ANXIETY DISORDERS: GANGGUAN RASA CEMAS

anxiety disorders: gangguan kecemasan

Semua orang hampir bisa dipastikan pernah mengalami apa yang disebut rasa cemas, gelisah, khawatir, dan panik. Rasa cemas adalah bagian dari emosi normal manusia. Anak-anak cemas saat di hari pertama mereka harus pergi sekolah, di kemudian hari ia cemas karena harus menghadapi ujian, orang dewasa cemas saat menanti hari pernikahannya, atau cemas saat harus membuat sebuah keputusan penting, dsb.

Tapi, rasa cemas ternyata bisa menjadi gangguan yang sangat parah dan melelahkan dalam kondisi tertentu. Ini bukan lagi rasa cemas yang normal. Gangguan ini sering disebut Anxiety Disorders dalam istilah psikologinya.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan anxiety disorders itu? Bagaimana gejalanya? Dan bagaimana mengatasinya?

Anxiety disorders adalah sebuah penyakit mental yang serius. Orang dengan gangguan ini biasanya memiliki rasa cemas yang besar dan berlebihan, dan sering kali rasa cemas ini melumpuhkannya.

Beberapa jenis anxiety disorders yang bisa kita jumpai adalah:

Panic disorders. Orang-orang dengan gangguan kepanikan ini biasanya sering merasa diteror secara tiba-tiba dan terjadi berulang kali. Mereka sering kali mudah berkeringat, merasakan sakit di dada, palpitasi (detak jantung tidak teratur), dan perasaan tersedak, yang dapat membuat seseorang merasa seperti sedang mengalami serangan jantung.

Obsessive-Compulsive Disorders (OCD). Orang-orang yang mengalami OCD ini biasanya memiliki gangguan pikiran yang konstan dan ketakutan-ketakutan tertentu akan sesuatu secara berlebihan sehingga mendorongnya untuk melakukan ritual atau rutinitas tertentu. Misalnya, orang yang takut pada kuman secara berlebihan sering kali berpikiran bahwa ada banyak kuman di sekelilingnya, sehingga setiap kali ia menyentuh sesuatu, ia harus segera mencuci tangan atau menggunakan pembersih tangan.

Post-traumatic stress disorder (PTSD). Orang dengan gangguan PTSD ini biasanya pernah mengalami trauma atau peristiwa yang sangat mengerikan seperti pelecehan seksual atau fisik, kematian tak terduga orang yang dicintai, atau bencana alam. Orang dengan PTSD sering memiliki pikiran dan kenangan yang abadi dan cenderung menakutkan terhadap kejadian tersebut. Biasanya, mereka cenderung mati rasa secara emosional.

Social anxiety disorders. Sering disebut juga sebagai fobia sosial, yakni kecemasan berlebihan seseorang terhadap lingkungan sosialnya. Orang-orang dengan gangguan ini biasanya takut dengan penilaian orang lain, takut diejek, takut tidak diterima oleh teman-temannya, dsb.

Spesific phobias. Biasanya, orang-orang dengan gangguan ini memiliki ketakutan-ketakutan terhadap hal-hal tertentu. Seperti takut ketinggian, takut darah, takut ular, takut terbang, dsb.

Generalized anxiety disorder. Gangguan ini melibatkan rasa khawatir yang berlebihan, sering kali tidak realistis, meski tidak ada hal-hal yang memprovokasi ketakutan tersebut. Orang-orang demikian sering kali mengalami halusinasi.

Gejala umum anxiety disorders:

  1. Kepanikan/kecemasan yang berlebihan
  2. Tidak terkendali, cenderung obsesif terhadap sesuatu
  3. Sering mengalami kilas balik dari pengalaman trauma
  4. Sering dihantui mimpi buruk
  5. Memiliki perilaku ritual yang aneh, misalnya sering mencuci tangan berkali-kali
  6. Sering berkeringat dingin
  7. Sesak napas
  8. Palpitasi (detak jantung tidak teratur)
  9. Tidak bisa tenang atau diam
  10. Sering mengalami ketegangan otot
  11. Mual, pusing, dan sering kesemutan

Apa penyebabnya??

Gangguan kecemasan ini merupakan salah satu bentuk dari penyakit mental. Penyebabnya bisa apa saja, seperti ketidakseimbangan kimia dalam tubuh, perubahan struktur otak, stres lingkungan, trauma dan phobia, dsb.

