Mohon maaf, saat ini kami belum dapat melanjutkan sesi sharing dan konsultasi. Silahkan konsultasikan masalah anda ke Psikolog atau ahlinya, terimakasih.

7 CARA ANAK-ANAK MENGUNGKAPKAN CINTA PADA ANDA

Sebagai orangtua, kita tentu ingin anak-anak kita mencintai kita sebagaimana kita mencintai mereka dengan sepenuh hati. Namun, anak-anak terutama bayi tentu saja belum dapat mengungkapkan perasaan kasih mereka melalui kata-kata.

Apakah mereka tidak mencintai kita? Tentu saja tidak. Anak-anak memiliki caranya sendiri untuk mengungkapkan cinta mereka terhadap orangtuanya.

Apa sajakah itu?

1. Bayi baru lahir mengungkapkan rasa cinta dan rasa membutuhkan Anda melalui tatapan mata. Mereka bekerja keras untuk menghafal wajah Anda. Mereka belum mengerti apapun tentang dunia di sekeliling mereka, namun, mereka tahu bahwa Anda (ibu, terutama) sangat penting baginya.

2. Bayi Anda yang berusia 8-12 bulan akan mulai merespon saat Anda meninggalkannya. Ia akan mulai mengernyitkan wajahnya dan melihat sekeliling, bahkan menangis saat melihat Anda meninggalkan ruangan. Tapi, ia akan tersenyum ketika Anda kembali.

3. Anak-anak balita biasanya mengalami tantrum. Mereka sering sekali marah atau ngambek, dan mengatakan “aku benci ibu” atau yang sejenis dengan itu. Tapi, tenanglah, kata-akata tersebut sesungguhnya hanya luapan emosi sesaatnya saja. Di dalam hatinya yang sesungguhnya, ia tetap dan sangat mencintai Anda.

4. Balita mungkin saja belum mengerti arti sebenarnya dari kata; “Aku cinta padamu, ibu”. Namun, biarkan mereka mengungkapkannya keras-keras. Tidak mengapa. Perlahan-lahan mereka akan memahami arti kata-kata yang ,ereka ucapkan tersebut.

5. Saat anak-anak mulai sekolah, mereka belajar mengungkapkan cinta dengan bunga, atau membuat kartu-kartu ucapan, atau hadiah-hadiah kecil lain yang mereka pikir akan membuat Anda senang. Maka terimalah dengan senyum bahagia, meski hadiah itu mungkin konyol bagi Anda.

6. Anak-anak usia prasekolah, biasanya mulai menjadi lebih kooperatif. Mereka selalu ingin menunjukkan kemampuan mereka dan membuat Anda terkesan. Mereka seolah ingin mengungkapkan, “Lihatlah aku, Bu!”. Percayalah, itu adalah tanda cintanya pada Anda, karena ia ingin membuat Anda bangga padanya.

7. Anak-anak yang lebih besar biasanya lebih senang merahasiakan hal-hal yang memalukan baginya, atau saat mereka berbuat kesalahan. Mungkin saja mereka takut Anda marah, Anda kecewa, Anda malu, dsb. Itu disebabkan mereka sangat mencintai Anda dan tidak ingin kebanggaan Anda terhadap mereka menjadi luntur. Maka, di saat seperti itu, pelukan hangat dan motivasi dari Anda adalah hal yang sangat mereka butuhkan.

Add a Comment

Mohon maaf, saat ini kami belum dapat melanjutkan sesi sharing dan konsultasi. Silahkan konsultasikan masalah anda ke Psikolog atau ahlinya, terimakasih.

Your email address will not be published. Required fields are marked *