAN NUTRISI DASAR UNTUK ANAK

Baik buruknya pertumbuhan dan perkembangan anak sangat dipengaruhi oleh nutrisi yang masuk ke tubuhnya. Semakin baik dan berkualitas makanan yang masuk, maka pertumbuhan dan perkembangan seorang anak pun semakin baik. Sebaliknya, anak-anak dengan nutrisi yang buruk tentunya akan mengalami hambatan dalam proses tumbuh kembangnya.

Setiap orangtua wajib untuk mengetahui dasar-dasar nutrisi yang harus mereka berikan untuk anak-anak mereka, sejak dini. Sebab, jika tidak, itu akan berpengaruh pada pola makanan yang mereka konsumsi pada akhirnya.

Ada semacam pola yang terbentuk antara orangtua dan anak untuk masalah nutrisi ini. Anak-anak akan memakan apa yang biasa diberikan oleh orangtuanya. Ini pola alaminya. Kunci awalnya, orangtualah yang memutuskan makanan apa yang boleh mereka makan dan makanan apa yang tidak boleh mereka makan.

5 Kebutuhan Nutrisi Dasar Anak:

1. Protein. Protein berguna untuk membangun dan memperkuat tubuh. Protein ada dalam kacang-kacangan, telur, ikan, ayam, daging, dan susu. Biasakan anak-anak untuk minum susu setiap hari.

2. Sayur dan buah. Kandungan serat pada buah dan sayur sangat baik untuk anak-anak. Yang lebih berwarna, semakin baik. Anda bisa mengkombinasikan sayur dan buah untuk mereka santap setiap harinya dalam menu-menu sehat yang menarik. Memotong-motongnya dalam bentuk yang menarik, membuatkan jus segar, dsb.

3. Karbohidrat. Tidak harus selalu nasi. Konsultasikan pada ahli gizi anak Anda, tentang bagaimana mengkombinasikan makanan yang baik dan benar.

4. Lemak. Pilihkan lemak yang baik atau “good fat” untuk anak-anak. Misalnya, lemak pada alpukat, minyak zaitun, ikan, dsb.

5. Air putih. Mudah, murah, dan sehat. Ya, jika anak-anak dibiasakan untuk banyak minum air putih setiap harinya, ini akan sangat baik untuk pertumbuhan tulang, gigi, dan kesehatan kulitnya. Anak-anak yang rajin mengkosumsi air putih, akan memiliki tulang yang kuat serta kulit yang sehat.

Bagaimana dengan jajanan?

Sesekali jajan boleh-boleh saja. Coklat, permen, es krim, boleh-boleh saja. Asalkan itu bukan menjadi sebuah kebiasaan harian. Agendakan itu pada acara-acara khusus saja.

Hindari makanan-makanan yang banyak mengandung garam tinggi, gula tinggi, dan kafein, seperti keripik kentang, cola, chiki snack, permen, mie instan, atau bahkan fast food. Kita tahu anak-anak suka dengan makanan sejenis itu. Tapi, sebisa mungkin, buatlah agenda kapan saja mereka boleh mengkonsumsinya. Dan ingat, tidak setiap hari.

Anak-anak melihat dan belajar dari gaya hidup orangtuanya. Jika ingin anak-anak Anda memiliki gaya hidup dan pola makan yang sehat, maka mulailah dari diri Anda terlebih dahulu!

Gambar : http://www.ncis.com.sg/

Add a Comment

Mohon maaf, saat ini kami belum dapat melanjutkan sesi sharing dan konsultasi. Silahkan konsultasikan masalah anda ke Psikolog atau ahlinya, terimakasih.

Your email address will not be published. Required fields are marked *