Diagnosa penyakit mental ini hanya bisa dilakukan oleh dokter ahli. Tidak setiap orang bisa langsung menilai bahwa orang dengan gejala-gejala yang telah disbeutkan tadi berarti mengalami anxiety disorders ini. Dokter membutuhkan riset dan observasi terhadap perilaku pasien.

Bagaimana cara mengatasinya?

Gangguan kecemasan ini bisa diatasi dengan pengobatan, seperti pemberian anti depresan. Atau juga dengan psikoterapi, terapi perilaku, terapi relaksasi, atau bahkan diet. Biasanya para ahli membantu pasiennya untuk berbicara dan menemukan cara-cara untuk menangani gangguan ini.

140 comments

  1. Awan says:

    Terima kasih, artikelnya sangat membantu saya yang sedang ada masalah anak terkait cemas berlebihan.

    Mohon bantuannya, kira2 diklinik mana yang bisa membantu untuk penanganan masalah ini?

    awan

    • bunda says:

      terimakasih kembali atas kunjungan Anda, pak Awan. untuk menangani masalah rasa cemas yang berlebihan, silakan datang ke klinik anak. atau biasanya di rumah sakit anak ada konsultan psikologi anak. mudah-mudahan bisa membantu.

  2. bambang says:

    ASS..Buk, kenapa istri saya selalu mengalami kecemasan setiap dia tidur dngan saya, dia takut kalau berhubungan dg saya karena dapat menyebabkan hamil, padahal dia sudah pasang pil KB, saya kira hal ini sesuatu yg tdk wajar buk, saya tggu jwbannya ya buk, makasi wasalam

  3. hari says:

    mau ty, apakah sy kena anxietas ya bu? Sdh 2 th sy mengalami ini. Ciri2nya kepala berat dan spt melayang atau mau pingsan, kulit pucat terutama kaki, tangan dan wajah serta telapak yang dingin spt es, susah tidur bahkan tdk bisa tdr, ada mual, malas beraktifitas krn kalo beraktifitas keringat dingin terutama di dahi, ada perasaan takut mati, malas bertetangga krn takut kelihatan sakit krn sy pucat dan kepala berat melayang. Sdh general ceck up, ct scan, usg, endoskopi, ecg dg hasil normal. Sdh ke psikiater berulang kali tetap tdk berubah. Mohon penjelasan, apa yg hrs sy lakukan.

    • bunda says:

      Pak Hari, mohon maaf sebelumnya, saya bukan psikolog ahli atau dokter ahli. Jadi, untuk diagnosa, memang hanya bisa dilakukan oleh ahlinya. Jika berbagai tes kesehatan telah Anda lakukan namun hasilnya normal, dan anda masih mengalami gejala yg sedemikian rupa, maka saya hanya dapat menyarankan 1 hal saja : yaitu memperbanyak dzikir, do’a, sholat, dan sodaqoh. Insya Allah keempat hal tersebut adalah obat yg sangat mujarab untuk mengatasi gangguan kecemasan dan kekhawatiran yg Anda rasakan.

      • anggun says:

        Assalamu’alaikum,,bunda saya wanita single berusia 23 thn.
        ,
        saya juga mengalami hal yg sama seperti tmn2 d atas..
        dan skrg saya mnjalani saran dr para ustad untuk lbih mndekatkan diri kepada ALLAH SWT,,
        karna memang semua itu gangguan syaiton,,
        dan saya berkali2 masuk rumah sakit dan dirawat tidak sembuh2,, terakhir bbrp hr yg lalu saya bertemu dokter yg sangat luar biasa penanganannya, dan beliau lah yg mengatakn bahwa saya sakit krn gangguan kecemasan,, bukan jantung, karna selama ini hanya berfikir jantung,pdahal tidak,, mari teman2 yg senasip,, mudah2an kita bisa sembuh dan normal seperti teman2 yg lainya.

        • Arbila says:

          Betul sekali , itu bs jd gangguan syaitan krn kita jarang beribadah… Betul sekali.. Krn beribadah sangat ber efek besar pada kesehatan rohani kita

    • Zie says:

      Salam bapak…
      Kejadian bapak hampir sama dengan yg aku rasain
      Akng ngrasain masalah yg mirip seperti bapak sudah 6bln
      Dan yg saya rasakan selalu mersa cemas,dan selalu berpikir akan kematian
      Dan aku sudah berobat ke psikiater,
      Tapi tetep masih belum sembuh jg,
      Dan seminggu yg lalu aku nyoba terapi di terapi qolbu
      Dan alhasih itu sangat membantu
      Pikiran2 jelek itu udah g ada lagi,
      Walau pun aku belum sepenuh nya sembuh…

  4. anggun says:

    Saya setahun terakhir juga di diagnosa sakit ancietas, pada pasien ancietas memang susah sekali berpikiran rasional, kata psikiater akibat ketidakseimbangan hormon, saran : rubah pola hidup,pola makan, pantang tidur setelah subuh smpe duha,bnyk mkn kacang n coklat,

  5. ayu says:

    saya menderita anxietas gx y,udah 4 x k dokter,tpi ttp di diagnosa anemia, badan terasa melayang,kdg2 timbul fikiran saya ini siapa ya,sangat takut mati,kefikiran kyk mau mati trz,kepala sakit,bdn merinding,udh 2 bln t’akhr mengalaminy,semakin parah sejak saya mimpi dipatok ayam,ktny artiny kt mw meninggal,saya jd makin ketakutan gak jelas,mhn masukan,trims

    • Muhammad says:

      Memang cara yang terbaik adalah mulailah dengan bertobat, banyak2 Istighfar, perbaiki Ibadah, dan jalankan segera kewajiban Infaq, Zakat dan banyak2lah sedekah kepada jalur yang benar. InsyaAllah akan dipermudah dalam setiap langkah kita dan Allah sembuhkan segala penyakit dan kesulitan,

    • Zie says:

      Kaka
      Kejadian kaka ampir sama kaia yg aku alamin…
      Kaka bisa coba hub aku ke 087861303809
      Jadi biar kita bisa sharing
      Aku kmrn abis berobat,dan sedikit lebih baik…

      • seagate says:

        mbak zie berobat dmn ya, sy mengalami peris yg mbak rasakan plz sharing ya mbak, wah sakit ini benar2 bikin stress, give info ya mbak berobat dmn sy sdh sms blm ada balasan, nmr sy (021)70667217

      • sri says:

        zie,

        masih masih pny sakit cemas ga, aku malah lebih parah mungkin, karena sudah hampir 3 thn, aku ngerasa dada panas, perut ga nyaman, ga nafsu makan, melayang, mau pinsan, takut mati, gemetaran, mata buram, dan kalau di luar terasa seperti gelap dunia ini, mau melangkah spti ga kuat. boleh aku tau harus berobat kemana, karena aku sudah kemana-mana belum juga sembuh. boleh info ini hp aku 087712311066 sri

  6. okta says:

    Saya jg mrskn hal yg sama sgt cemas tkt mati,kepala srg keliyengan tp tdk pusing,kaki lemas,sprti sesak napas/srg menghela napas pjng.sdh USG,EKG,Rontgent hsl normal.ktka serangan itu dtng bnr2 sgt menyiksa sprti akan mati,konsentrasi hlng,krjaan trganggu.mhn bantuannya Bunda…trm ksh

    • bunda says:

      kunci utamanya adalah memperbanyak dzikir, ibadah, dan bershadaqah, mba. kemudian ubah pola pikir untuk lebih positif dan optimis. dzikir dan ibadah yg lain itu sifatnya menenangkan. shadaqah membantu kita untuk memiliki amalan yg tiada terputus hingga kita meninggal, sehingga membuat kita tidak perlu lagi untuk takut, karena kita memiliki bekal (dengan syarat ikhlas). berpikir positif dan optimis juga lebih membuat kita relax, sehingga saluran darah menjadi lancar, sehingga pening dan pusing hilang. itu saja.

    • mustaghfiroh says:

      gmn okta kbrnya skrg? sakit ini serem banget. sy udh 5th mengalaminya. klo udah baikan tlg sharing dan infonya. sy jg udah ekg dll, hasil normal . no sy 082175239283

  7. nia says:

    bunda , beberapa minggu ini aku sering kefikiran mau mati. Aku tkt bgt, terkadang selera untk makan semuax hilang karna tkt, karena setiap apa pun yg mau aku lakukan selalu saja kefikiran. Sampe2 skrg ini aku kurusan. Terkadang pas sholat ato pun m’bc alquran rasa tktx g ilang. Tolong buda aku tak tau apa yg hrz d lakukan.

    • Muhammad says:

      Ada salah satu cara solusi yang baik, dengan tanpa obat2 tapi dengan cara mawas diri, Sadar Diri, dan Kenali Diri sendiri. InsyaAllah masalah2 akan bisa diselesaikan dengan baik..Amin…silahkan hubungi.

  8. imam indrajab says:

    mau tnya, apakah sy kena anxietas?. Ciri2nya leher saya berat dan spt melayang atau mau pingsan, kulit pucat terutama kaki, tangan serta telapak yang dingin spt es, susah tidur siang, malas beraktifitas krn kalo beraktifitas keringat dingin terutama di dahi, ada perasaan takut mati….
    tolong solusinya..

