PENTINGNYA KONSULTASI PRA KEHAMILAN

Tidak banyak wanita yang mengetahui betapa pentingnya berkonsultasi kepada dokter atau bidan sebelum kehamilannya. Sebagian besar baru akan pergi ke dokter setelah ketahuan hamil. Padahal, berkonsultasi kepada ahlinya sebelum kehamilan itu sangat bermanfaat bagi para wanita di masa kehamilannya. Konsultasi dan perawatan pra kehamilan sangat baik untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang memiliki kemungkinan membawa resiko bagi janin dan calon ibu di masa kehamilannya. Selain itu konsultasi dengan dokter atau bidan, juga dapat membantu para calon ibu untuk mempersiapkan fisik dan mentalnya sebelum benar-benar hamil.

Apa saja yang biasanya didiskusikan Anda dengan dokter atau bidan pada sesi konsultasi pra kehamilan?

Riwayat reproduksi. Biasanya, dokter atau bidan akan menanyakan tentang riwayat kesehatan reproduksi Anda. Seperti siklus haid, kehamilan yang sebelumnya-jika Anda sudah pernah hamil dan menginginkannya lagi-, alat kontrasepsi apa yang pernah Anda pakai-jika Anda pernah memakainya-, pernahkah Anda mengalami penyakit reproduksi atau infeksi pada saluran reproduksi Anda, pernahkah Anda mengalami keguguran, dsb.

Riwayat kesehatan. Dokter atau Bidan juga akan menanyakan penyakit apa saja yang pernah atau sedang Anda derita, atau apakah Anda memiliki alergi terhadap sesuatu atau tidak, dan sejenisnya. Dokter atau bidan juga akan melakukan tes darah dan urine untuk mengecek riwayat medis Anda. Anda juga harus memaparkan riwayat kesehatan dari keluarga Anda maupun keluarga pasangan Anda. Beritahu dokter bahwa keluarga Anda memiliki riwayat penyakit atau cacat bawaan, misalnya. Mengapa? Karena kesehatan Anda benar-benar harus dipastikan oleh dokter sebelum Anda benar-benar hamil.

Obat-obatan yang sedang Anda konsumsi. Anda pun harus mengatakan kepada dokter Anda tentang obat-obatan yang sedang Anda konsumsi saat ini, jika Anda mengkonsumsinya. Ini untuk memastikan bahwa obat-obatan yang Anda konsumsi tersebut aman untuk bakal janin Anda.

Lingkungan rumah & tempat kerja Anda. Dokter juga akan memberikan saran-saran bagi Anda untuk menciptakan lingkungan rumah dan tempat bekerja yang aman untuk kehamilan Anda. Seperti misalnya, menjauhkan kandang binatang peliharaan Anda, agar Anda tidak terkena bahaya dari kotoran hewan. Atau juga polusi di tempat kerja Anda, seperti asap pabrik, asap rokok, dsb.

Berat badan. Dokter atau bidan akan memberi tahu Anda tentang berat badan ideal untuk Anda sebelum kehamilan. Ini mendukung agar pada saat hamil, Anda tidak kekurangan bobot hamil yang normal, atau malah kelebihan berat badan.

Gaya hidup. Dokter akan menanyakan tentang gaya hidup Anda sehari-hari; pola tidur Anda, pola makan Anda,  pola kerja Anda, kebiasaan merokok dan alkohol, atau olahraga apa saja yang Anda dan pasangan Anda jalani.

Asupan gizi. Dokter juga akan memastikan asupan gizi Anda cukup untuk memasuki masa kehamilan. Para calon ibu yang di masa gadisnya memiliki riwayat gizi buruk, juga akan berpengaruh terhadap kehamilannya. Biasanya, dokter akan memberikan vitamin-vitamin tambahan yang harus Anda konsumsi sebelum kehamilan.

Nah, bagaimana? Anda sudah siap untuk hamil? Pastikan Anda berkonsultasi dengan dokter atau bidan untuk menyelamatkan janin Anda! Semoga bermanfaat!!

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *