Mohon maaf, selama Bulan Ramadhan, toko online RumahBunda Libur (Tutup), Buka kembali insyaallah tanggal 5 Syawwal 1438 H (29 Juni 2017)

BILA ANAK MENGELUH SAKIT DAN TAK MAU SEKOLAH

“Ma, kepalaku sakit, nggak usah sekolah ya?”

“Bunda, perutku sakit…”

“Bunda, pegang deh, badanku hangat, kayaknya aku sakit…Di rumah aja ya?”

Pernahkah Anda mendengar anak-anak Anda berkata demikian? Dan bagaimana respon Anda?

Kadang kala, anak-anak mencoba mencari berbagai alasan dan trik agar mereka bisa untuk tidak masuk sekolah. Bisa jadi mereka memiliki beberapa permasalahan di sekolah, entah itu perasaan malu pada teman-teman, takut pada guru, menghindari ulangan, dsb.

Berikut tips bagi Anda untuk dapat segera memutuskan apakah Anda mengijinkan si kecil untuk diam di rumah, atau mereka harus tetap ke sekolah :

1. Segera lakukan pemeriksaan manual, dan Anda perlu mengenal tanda-tanda anak yang betul-betul sakit atau tidak enak badan.

2. Lakukan konfirmasi pada guru di sekolah, apakah anak memiliki permasalahan, ataukah ada ujian, dsb. Pastikan bahwa tidak ada ulangan atau tes atau bahkan pelajaran yang ingin dihindari oleh anak Anda.

3. Tawarkan untuk memanggilkan dokter. Biasanya, anak-anak yang berpura-pura sakit, akan cenderung melakukan penolakan yang lebih kentara dibandingkan anak-anak yang sakit sungguhan.

4. Panggilkan dokter untuk memeriksa anak secara mendetail. Terutama jika anak saat itu benar-benar demam, kurang nafsu makan,  dan badan lemas.

5. Adakan pembicaraan dari hati ke hati, saat itu anak mungkin sakit sungguhan, namun disebabkan karena ada permasalahan di sekolah.

6. Jika anak Anda mengatakan, “Aku merasa nggak enak badan,” dan Anda merasa tidak yakin, maka usahakanlah untuk yakin dan membiarkan mereka istirahat total di rumah. Sekalipun mereka berusaha untuk menghindari masalah, mungkin saja diam di rumah dapat membuatnya berpikir lebih tenang dan Anda dapat memberikan solusi baginya.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *