CARA KREATIF MEMBUAT ANAK SENANG BELAJAR

Sebuah studi di Amerika mengatakan bahwa mulai usia 3 tahun sudah seharusnya anak-anak diajak belajar secara intensif. Walaupun pada usia bayi saja sebenarnya sudah bisa dibiasakan belajar secara intensif.

Anak-anak, bahkan bayi, mulai belajar dari melihat dan mendengar apa yang orang dewasa lakukan dan katakan. Kita biasa mengajari mereka berbicara, menyebutkan benda, meniru apa yang kita lakukan. Tapi, bagaimana dengan cara belajar yang lebih berkesan “belajar”?

Poin utamanya, karena anak-anak memiliki fitrah senang bermain, gunakan cara ini untuk mengajak mereka belajar.

1. Cerita dan gerak

Anak-anak senang mendengarkan cerita. Bacakan buku cerita yang menarik, sambil memberikan contoh dengan gerakan-gerakan dan intonasi yang lucu. Anak-anak senang mendengarnya.

2. Mendorong kreativitas

Ajak anak belajar dengan menggunakan kotak seni mereka. Lihat apa yang mereka miliki dalam kotak seni mereka. Krayon? Spidol? Playdoh?

3. Fun quiz

Anak-anak sangat suka bertanya dan main tebak-tebakan. Terlebih lagi, anak-anak memiliki rasa ingin tahu yang sangat besar. Maka manfaatkan rasa ingin tahu mereka dengan melibatkan banyak pertanyaan.

4. Game dan video

Kini ada banyak game yang dapat kita gunakan untuk mengajari anak. Game online diinternet pun sudah sangat banyak yang berbasis edugame. Tidak ada salahnya memanfaatkan komputer dan internet untuk mengajak mereka belajar.Anda juga dapat menyetelkan video-video edukatif untuk si kecil. Petualangan, dunia binatang, alam semesta, dsb.

5. Flashcard

Gunakan kartu-kartu membaca dan berhitung, serta kartu bergambar untuk membantu anak-anak belajar. Banyak orang membuktikan bahwa cara ini juga sangat menarik untuk mengajak anak-anak mereka belajar.

Anda dapat belajar dari orangtua lain di sekeliling Anda. Tanyakan metode apa saja yang mereka gunakan untuk mengajari anak-anak mereka. Memang, kita perlu bersabar dan terus bersabar dalam menumbuhkan minat belajar ini. Tapi, insya Allah, anak-anak yang terbiasa belajar sejak kecil, akan lebih mudah belajar mandiri di masa depan…

One comment

Leave a Reply