JURUS CERDAS ATASI HIPEREMESIS SAAT HAMIL

Hiperemesis atau juga dikenal dengan hiperemesis gravidarum adalah mual dan muntah secara berlebihan yang dialami oleh seorang wanita hamil sehingga membuat keadaannya memburuk dan mengganggu aktivitas lainnya. Dapat dikatakan hiperemesis apabila seorang wanita hamil mengalami muntah lebih dari 10 kali dalam 24 jam, atau muntah setiap saat (tidak hanya pagi hari saja). Dan biasanya, keadaan ini akan semakin memburuk karena dapat mengakibatkan dehidrasi (kurangnya cairan tubuh).

Anda pernah mengalaminya di saat Anda hamil?

Ya, hampir sebagian besar wanita hamil mengalami muntah dan mual, terutama di pagi hari. Tapi, hiperemesis terjadinya hampir setiap saat. Badan menjadi lemas dan lemah karena cadangan energi dalam tubuh terkuras habis, juga terjadi ketidakseimbangan elektrolit dalam tubuh. Dan satu hal yang juga penting : hiperemesis dapat mengakibatkan kurangnya asupan makanan dan gizi yang dapat diserap oleh janin.

Penyebabnya?

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan hiperemesis ini. Perubahan hormonal, alergi, faktor psikologis seperti stress, rasa takut yang berlebihan akan kehamilan dan persalinan, rasa takut menjadi ibu, kurangnya gizi yang seimbang pada ibu, dsb.

Nah, cara mengatasinya sebenarnya cukup sederhana dan mudah. Berikut adalah jurus jitu untuk mengatasi hiperemesis :

1. Minum sari kurma atau jus kurma. Sari kurma sangat bermanfaat untuk menambah energi, bahkan di saat Anda tidak bisa makan apapun, cobalah untuk meminum sari kurma. Kandungan gizinya yang sangat banyak insya Allah akan tetap membantu Anda untuk lebih kuat, juga mengurangi rasa mual. Bahkan efeknya untuk ASI dan janin Anda pun sangat baik.

2. Perbanyak konsumsi buah dan sayuran, serta kurangi makanan yang memiliki kandungan lemak tinggi.

3. Menghisap permen sari buah.

4. Minum jahe hangat dapat membantu mengurangi rasa mual.

5. Makan crackers sebelum bangkit dari tempat tidur (saat bangun pagi). Anda bisa sediakan baskom untuk cuci tangan, dan sebungkus cracker untuk Anda makan. Tunggu sekitar 10 menit barulah Anda bangkit dari tidur.

6. Lakukan pijat sederhana dengan menekan titik anti muntah : tekan dengan menggunakan ibu jari pada area 3 jari di atas pergelangan tangan selama 10-15 menit bergantian tangan kanan dan kiri.

7. Cobalah untuk selalu rileks dan tenang, berpikirlah positif, dan perbanyaklah berdzikir. Insya Allah ketenangan akan Anda dapatkan dengan memperbanyak doa dan dzikir.

Cukup mudah, bukan? Selamat menikmati kehamilan Anda!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *