TIPS MEMBUAT KUE AGAR TIDAK HANCUR DAN TAMPIL CANTIK

Lebaran t’lah tiba!

Biasanya, menjelang Hari Raya Idul Fitri, para ibu sibuk di dapur, berkutat dengan mixer dan oven, membuat kue lebaran! Memang, membeli kue yang sudah jadi di toko kue atau swalayan itu lebih simpel dan tidak ribet. Tapi, kalau kita bisa dan mau mencoba membuat kue-kue lebaran sendiri, pasti lebih bermakna dan seru, kan?

Tidak semua orang  bisa membuat kue dengan hasil yang perfect. Apalagi bagi pemula. Ada saja hasilnya yang sering kali membuat patah semangat, atau bahkan sebaliknya, penasaran. Entah itu hancur, terlalu keras, matang tidak merata, atau bahkan gosong! Hehehe….

Umumnya, penyebab kegagalan yang paling banyak adalah karena pengaruh oven. Resep kue yang biasanya ada di buku-buku resep, biasanya menggunakan acuan oven dengan standar internasional. Padahal, kebanyakan ibu masih menggunakan oven sederhana yang sering kali ukuran temperaturnya tidak  jelas.

Sering kali membuka-tutup oven juga bisa mempengaruhi hasil akhir. Di samping itu, jika adonan kue dimasukkan sebelum panas oven merata, juga akan mempengaruhi kematangan kuenya.

Jangan lupa, pastikan bahwa takaran bahan kue harus  pas. Karena takaran yang tidak pas dapat membuat hasil akhir kuenya bantat, keras, dsb.

Lalu, apa trik agar berhasil dalam membuat kue yang cantik?

  1. Perhatikan bahan dasarnya. Misalnya, Anda bisa menggunakan terigu yang rendah protein, agar kue bagus dan keringnya merata. Anda juga dapat menggunakan gula halus untuk mendapatkan tekstur kue yang lembut dan berpori kecil, tapi jika ingin kue dengan tekstur yang besar, Anda dapat menggunakan gula pasir.
  2. Perhatikan prosentase bahan. Misalnya, jangan sampai kelebihan gula, alias takaran gulanya harus sesuai resep. Karena kelebihan gula dapat membuat kue cepat berwarna coklat dan melebar. Prosentase penggunaan margarin dan mentega juga harus tepat agar dapat membuat kue dengan hasil yang lezat dan gurih.
  3. Saat pengadukan, Anda dapat menggunakan dua buah pisau sebagai pengganti mengaduk dengan tangan. Selain karena terlalu lama jika menggunakan tangan, dengan menggunakan dua buah pisau, Anda dapat membuat adonan lebih halus.
  4. Perhatikan proses pengovenan. Pastikan oven harus dipanaskan terlebih dahulu agar panasnya merata.
Nah, selamat membuat kue!!
Diolah dari berbagai sumber. 

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *