CARA SEDERHANA ATASI LUKA BAKAR DAN LUKA MEMAR

Setiap kita pasti pernah mengalami luka. Sejak kita masih kanak-kanak, hingga dewasa, tak terhitung berapa kali kita terluka. Entah itu karena terjatuh, terkena benda tajam, tersayat pisau, tersiram air panas, terpercik minyak panas, terkena knalpot motor, dan lain sebagainya. Langkah yang paling sering kita lakukan adalah membersihkan dengan alkohol, mengolesi dengan betadine, lalu membebatnya dengan plester.

Namun, ternyata ada beberapa cara alami untuk mengatasi berbagai macam luka ini. Hanya berbekal aneka tanaman yang ada di sekitar kita, insya Allah luka itu akan segera sembuh seperti sedia kala.

Apa saja resep ramuannya?

Ramuan untuk luka bakar :

  • Cara 1 : Ambil getah pepaya muda sebanyak 1/3 cangkir, oleskan dengan kapas ke luka bakar tadi 2-3 kali sehari sampai sembuh.
  • Cara 2 : Ambil daun bayam duri 3/4 genggam, cuci hingga bersih, lalu remas-remas bersama 2 sendok madu dan 1 sendok cuka. Balutkan ramuan tadi pada luka bakar 1-2 kali sehari sesuai dengan keperluan.
  • Cara 3 : Ambil putih telur ayam, lalu oleskan bergantian dengan minyak biawak pada luka bakar hingga rasa panas dan pedihnya hilang.
  • Cara 4 : Ambil sedikit cairan pada batang pisang yang hampir membusuk, oleskan pada luka bakar karena rokok atau tersiram minyak panas.
  • Cara 5 : Ambil minyak dari lemak ayam, oleskan pada luka bakar karena tersiram minyak panas.

Ramuan untuk luka memar dan terjatuh : 

  • Cara 1  : Parut kelapa muda secukupnya lalu campur dengan sedikit cuka, tempelkan pada luka memar di tubuh, lalu balut rapat-rapat.
  • Cara 2 : Ambil getah pohon pisang sebanyak 1/2 cangkir, lalu oleskan pada luka memar atau luka yang berdarah.

 

Selamat mencoba!

 

Dicopy dari www.buahdansayur.com oleh penulis yang sama. 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *