AGAR ASI LANCAR DAN BERLIMPAH

daun-katuk

Banyak ibu baru yang sering merasa kesulitan saat awal-awal harus memberikan ASI untuk bayi mereka. Bahkan tak sedikit para ibu yang ASInya tidak bisa langsung keluar setelah melahirkan. Ditambah lagi, bayi baru lahir biasanya sering mengalami kebingungan puting.

Akhirnya, entah karena frustrasi atau kurang sabar, dan juga kasihan dengan bayi yang kelaparan, susu formula pun menjadi pilihan. Padahal, sebenarnya kita hanya perlu sedikit bersabar dan berusaha. Ada banyak cara untuk dapat membuat ASI Anda menjadi lancar dan berlimpah.

Bagaimana caranya?

1. Kurangi konsumsi kopi dan makanan berkafein, serta jauhi rokok.

2. Banyak minum air putih. Semakin banyak Anda minum, maka akan semakin banyak ASI yang terproduksi.

3. Minum habbatus sauda’ atau jintan hitam untuk memperlancar dan memperbanyak produksi ASI.

4. Perbaiki kualitas makanan yang Anda makan. Maksudnya, Anda harus rajin dan banyak makan makanan yang bergizi seperti sayur dan buah, serta daging dan susu.Pilihlah sayur-sayuran yang dapat mengentalkan ASI, serta membuat ASI menjadi enak untuk bayi Anda. Dengan demikian, bayi akan merasa kenyang, sehingga tidurnya pun nyenyak.

5. Biarkan bayi Anda menyusu langsung dari Anda. Meski awalnya sulit, Anda merasa payudara Anda sakit dan terluka karena awal-awal menyusui, serta ASI yang keluar sangat sedikit, Anda tetap harus berusaha. Jangan patah semangat. Terkadang, tangisan bayi memang akan membuat kita frustrasi. Maka cobalah untuk relaks. Sikap santai Anda akan membuat ASI keluar dengan lancar. Tapi, bila kita emosi, maka ASI akan sulit keluar.

Nah, kini, tahukah Anda, makanan apa sajakah yang disarankan oleh pakar gizi agar ASI Anda lancar dan berlimpah?

1. Daun katuk. Daun katuk memiliki kandungan  vitamin A, C, B1, zat besi, kalium, protein, fosfor, sterol, alkaloid, dan asam seskuiterna. Sudah menjadi tradisi yang turun temurun, bahwa ibu menyusui yang banyak mengkonsumsi daun katuk, ASInya akan berlimpah dan kental.

2. Almond. Almond mengandung banyak kalsium yang sangat baik bagi Anda yangs edang menyusui. Almond juga sangat tinggi kalori dan tidak menyebabkan iritasi pada anak-anak, tetapi melakukan keajaiban untuk ASI Anda.

3. Pare atau paria. Sayuran ini memang sangat pahit rasanya. Tapi, ternyata pare memiliki khasiat yang sangat manjur untuk mengentalkan dan memperbanyak produksi ASI, sehingga bayi akan mudah kenyang. Pare mengandung vitamin K, likopen, fitokimia lutein, dan anti oksidan. Selain untuk kelancaran ASI, pare juga bagus untuk merangsang produksi insulin, menurunkan kadar gula di dalam darah, dan anti kanker.

4. Kacang hijau. Vitamin B1, protein, fosfor, tiamin, mangan, kalium, magnesium, dan asam folat yang terkandung dalam kacang hijau membantu mencukupi kebutuhan protein dan energi ibu.

5. Pepaya. Buah murah meriah ini mengandung vitamin A, C, kalium, dan asam folat. Tetesan air buah pepaya dicampur dengan madu sangat baik bagi ibu menyusui agar tidak mudah capek / lelah, serta ASI yang diproduksi akan berlimpah. Bunga pepaya juga baik untuk menambah nafsu makan ibu.

6. Bayam. Bayam sangat baik untuk kekebalan tubuh bayi, terutama bayi yang baru lahir. Kandungan vitamin A, B6, C, E, K, asam folat, riboflavin, fosfor, kalium, protein, zat besi, karoten, dan thiamin dalam bayam sangatlah baik.

Bagaimana, ibu-ibu? Sangat mudah bukan, untuk membuat ASI Anda menjadi lancar dan berlimpah? Jika ASI lancar dan berlimpah, maka bayi akan tenang dan dapat tidur dengan nyenyak, sehingga ibu dapat beraktivitas dengan baik. Selamat mencoba!

TESTIMONIAL : 

  • “Saat menyusui Zulfa, saya jarang sekali makan sayur-sayuran karena tidak sempat memasak. Mau beli masakan di dekat kontrakan, banyak yang tidak cocok. Saya juga tidak suka jamu. Akhirnya saya masak seadanya, yang praktis saja. Tapi saya suka sekali sari kurma. Jadi saya hanya minum tambahan sari kurma dan habbatussauda (jintan hitam). Tapi ASI lancar banget, sampai netes-netes ASInya karena Zulfa suka tidur. 2 tahun full ASI tanpa susu formula. Susu formula baru saya berikan setelah lepas ASI. Zulfa juga gemuk dan jarang sakit.” (Ibu Y – Cikarang)
  • “Kalau sari kurma tidak begitu sering, tapi kalau habbatussauda (jintan hitam) bisa dibilang setiap hari saya konsumsi. ASI jadi lancar banget. Dan sepertinya rasa ASInya lebih enak sehingga anak saya menyusunya kuat sekali dan anak saya jarang sekali sakit.” (Ibu F – Jogja)
  • “Waktu hamil saya rajin minum sari kurma. Saat melahirkan sampai menyusui saya minum jintan hitam terus. Alhamdulillah, ASI lancar berlimpah.” (Ibu Qm – Jogja)
  • “Saya bisa dibilang tidak terlalu suka sari kurma dan jintan hitam. Tapi hampir semua teman-teman saya yg konsumsi sari kurma dan jintan hitam bilang bahwa ASInya lancar sekali, banyak dan berlimpah.” (UI – Jogja)

146 comments

    • MIA says:

      Bun bgaimana caranya agar asi saya banyak, soalnya anak saya sudah hampir 3 bulan tidak menyusu, karena dulu anaknya tidak mau n sekarang mau,,,,

  1. weebunga says:

    Bunda, makasih banyak infonya sangat berguna. salut jg bunda sangat sabar menjawab satu2 pertanyaan. Info ini sangat berarti buat saya karena untuk anak kedua saya (usia 1bln 10 hari), saya berusaha berikan asi exclusive. Ini pengalaman pertama saya memberikan asi pada anak. Terima kasih bunda …

    • rizky says:

      bun kmrn2 asi sy smpt macet keluar tp cm sdkit,stlh minum habbatus yang serbuk dan sari kurma dtmbah kacang tanah digoreng tnp myk asi sy keluar spt pertma kali smp netes2,tp 7hr kmdian sy sakit tyfus dan paginya furqon tdk mau minum asi smp asi sy keluar trs tp mlamnya dya mau mimik asi smp PD kosong,yg mau sya tnykn knp bun stlah itu asi sy koq kembli sdkit dan tdk prnh penuh stlah 4jam bru terisi tp cm dkit,pdhl sy ttp minum habbatus sauda dan sari kurma,byk minum air putih dan sayur tp ttp gak ngefek tlg sy bun bgmn crany agar asi sy bsa kmbli normal lg,sy bner2 bingung bun dan sempt stres krn furqon jg tdk mau dksih sufor,mauya cm asi,, mksh bun

      • bunda says:

        bunda Rizky, kondisi ibu yg kurang sehat itu pengaruh juga ke kualitas asi. umumnya asi ikut jadi tidak enak. nah, kalau kasus setelah sakit asi tidak mau keluar lagi, ini bisa dikarenakan bunda stress. usahakan untuk relaks, jangan panik bila asi belum keluar banyak, tetap menyusui sambil terus disuplai lagi gizinya. kalo bunda stress, memang asi jadi macet…

  2. Dessy Pratiwi says:

    Bun,,saya prnah coba konsumsi habbatussauda yg bntuknya minyak (yg merknya ada di iklan itu lo),produksi ASI lgsg melimpah,tapi badan langsung berasa ‎​gaк enak,perut mules,memang brdasarkan yg saya baca,efek detoksifikasi dari habbatussauda memang seperti itu,,tapi yang saya khawatirkan anak sy (skrg usianya 5 bln) juga seperti merasakan yg sama,karna frekuensi BABnya lbh bny dari biasanya dan agak rewel (seprti tdk enak badan),,karna khawatir akhirnya saya berhenti konsumsi. Itu gmana ya bun,memang reaksinya seperti itu?apa sebaiknya saya lanjutkan ato berhenti saja krn khawatir dgn reaksi pd anak saya?apa bentuk jintan hitam (minyak/serbuk) berpengaruh?mohon penjelasannya,,terimakasih

    • bunda says:

      Mba Dessy, yg saya ketahui, memang ada beberapa artikel yg menyebutkan efek samping konsumsi habbatussauda itu seperti yg mba gambarkan. tapi, sekali lagi, efek samping tersebut belum memiliki bukti ilmiah apakah memang benar disebabkan karena habbatussauda atau bukan. karena, tidak setiap orang memiliki reaksi yg sama. berdasarkan pengalaman ibu menyusui lain yg saya jumpai, merek atidak mengeluhkan apapun. tapi memang, pernah ada seorang konsumen habbatussauda yg juga seorang perokok berat, merasakan efek detoks tadi.
      Apa yg saya yakini berdasarkan Al-Qur’an dan Sunnah adalah habbatussauda merupakan obat dan suplemen dari segala macam penyakit kecuali maut. Maka bila dikonsumsi sesuai anjuran, insya Allah baik bagi tubuh.

  3. rica says:

    bunda, saya sudah 3bulan melahirkan secara operasi. Dan ASI saya tidak keluar ,selama 3bulan bayi saya diberi susu soya karena bayi saya alergi susu formula. Tolong bantu saya ya bunda agar ASI saya keluar. trimakasi

  4. novita says:

    Bunda,jintan hitan n sari kurma itu berupa kyk ⊙▂⊙)!! APAA??,soalnya saya ℓαƍί asi bayi saya 3 bln 1 minggu,cuma belakangan ini asi nya sedikit berkurang bunda,♏aũ pesannya gimana bunda

    • bunda says:

      jintan hitam bentuknya ada yg serbuk ada yg minyak, biasanya sudah dikapsulin untuk mempermudah konsumsi. kalau sari kurma, bentuknya cairan kental, mirip selai. tapi bisa juga langsung konsumsi kurmanya.

  5. Fahmi says:

    Assalamualaikum. Sya berada di jambi kab. Batanghari, dimana sya bsa beli obt itu bun? Tlng jwb lwat Email ya bun? Mksh. Wassalam.

  6. BUNDA NAUFAL RAHMAT FAUZAN says:

    syukron atas postingx Bun…
    sy sedang hamil jd pux ilmu n p”siapan yg mantap bwt nyiapin n mberikan yg t’baik bwt si kecil…jazakumullah khoiron katsiro..
    salam kenal (^.^)

    • Ida Yulifar says:

      Bunda Indah, jangan khawatir,,, anak saya dulu juga gitu, sering muntah bahkan nyembur dan suka keluar dari idung juga… g usah panik bun… nanti juga brenti sendiri ko,,, sekarng anak saya umur 3 bulan alhamdulillag sudah g muntah/nyembur lagi… yang penting jangan panik itu kuncinya…

  7. rahmi syaflis says:

    makasi tipsnya
    awalnya saya juga bingung unt menyusui anak saya, (bahkan sampai sekarangpun terkadang saya masih bingung)
    saya PD kl asi saya cukup unt anak saya
    tapi krn anak saya sering menangis terutama dimalam hari, mertua saya menganggap mungkin anak saya masih lapar, n sebaiknya ditambah dengan MPAsi, awalnya saya menolak, krn saya percaya kl anak saya harus memberikan Asi ekslusif sampai berumur 6M (sekarang anak saya 4M)
    karena tangis anak saya pada malam hari tak berkesudah membuat kami kewalahan (suami) makanya kami berfikir kl “munkin saja anak kami masih lapar”
    maka kami mencoba untuk memberikan susu formula “hanya untuk malam hari”!
    setelah kami mencoba, ternyata alhamdulilah tangis anak kami mulai berkurang pada malam hari
    ditambah lagi, kalo saya makan jeruk, saya pernah memberikan anak saya sedikit saja, (untuk mencoba saja) eh ternyata anak saya suka sekali dan ketagihan, alhasil sekali2 (dan jarang sekali) kami memberikan sari jeruk kepadanya hanya pada siang hari
    dan terkadang kami juga mencobakan memberikan pisang kepadanya, dan dia suka
    alhamdulillah sejauh ini aman dan tidak ada keluhan.
    terimakasih tipsnya
    semoga dengan mencoba tips ini bisa memperlancar dan memperbanyak asi saya, serta membuat asi saya lebih bernutrisi, sehingga dengan asi saja sudah cukup tanpa menambahkan yang lain lagi

  8. Dyah says:

    Bunda…saya ini wanita bekerja dan punya 2 anak…anak saya yg ke 2 baru 5 bln…saat saya msh ms cuti dr kantor…saya perah asi jd pd saat saya mulai bekerja saya punya stock asi sebanyak 30 btl…namun saat ini asi saya sdh mulai berkurang..stock asi dikulkaspun jg semakin menipis…setelah saya membaca pertanyaan2 dan jawabannya…saya memutuskan utk mengkonsumsi jinten hitam utk memperbanyak lg asi saya…doakan ya semoga niat saya utk tetap memberikan asi exclusive selama 2thn bs terwujud…trimakasih

    • bunda says:

      iya bunda, Dyah. semoga dilancarkan urusannya. jangan lupa untuk jaga kondisi psikis, jangan sampai stress, karena stress juga bisa membuat ASI jadi tidak lancar.

  9. Bunga isnawati says:

    bun anak saya jalan 6 bln,,setelah saya tinggal kerja ASI saya mulai berkurang bakhkan keluar cuman dikit,,kl saya kasih ASI anak saya gk mau ,,,knpa ya bun….terus gmn solusinya biar anak saya ttp mau ASI…..,TIPS supaya ASI saya ttp lancar,,,MAKASIH.. :-)

    • bunda says:

      memang harus sering-sering diminumkan, walaupun mungkin awal-awal keluarnya sedikit. bunda minum suplemen penambah ASI, makan yg banyak, dan jangan stress. karena kalo stress, sama saja, ASI jadi macet, dan anak menolak untuk menyusu.

    • bunda says:

      sari kurma itu sama saja dengan ASI booster lainnya, Bunda. seperti daun katuk, turi, dsb. sifatnya hanya membantu melancarkan saja. tapi, itu semua tergantung sama kondisi ibu. mau sesering apapun minum suplemen penambah ASI, tapi kalau makan ibu kurang, gizi ibu yg lain tidak terpenuhi, bayi jarang disusui, atau malah ibu stress dan tertekan, sama saja ngga akan lancar keluarnya. yg paling sering terjadi itu faktor ibu stress dan tertekan, hormonnya berpengaruh lho ke ASI…

  10. Intan Afnan says:

    Bunda… Mau tny kapsul habbatussauda apa bole dikonsumsi saat hml ? Spy asi ntr lancar ? Mhn info y bund… Mksh bnyk…

  11. Reni silakan says:

    Sy Reni silakan Dr Lombok.sy punya anak bru 1 bulan,tp ASI sy tidak lancar,padahal dulu anak pertama sy pada umur ya sama ,set lancar.apakah ini bekas sy memompa ASI sy?bgmn solusinya agar ASI sy lancar/deres kembali?dimana sy bisa bli jintan hitam TU?

  12. Rina says:

    السَّلاَمُعَلَيْكُمْوَرَحْمَةُاللهِوَبَرَكَاتُهُ Bunda,sy skrg lgi mnyusui,bayi sy (laki-laki) usianya bru jlan 3 pekan. اَلْحَمْدُلِلّهِ ASI sy lancar,bayi sy jg kuat nyusunya. Tapi yg jd msalah sy, puting susu sy perih dn sakit skali klo bayi sy lgi nyusu, mngkin krn saking kuatnya menyusu. Skedar info,puting susu sy kecil. Apa Bunda punya tips untuk mengurangi rasa sakit tsb? Trimakasih sebelumnya.

  13. in says:

    BundA saya ṁ̭̈̅ά̲̣u tanya ko ASI saya klo ∂ï pompa paling cuma 50 cc dapat Йÿ̲̣̣̣̥ª. Pdhl klo ade netek keliatan Йÿ̲̣̣̣̥ª banyak gitu lo…. Pengen kalo masuk kerja bisa simpan stok asi Ъ perlu susu formula. Tp ada satu hal yg Ъ bisa saya hindari yaitu merokok… Saat hamil saya bisa berhenti merokok sampai ade lahir. Tp setelah melahirkan berlanjut lg dan sulit untuk dihentikan.

    • bunda says:

      Bunda In, memang tidak selalu ASI bisa banyak kalau dipompa. Dan baiknya memang langsung diberikan atau disusukan ke bayi. Dan saran saya, cobalah untuk mengurangi rokok. Seharusnya, kecintaan kita terhadap anak lebih besar daripada kecintaan kita terhadap rokok, sesuatu yg merusak tubuh dan orang2 yg kita cintai. Apalagi kita adalah wanita, seorang ibu. Kalau kita ingin anak kita sehat, maka kita harus menyehatkan diri kita terlebih dahulu. Sekali lagi, hidup itu pilihan. Anda sendiri yg memutuskan bagaimana Anda hidup, dan bagaimana anak-anak Anda tumbuh nantinya. Banyak cara kok untuk mengurangi dan menghentikan kebiasaan merokok.

  14. wulan says:

    Bun, saya baru melahirkan sekitar 3 minggu, karena sedang cuti kerja maka saya mau pompa untuk stok anak nanti. Tapi setelah saya coba pompa kenapa hasilnya cuma sedikit ya?

    Normalnya pompa asi dilakukan sehari sekali atau beberapa kali?

    Dalam sehari maksimal bisa dapat brp ml ya?

    Terima kasih sebelumnya :)

  15. astrid iswahyudi says:

    Baby Girl saya skrg usia menginjak 2bln tgl 20 mei ini.Kl saya supaya memperbanyak asi banyak makan sayur2an spt daun katuk sm bayam,makan kacang hijau,kacang goreng,serta tak lupa konsumsi sari kurma & habbatusauda.alhamdulillah skrg saya uda bs mulai menyicil stock asip utk si kecil ketika saya tgl kerja lg bln juni mendatang.setiap memerah saya selalu dpt 2botol sekali perah (PD kanan kiri)
    Bagi yg berminat memesan obat2an herbal bs hub saya di 08983496638 atau pin BB 26CA2985 atau bs jg add fb saya (Yasmin Herbashop Denpasar)
    Thank you ;)

  16. Nora says:

    Bun, usia anak saya baru 45 hari, dari awal lahir sampe sekarang anak saya gak mau nyusu dengan saya tapi kalau saya pompa n dimasukkan kedalam botol malah anak saya lancar nyusunya. Saya maunya sich anak saya itu langsung nyusu dari badan. Bagaimana ya bu biar anak saya itu mau nyusu langsung dari badan saya

    • bunda says:

      Biasanya itu terjadi karena bayi bingung puting, terus langsung diberi dot. Jadinya anak lebih akrab dengan dot daripada dengan payudara ibu. Saran saya, memang harus sering-sering latihan disusui langsung. Awalnya saya yakin sulit, anak akan menangis dan marah, tapi kalau mau ditelateni, insya Allah bisa.

  17. Indah says:

    Mo tanya Bund,skrg sy udh menyusui 2,5 bln tp dibantu susu formula krn asinya sdkt,skrg2 knp tmbh sdkt,skrg udh jrg nyusuin.kira2 bs diusahain biar lbh bnyak gak?kl minum obat2an pengaruh ke asi gak Bund?thanks

    • bunda says:

      Obat-obatan seperti apa yg dimaksud, mba Indah?

      Untuk memperlancar ASI, bisa dengan daun katuk, sayuran hijau, sari kurma, jintan hitam, susu kedelai…tapi sekali lagi suplemen ni sifatnya hanya membantu saja mba. Semua kembali pada kondisi masing-masing ibu, mba. Dan biasanya, faktor yg paling sering membuat ASI mampet atau seret adalah faktor psikis yg stress. Jadi, kalau mau ASI lancar, harus selalu enjoy dan tenang. Karena stress itu nanti dampaknya ke masalah hormon juga…

  18. wulan says:

    bun,saya mw tanya,saat ini usia baby saya 1 bulan,awalnya asi saya lancar tp karena lecet saya berhenti menyusui selama 2 hari,kesalahan saya pada saat saya berhenti menyusui sya tidak memompa asi,sehingga saya biarkan payudara saya mengeras krn saya takut sakit kalo d pompa, dan sekarang asi saya macet saya sangat menyesal sekali,bagaimana ya bun agar asi saya kembali lancar,sehingga akhirnya saya memberinya susu formula,saya juga sdh mengkonsumsi tablet daun katuk tetapi tetap saja produksinya sedikit,saya mohon bantuannya ya bun,jika hrs d pijat bgmana memijatnya,apakaah bnr dengn pijat punggung asi saya bs kembali berlimpah?

    • bunda says:

      mba Wulan, daun katuk, sari kurma, jintan hitam, atau suplemen lain itu sifatnya hanya membantu melancarkan saja. tapi, semua kembali ke kita. jangan sampai stress, karena stress juga bisa mengakibatkan produksi ASI tersendat. saran saya, terus berikan ASI, walaupun tidak keluar banyak, tapi terus saja berikan kepada baby-nya. Disiasati saja, memberikannya mungkin setelah hampir kenyang (bukan di saat ia menangis kehausan), kemudian rutin dimassage dan dipompa lagi. semoga dimudahkan.

  19. imelda says:

    Dear bunda, saya mau tanya efe samping jintan hitam apakah ada?. Saya mau coba konsumsi karna asi saya mulai sedikit bayi saya baru mau 6 m. Trimakasih

    • bunda says:

      efek sampingnya jadi sehat, mba… ^_^
      Jintan hitam ini jika dikonsumsi sesuai aturan minum, insya Allah tidak ada efek sampingnya mba. ini salah satu pengobatan ala Nabi yg sangat baik bagi tubuh untuk mengobati segala macam penyakit kecuali maut. utk melancarkan ASI, mba bisa juga dengan banyak makan sayur dan buah, serta minum yg banyak. dan yg paling penting, jangan stress mba…karena stress bisa menghambat produksi Asi. begitu ya…

  20. BUNDA TISYA says:

    assalammualaikum.wr.wb
    bunda maaaf babyku sekarang umurnya 4 bln 6 hari
    satu bulan kemarin asi ku cukup,,,tapi dalam 1 minggu ini asi ku mulai berkurang,, 8-9 jam hanya dapat 1 botol 100-140cc…
    1 kali perah hanya dapat kurang lbih 60 cc
    mohon berbagi ilmunya y…
    mesti konsumsi apa?? trus hobatusauda nya terserah boleh merk ap aj atau gimana???

    tQ

  21. Imas sawitri says:

    maaf bun saya mau tanya,anak saya 3 bulan pertama ASI tp stlh it minumnya saya ganti dg sufor krn kasihan ASInya sedikit sekali.sekarang anak saya udah 1 tahun,masihkah ada kesempatan supaya anak sy bisa ASI lagi?

  22. ayu rahayu says:

    Bun, asi q kq kluarnya dikit padahal sdh nyba brbagai obt susu tp tetep aja asi q cm dkit kluarx… thx

  23. widia bunda hafizh says:

    Bun bisa kah anak kenyang dgn 1 payudara saja? Karena PD saya yg satu lg ujungnya tenggelam, anak saya tidak mau minum asi dari situ jadinya semakin lama asinya terus berkurang.

    • bunda says:

      Bunda Widia, seharusnya bisa, Bun. Banyak kok bayi yang merasa lebih nyaman menyusu di salah satu payudara ibu saja. Tapi, coba disiasati, misalnya setelah agak lama menyusu di payudara yang satu dan sudah agak kenyang, pindah ke payudara satunya lagi agar ukuran payudara nantinya tidak besar sebelah.

Leave a Reply