RESEP TUMIS KANGKUNG BAWANG PUTIH

Tumis kangkung adalah salah satu menu favorit saya dan keluarga. Masaknya gampang, karena cuma iris-iris dan main cemplung bahan saja. Kalau berkesempatan makan di luar, menu tumis kangkung bawang putih ini juga paling sering kami pesan dibandingkan sayuran lainnya.

Saya belum lama tahu kalau kangkung itu disebut juga bayam air (water spinach) atau morning glory. Kangkung ini punya banyak nutrisi. Kaya akan vitamin A dan C, juga beberapa mineral penting seperti kalium, kalsium, dan zat besi. Sayur kangkung juga termasuk rendah kalori (dalam kondisi mentah, ya).

Nah, kalau saya pribadi, selera tumis kangkung cukup pakai bawang putih dan cabai. Jarang pakai bawang merah. Dan…tidak pakai terasi, kalau masak sendiri. Hehehe, lagi-lagi ini soal selera, ya.

Bahan-bahan:

  • Kangkung organik 2 ikat (tergantung besar kecil)
  • Bawang putih 5 siung, iris tipis
  • Cabe merah keriting 4 buah, iris serong
  • Saus tiram 1 sdm
  • Garam secukupnya
  • Kaldu ayam/jamur secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya (untuk menumis saja)
  • Air sedikit

Cara membuat:

  1. Siangi kangkung dan cuci sampai bersih.
  2. Panaskan minyak goreng dengan api sedang, tumis bawang putih sampai harum. Lalu masukkan cabe merah.
  3. Masukkan kangkung, besarkan apinya, tumis kangkung sampai layu. Tambahkan sedikit air. Setelah layu, kecilkan lagi apinya.
  4. Masukkan saus tiram, garam, dan kaldu. Koreksi rasa, dan angkat. Siap disajikan.

Selamat mencoba!

NB: Resep ini saya dapatkan dari Cookpad dengan penyesuaian. Aplikasi ini bermanfaat banget buat ibu-ibu macam saya yang suka bingung mau masak apa hari ini. Akibat tidak terlalu suka memasak. Hehehe.

About bunda 574 Articles
Hai! Panggil saya Icha atau Bunda Fafa. Seorang perempuan biasa yang bangga menjadi istri dan ibu rumah tangga, dan ingin terus belajar untuk menjadi luar biasa dengan karya dan dedikasi. Saat ini saya berdomisili di Yogyakarta, bersama dengan suami saya tercinta, Mr. E, dan anak-anak kami, Fafa (2010) dan Faza (2014). Enjoy!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.