DOWNLOAD: MY PERIOD TRACKER UNTUK REMAJA

Usia anak sulung saya kini memasuki fase pra remaja/baligh. Kami jadi lebih banyak mengajaknya bicara tentang persiapan-persiapan sebelum ia memasuki masa baligh tersebut. Dan karena sulung kami perempuan, maka yang banyak kami bahas adalah mengenai persiapan menstruasi.

Selain mengajaknya berdiskusi dan membahas tentang menstruasi dari sisi syariat dan kesehatan, saya juga sering menekankan padanya untuk lebih aware pada diri sendiri. Perubahan sekecil apapun pada dirinya, dialah yang harus lebih mengerti dan jangan ragu untuk menceritakannya pada orang tua, terutama saya, karena kami sama-sama perempuan.

Saya juga menyediakan buku panduan memasuki masa baligh sebagai persiapan untuk ia baca sendiri. Dan, saya juga membuatkan catatan siklus menstruasi untuknya, agar ketika sudah mendapatkan haidnya nanti, putri saya dapat mencatat dan mempelajari siklus menstruasinya. Karena mencatat siklus menstruasi ini penting. Bahkan termasuk dari sisi syariat. Karena kebanyakan kita, saya juga, sampai seusia saat ini pun masih sellau bingung dengan siklus haid kita sendiri.

Catatan siklus menstruasi atau Period Tracker ini sengaja saya buat sebagai printable. Memang akan mudah jika menggunakan aplikasi di HP seperti yang banyak di Playstore. Tapi, karena saya belum akan memberikannya pegangan HP sendiri sampai usianya benar-benar cukup dan ia amanah untuk itu, maka model printable ini lebih cocok untuknya saat ini.

Period Tracker printable ini juga bisa diberikan untuk santriwati di pesantren yang juga biasanya tidak mendapatkan izin membawa HP sendiri. Sementara orang tua dan guru juga masih sangat perlu untuk membantu mereka mengenali siklus haid mereka.

Desainnya sederhana, tetapi semoga bermanfaat.

Format file : PDF

Bahasa : Indonesia

Jumlah halaman : 1

Ukuran kertas : A4

Link download :

Jangan lupa untuk menginstall PDF Reader terlebih dahulu jika Anda belum memiliki PDF reader untuk dapat membaca file-nya. Dan saat akan mengeprint, jangan lupa untuk mensetting ukuran atau memastikan ukuran kertas adalah A4.

Worksheet anak ini GRATIS, dapat Anda perbanyak dan bagikan bagi siapapun yang membutuhkannya. Dan bila ingin menyebarkannya melalui media online, mohon untuk selalu mencantumkan sumbernya di www.rumahbunda.com.

About bunda 577 Articles
Hai! Panggil saya Icha atau Bunda Fafa. Seorang perempuan biasa yang bangga menjadi istri dan ibu rumah tangga, dan ingin terus belajar untuk menjadi luar biasa dengan karya dan dedikasi. Saat ini saya berdomisili di Yogyakarta, bersama dengan suami saya tercinta, Mr. E, dan anak-anak kami, Fafa (2010) dan Faza (2014). Enjoy!

3 Comments

  1. terima kasih bunda Fafa. anak2 saya suka sekali belajar menggunakan media printable yang bunda share. semoga jadi amal jariyah untuk bunda
    beberapa masih ada yang missing ya bun, masih proses editing. klo saya hitung2, ada 10 yg masih dalam proses. semoga segera fix link downloadnya ya bun. ditunggu

  2. assalamu’alaikum kak. salam kenal aku restu. kumau download kok gak bisa-bisa kak? terima kasih sebelumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.