    • bunda says:

      Pak Imam, mohon maaf sebelumnya, —sama seperti jawaban saya di pertanyaatn sebelumnya—-saya bukan psikolog ahli atau dokter ahli. Jadi, untuk diagnosa, memang hanya bisa dilakukan oleh ahlinya. Jika berbagai tes kesehatan telah Anda lakukan namun hasilnya normal, dan anda masih mengalami gejala yg sedemikian rupa, maka saya hanya dapat menyarankan 4 hal saja : yaitu memperbanyak dzikir, doโ€™a, sholat, dan sodaqoh. Insya Allah keempat hal tersebut adalah obat yg sangat mujarab untuk mengatasi gangguan kecemasan dan kekhawatiran yg Anda rasakan. Jangan lupa untuk memperbaiki pola hidup, pola berpikir, dan yakinlah bahwa kematian itu adalah suatu hal yang pasti, dan ia bisa datang kapan saja. Sekarang, esok, lusa, bulan depan, tahun depan, atau kapanpun. Dan hanya kita yang mampu membuat diri kita siap menghadapinya. Jika kita membiarkan ketakutan itu terus melanda kita, maka kita hanya akan semakin stress, kita bisa gila, kita bisa sakit, dan kematian akan datang dengan lebih cepat, tanpa memberi kita kesempatan untuk memperbaiki diri kita lebih lama…karena kita hanya terkungkung pada rasa takut yang melanda kita….Benar kan?

      Rasa takut itu harus segera kita atasi. Dan kuncinya adalah ibadah….satu-satunya bekal dan teman yang akan kita bawa mati….

      Mari kita perbaiki shalat kita, karena shalat yg kurang benar tata cara dan permulaannya tidaklah bisa membuat kita tenang. Sebanyak apapun shalat yang sudah kita lakukan. Mari kita perbaiki, lakukan sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah, maka insya Allah shalat akan membuat hati kita tenang. Untuk permulaan, perbaiki dulu shalat yg wajib, terutama dalam ketepatan waktu. Setelah shalat wajib bisa kita laksanakan dengan baik dan tepat waktu, mari kita tambah dengan shalat sunnah, yg insya Allah akan semakin mendekatkan kita pada Allah.

      Kemudian, mari perbanyak istighfar, kapan pun, dimana pun kita, mari kita perbanyak istighfar. Mohon ampun pada Allah. Ratusan, bahkan ribuan kali pun….kita perlu mencobanya. Di saat Anda bekerja, perbanyaklah istighfar. Di saat Anda hendak tidur, perbanyaklah dzikir dan istighfar. Terus saja. Insya Allah dengan memperbanyak istighfar dan juga dzikir yang lain, akan menjadikan lisan kita terbiasa untuk mengucapkan kalimat yg baik….hati juga tenang, dan rasa takut pun perlahan menghilang. Insya Allah. Itu sudah janji Allah…maka kita harus mengejar janji itu dengan kesungguhan kita….

  9. imam indrajab says:

    mau tnya, apakah sy kena anxietas?. Ciri2nya leher saya berat dan kepala spt melayang atau mau pingsan, kulit pucat terutama kaki, tangan serta telapak yang dingin spt es, susah tidur siang, malas beraktifitas krn kalo beraktifitas keringat dingin terutama di dahi, ada perasaan takut mati….
    tolong solusinya..

    • YpAstuti says:

      Sesuatu yang susah kita pasti kan adalah kehidupan,saat sakit ini lah keyakinan Dan ketaqwaan kita pada Allah S.W.T, tengah diuji, adakah kita akan mengalah dengan menuruti ataukah Yakin semua yang terjadi adalah yang terbaik Allah bagi, kesembuhan Dari Allah, kita hanya Wajib berusaha, Memang teramat berat untuk melawan sesuatu yang datang Dari diri sendiri, Saya pun mengalami nya, mengalami segala ketakutan ini, Tapi tak semesti nya kita takut, karena rasa takut kita hanya semestinya pada Allah semata.Obat yang terbaik adalah keyakinan kita pada Allah s.w.t

    • cika says:

      Apakah bapak sudah diperiksank dktt?ada klainan medis pak? Anxietas it xemas yang berlebihan sehingga stressor meningkat akinat stressor meningkat bisa mengakibatkan peningkatan saraf simpatis, yang berakibat mcm2, keringat dgn, mual muntah, detak janyung meningkat, pnympitan pembuluh darah mengakibatkan kulit mnjadi pucat, obatnya mnrima apa adanya, saya alhamdulillah kuliah d kdktrn dan saya jga mndrita anxietas sjk Sma dengan adanya anxietas ini tidak bsa mnjdi pghmbat karir sya

  10. Pratama says:

    Asslmlkm wr.wb . Usia saya 22thn, saya memiliki kesamaan dgn panic disorders, obsessive compulsive disorders, social disorders dan spesific phobias. Saya sering sekali berkeringat dibagian dahi. Apa yg harus saya lakukan ?? Terima kasih

    • bunda says:

      wa’alaikumussalam. mas Pratama, saya bukanlah psikolog atau dokter ahli. tapi jika saya boleh menyarankan,sama dengan jawaban2 saya di atas, ubahlah pola hidup Anda menjadi lebih baik. Lawan rasa takut dan rasa was-was yg berlebihan itu, karena itu semua dari syaithan. kalau perlu, ikutilah kelas-kelas motivasi, agar Anda mendapatkan banyak masukan2 positif, inspirasi2 baru yg dapat menenangkan hati dan pikiran Anda. selain itu, yg paling penting adalah bagaimana Anda memperbaiki ibadah Anda. perbanyaklah dzikir, istighfar, dan shodaqoh, insya Allah hati Anda akan menjadi lebih tenang. kuncinya ada pada diri Anda sendiri. Andalah dokter terbaik untuk mengatasi masalah Anda. lawan, dan jangan biarkan ketakutan2 itu terus merusak Anda. semoga bermanfaat

  11. sulzer says:

    aslmkm.wr.wb…saya pria umur 24th,sy srng sekli merasakn gejala jantung berdebar,pusing,mual dan nyeri dada.sy sdh 2 thn berobat ke dokter jantung dan dinyatakan jantung sy baik2 saja,,,sy juga pernah berobat k spesialis sayaraf dan dinyatakan mengalami generalized anxiety disorder,,,tp sy tetap merasa saya pnya penyakit jantung,dsbabkan pola hdp yg kurang sehat dahulunya karna saya perokok berat,,,sy mohon solusinya bunda,,,trims..

  12. Allmay says:

    Asalammualaikum bunda,terima kasih ats pnjg lebar artikalnya d atas.sya juga pesakit anxiety,shingga skrg sdh 4 bln sya alami(mulanya hujung thn bln12-2011). Betullah saranan yg bunda kemukakan yakni salat,doa,zikir dan sedekah. Sya merasakan yg sya ini sakit dgn mcm2 pnyakit berat termasuk la sakit jantung dan plg teruk sya akn meninggal.setelah membuat pemereksaan alhamdulillah smua nya ok,tp perkiraan cholestrol sja yg tingi( lbh sdikt dr paras normal).

    Apa yg sya lakukan utk perawatan anxiety ini semestinya dgn terapi minda,dgn solat,doa,zikir dan sedekah smua boleh membantu sya mengubati anxiety ini. Allah itu maha besar,maha bijaksana,maha pengasih dan maha penyayang………… Mndekati diri kpada allah sngt enak rsa nya,bila mna sya berfikir setiap oksigen itu allah bg free kpd sya utk di hirup,subahanallah! Allah bg nikmat yg bnyk tp sya jrg mensyukuri/sentiasa lupa.sedangkan sekerat penyakit yg kecil ini sya sudah gopoh/x tenteram/x fokus dll.maha suci allah,balik la pada fitrah kita sbgi hamba allah.

    Selain daripada itu,sya yakin ini terbaik utk sya yg allah tetapkn.tidak semua org merasakan sebegini dan hanya org2 yg terpilih allah berikan,maha suci allah sesunguhnya setiap kesulitan pasti ada 2 kebaikan yg kita perolehi!

    Dan yg plg penting kepada pesakit anxiety! Yakin la sbnrnya allah pilih org2yg layak utk ini bg memikul tanggungjawab yg besar setelah kita selesai dgn ujiannya. Insyaallah!

    Rasailah nikma iman itu,ianya sngt manis.tidak ada semanis iman yg prnah sya rsa dgn lidah d muka bumi allah yg fana ini.
    Wallhualam-semoga dia membantu kpd saudar2ku yg lain.

  13. bu iis says:

    bunda, saya sudah ibadah sudah dzikir tapi kenapa semakin tidak hilang sampai saya masuk UGD di oksigen karena leher saya terasa tercekik , dan kata dokter tidak ada penyakit apapun melainkan pikiran saja bunda tolong saya!!

