CARA MEMBUAT KALDU YANG ENAK DAN SEHAT

Kita sering kali menggunakan kaldu ayam atau sapi dalam membuat masakan berkuah seperti sop, soto, bubur ayam, dll. Tapi, tidak mesti kaldu yang kita buat rasanya sedap dan enak.

Untuk yang tidak terlalu suka memasak (seperti saya), kegagalan membuat kaldu yang enak itu menjadikan ingin serba instan dengan menggunakan penyedap rasa. Padahal, meski menggunakan penyedap rasa itu sebenarnya cukup aman digunakan,  kaldu alami lebih sehat dan nikmat.

Nah, berikut adalah tips yang akan saya berikan untuk membuat kaldu yang sedap, enak, dan sehat.

  1. Pilihlah daging ayam atau sapi yang segar.
  2. Cuci daging hingga bersih, sampai tidak ada darah ataupun lendir yang bersisa.
  3. Rebus air hingga mendidih, baru masukkan daging yang akan Anda buat kaldunya. Masaklah hingga daging menjadi empuk. Kunci dari kaldu yang sedap sebetulnya terletak pada proses memasak. Jadi, jangan masukkan daging dalam air dingin, melainkan ketika air telah mendidih.
  4. Setelah daging empuk, angkat daging dari panci. Bersihkan busa dan kerak yang menghitam di sekeliling panci yang muncul saat merebus daging.
  5. Setelah kaldu bersih dari kerak dan busa, angkat dan saring ampasnya. Kaldu siap digunakan untuk memasak.

Selamat mencoba!

Gambar : Rumah Bunda
About bunda 570 Articles
Hai! Panggil saya Icha atau Bunda Fafa. Seorang perempuan biasa yang bangga menjadi istri dan ibu rumah tangga, dan ingin terus belajar untuk menjadi luar biasa dengan karya dan dedikasi. Saat ini saya berdomisili di Yogyakarta, bersama dengan suami saya tercinta, Mr. E, dan anak-anak kami, Fafa (2010) dan Faza (2014). Enjoy!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.