Mohon maaf, saat ini kami belum dapat melanjutkan sesi sharing dan konsultasi. Silahkan konsultasikan masalah anda ke Psikolog atau ahlinya, terimakasih.

MENYIASATI AGAR DAUN PEPAYA TAK LAGI PAHIT

Daun pepaya ternyata memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Misalnya, kandungan karpain dalam daun pepaya bermanfaat untuk membunuh mikroorganisme jahat dalam saluran pencernaan. Daun pepaya juga dapat menjadi obat anti kanker, anti jerawat, dan obat demam berdarah. Sayangnya, rasanya yang pahit membuat kebanyakan orang tidak suka memakannya. Saya pun demikian.

Sampai suatu ketika, saat saya berkunjung ke rumah ibu mertua di kampung halaman, ibu membuatkan saya sayur daun pepaya yang dimasak dengan santan dan potongan daging sapi. Awalnya ragu-ragu, tapi untuk menjaga perasaan ibu, saya mencoba memakannya. Ajaib! Saya belum pernah makan sayur daun pepaya yang tidak ada pahitnya sama sekali seperti buatan ibu. Saya pikir itu daun singkong, tapi ternyata itu betulan daun pepaya. Hmmm….

Nah, ternyata, ada banyak cara yang lumrah (terutama di daerah pedesaan) digunakan untuk menghilangkan rasa pahit daun pepaya :

1. Dicuci dan diremas-remas dengan air garam, kemudian dicuci bersih dan direbus hingga matang.

2. Dimasak bersama daun jambu biji atau daun jambu mete. Perbandingannya biasanya 1:3, setelah agak empuk, daun pepaya direbus lagi dengan air baru yang bersih.

3. Dimasak dengan tanah liat. Caranya dengan merebus daun pepaya dengan diberi tanah liat. Setelah empuk, daun pepaya dicuci bersih-bersih, dan kemudian siap untuk diolah. Dan menurut ibu saya, cara paling efektif adalah merebus dengan tanah liat ini.

Bagaimana? Selamat mencoba ya….

Add a Comment

Mohon maaf, saat ini kami belum dapat melanjutkan sesi sharing dan konsultasi. Silahkan konsultasikan masalah anda ke Psikolog atau ahlinya, terimakasih.

Your email address will not be published. Required fields are marked *