    • ALLMAY says:

      alhamdulillah skng ni sudah 6 bulan(masuk 7 bulan) sya mnghidap anxiety disorder ini,dan ternyata sudah diberi kekuatan untuk mnghadapinya.

      sekadar memberi pandangan bu dgn apa yg sya lakukan untuk berobat,cuba ibu dengari lagu OPICK judulnya tomboh ati dan amalkan.dalam perkiraan sya,hati ini adalah permulaan bg kita utk ibadah yg ikhlas.
      selain dari itu ibu coba jga amalkan tiap pagi selepas subuh dan slepas maghrib@isyak untuk membaca surah arrahman,surah al mulk dan seberapa bnyk yg mampu untuk surah2 yg lain.insyaallah coba di lihat perubahannya dalam masa sebulan.
      sya juga mencoba membaca 3 kul dalam setiap rakaat solat 5 waktu sya.klu rajin boleh di selangi juga dgn sunat2 yg lain dan dalam melakukan ini smua,sya berniat supaya sya ini dekat dengan allah dan mendalami kebesaran allah.

  14. astri says:

    bagaimana cara kita menyikapi pasangan hidup yang memiliki Anxiety Disorder?apa yang harus saya lakukan terhadapnya?karena segala kecemasan yang dirasakannya (suka berlebihan)membuat hubungan kami menjadi tidak baik..c/karna hal sepele tapi bisa marah meledak2…apa yang harus saya lakukan yaaa utk menghadapinya?mohon saran dan masukan

    • bunda says:

      Dear ibu Astri,
      Memiliki pasangan dengan gangguan anxiety disorder ini membutuhkan kesabaran yg luar biasa. karena terkadang, hal yg bagi kita itu sepele, bisa jadi besar untuknya. yg dapat saya sarankan adalah dengan membantunya mengatasi rasa cemas tersebut. karena untuk saat ini, bantuan dan kesabaran Anda adalah hal yg paling dibutuhkannya. konsultasikan dengan psikolog ahli tentang kiat-kiat apa yg dapat Anda lakukan untuknya. kemudian, bantu pasangan Anda dengan penuh kesabaran. semoga dimudahkan oleh Yang Maha Kuasa. aamiin.

  15. someone says:

    Asalammualaikum bunda, setelah melihat banyak yang comment tentang hal yang sama dengan apa yang saya rasakan, saya ingin berbagi sedikit ๐Ÿ˜€

    kuncinya sholat, doa, zikir dan sedekah. yang serius dan niat ya ๐Ÿ˜€
    serta berpikir positif itu penting sekali ๐Ÿ˜€

    yang diingatkan kematian, seharusnya kita terima kasih pada Allah S.W.T karena telah mengingatkan kita ๐Ÿ˜€
    seperti difirmankan di surah Al Baqarah ayat 7
    “ุฎูŽุชูŽู…ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู‚ูู„ููˆุจูู‡ูู…ู’ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุณูŽู…ู’ุนูู‡ูู…ู’ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽุจู’ุตูŽุงุฑูู‡ูู…ู’ ุบูุดูŽุงูˆูŽุฉูŒ ูˆูŽู„ูŽู‡ูู…ู’ ุนูŽุฐูŽุงุจูŒ ุนูŽุธููŠู…ูŒ”

    Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup. Dan bagi mereka siksa yang amat berat.(QS.2:7)

    orang yang dilupakan dari kematian harusnya mereka bersedih. InsyaAllah kita merupakan hamba2nya yang diberi Barokah ๐Ÿ˜€

    cepatlah tobat dan mendekatkan diri pada Allah ..
    kenapa kita takut ??
    karena kita merasa belum siap. padahal kematian itu datang siap ato tidak siap.
    kalo dipikir kan lebih baik diingatkan akan kematian agar kita bisa bertaubat daripada tidak diingatkan sama sekali tapi langsung diambil ๐Ÿ˜€

    yang bikin keragu2an itu sebenernya setan, dia tidak ingin hamba Allah bertaubat, mereka ingin hamba Allah selalu takut, panik dan cemas.

    mari teman2 semua, Subhanallah Allah telah memberikan kita barokah semacam ini.

    dan yang perlu diingat. tidak ada satupun manusia yang bisa mengetahui kematiannya. masalah Ruh itu milik Allah semata. bacalah dan pahamilah Al Qur’an. tidak ada satupun tanda2 orang akan menemui kematian. sebenernya perasaan keragu2an itu karena Setan.

    Dzikru min azabillah

    orang2 yang akan bahagia adalah orang yang Ingat dengan dosa-dosa yang telah ia lakukan. Selanjutnya Rasul menyampaikan bahwa orang yang akan celaka adalah dia lupa dengan dosa-dosa yang pernah dia perbuat padahal disisi Allah itu tersimpan dengan rapi karena didokumentasikan dengan sempurna oleh Malaikat Rokib dan Atib.

    masih banyak yang ingin saya sampaikan sebenernya. tapi karena keterbatasan waktu jadi saya cukupkan sekian. Intinya kita harus makin dekat dengan Allah, laksanakan kewajiban, jauhi larangan, selalu positif Thinking. boleh memikirkan Kematian karena itu ciri2 orang Cerdas ๐Ÿ˜€ (ada dalam Hadist shahih) Stop takut memikirkan hal yang membuat anda takut karena itu hanya sia-sia dan datangnya dari Setan. dan jangan Lupa selalu berdo’a, Positif Thinking dan tersenyum ๐Ÿ˜€

    semoga bermanfaat ya ๐Ÿ˜€

    Wasalammualaikum Wr Wb.

  16. someone says:

    revisi ๐Ÿ˜€

    Asalammualaikum bunda, setelah melihat banyak yang comment tentang hal yang sama dengan apa yang saya rasakan, saya ingin berbagi sedikit
    kuncinya sholat, doa, zikir dan sedekah. yang serius dan niat ya
    serta berpikir positif itu penting sekali
    yang diingatkan kematian, seharusnya kita terima kasih pada Allah S.W.T karena telah mengingatkan kita
    seperti difirmankan di surah Al Baqarah ayat 7
    โ€œุฎูŽุชูŽู…ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ู‚ูู„ููˆุจูู‡ูู…ู’ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุณูŽู…ู’ุนูู‡ูู…ู’ ูˆูŽุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽุจู’ุตูŽุงุฑูู‡ูู…ู’ ุบูุดูŽุงูˆูŽุฉูŒ ูˆูŽู„ูŽู‡ูู…ู’ ุนูŽุฐูŽุงุจูŒ ุนูŽุธููŠู…ูŒโ€
    Allah telah mengunci-mati hati dan pendengaran mereka, dan penglihatan mereka ditutup. Dan bagi mereka siksa yang amat berat.(QS.2:7)
    orang yang dilupakan dari kematian harusnya mereka bersedih. InsyaAllah kita merupakan hamba2nya yang diberi Barokah
    cepatlah tobat dan mendekatkan diri pada Allah ..
    kenapa kita takut ??
    karena kita merasa belum siap. padahal kematian itu datang siap ato tidak siap.
    kalo dipikir kan lebih baik diingatkan akan kematian agar kita bisa bertaubat daripada tidak diingatkan sama sekali tapi langsung diambil
    yang bikin keragu2an itu sebenernya setan, dia tidak ingin hamba Allah bertaubat, mereka ingin hamba Allah selalu takut, panik dan cemas.
    mari teman2 semua, Subhanallah Allah telah memberikan kita barokah semacam ini.
    dan yang perlu diingat. tidak ada satupun manusia yang bisa mengetahui kematiannya. masalah Ruh itu milik Allah semata. bacalah dan pahamilah Al Qurโ€™an. tidak ada satupun tanda2 orang akan menemui kematian. sebenernya perasaan keragu2an itu karena Setan.
    Dzikru min azabillah
    orang2 yang akan bahagia adalah orang yang Ingat dengan dosa-dosa yang telah ia lakukan. Selanjutnya Rasul menyampaikan bahwa orang yang akan celaka adalah dia lupa dengan dosa-dosa yang pernah dia perbuat padahal disisi Allah itu tersimpan dengan rapi karena didokumentasikan dengan sempurna oleh Malaikat Rokib dan Atib.
    masih banyak yang ingin saya sampaikan sebenernya. tapi karena keterbatasan waktu jadi saya cukupkan sekian. Intinya kita harus makin dekat dengan Allah, laksanakan kewajiban, jauhi larangan, selalu positif Thinking. boleh memikirkan Kematian karena itu ciri2 orang Cerdas (ada dalam Hadist shahih) Stop memikirkan hal yang membuat anda takut karena itu hanya sia-sia dan datangnya dari Setan. dan jangan Lupa selalu berdoโ€™a, Positif Thinking dan tersenyum
    semoga bermanfaat ya
    Wasalammualaikum Wr Wb.

  17. someone says:

    Asalammualaikum bunda, saya ingin menambahkan ๐Ÿ˜€

    Ketahuilah, bahwa orang-orang yang lalai dan tertipu tidak suka mendengarkan cerita-cerita tentang kematian karena mereka tidak ingin kehilangan perasaan cinta dunia dan kelezatan makanan dan minuman mereka . Terdapat sebuah riwayat yang menyatakan bahwa orang yang banyak mengingat mati dan gelapnya liang lahat, maka kuburnya
    seperti salah satu taman dari taman-taman surga. Sedangkan orang yang melupakan kematian dan lalai dari mengingatnya, maka kuburnya seperti salah satu jurang dari jurang-jurang neraka.

    Pada suatu hari Rasulullah sedang membahas pahala orang-orang yang mati syahid dan orang-orang yang berbahagia, yaitu orang-orang yang terbunuh dalam medan perang melawan orang-orang kafir. Kemudian Aisyah berkata, “Wahai Rasulullah, apakah pahala mati syahid akan diperoleh oleh orang-orang yang tidak mati syahid?” Rasulullah SAW bersabda, “Siapa saja yang mengingat kematian dua puluh kali setiap hari, maka paha dan derajatnya sama dengan orang-orang yang mati syahid.”

    Rasulullah SAW bersabda, “Perbanyaklah mengingat mati karena hal itu akan menghapus dosa dan menghilangkan perasaan cinta dunia dalam hatimu.”

    Rasulullah SAW pernah ditanya, “Siapakah manusia yang paling berakal dan paling bijaksana?”

    Rasulullah SAW menjawab, “Orang yang paling berakal adalah orang yang paling banyak mengingat kematian. Sementara orang yang paling bijaksana adalah orang yang paling baik persiapannya. Dia akan mendapat kemuliaan di dunia dan akhirat.”

    Siapa saja yang mengenal dunia sebagaimana yang telah kami uraikan dan senantiasa mengingat kematian dalam hatinya, maka urusan dunianya akan menjadi mudah. Hal itu juga akan menguatkan fondasi keimanannya, menumbuhkan dan menambahkan keimanan dalam hatinya, serta menumbuhkan cabang pohon keimanan yang ada padanya. Dia akan menemui Allah dengan keimanan yang kokoh. Allah Yang Maha Sempurna
    Kekuasaan-Nya dan Maha Tinggi Perkataan-Nya, akan menerangi pandangan para penguasa dunia sehingga ia akan melihat hakikat segal;a sesuatu, bersungguh-sungguh dalam menggapai kehidupan akhirat, dan berbuat baik kepada hamba-hamba Allah serta makhluk-Nya.

    Sesungguhnya ditengah-tengah makhluk terdapat berjuta-juta rakyat jika diperlakukan dengan adil maka mereka akan memberikan syafaat. Siapa saja dari kalangan orang-orang yang beriman, yang mendapatkan syafaat dari seluruh makhluk, maka pada Hari Kiamat dia akan selamat dari azab. Tetapi, jika dia menzalimi mereka, maka mereka semua akan memusuhinya. Urusannya akan hancur berantakkan. Jika pemberi syafaat
    menjadi musuhnya, maka urusannya akan menjadi tidak menentu.

    Sumber : Buku “ETIKA BERKUASA: Nasihat-nasihat Imam Al-Ghazali – Karya
    Imam Al-Ghazali.

    semoga bermanfaat yaa ๐Ÿ˜€
    Wasalamualaikum Wr Wb.

  18. sheila says:

    Asalammualaikum bunda. saya sheila
    apakah saya Obsessive-Compulsive Disorders (OCD) & Social anxiety disorders. saya persis seperti di atas.. apaakah saya benar2 sakit… saya selalu merasa takut, jantung berdetak ga karuan, badan panas, keluar kringat..saya juga selalu kwatir,, saya jga ga tahu apa yang saya kwatirkan… sangat tersiksa terus dan terus… saya harus bagaimana???
    saya ngin normal seperti yang orang2..
    seolah2 saya ingin di lahirkan kembali dan memulai dari awal, tpi itu smua tdak mungkin,,…

    triakasih sebelumnya…

    • bunda says:

      wa’alaikumussalam, mba sheila…
      untuk pemeriksaan secara medis, silakan konsultasi langsung ke dokter ya. insya Allah dokter atau ahlinya lebih dapat membantu Anda menanganinya secara medis. Tapi, jika yg Anda rasakan adalah kekhawatiran berlebih, rasa was-was, rasa takut yg tidak terkendali, maka cobalah untuk memperbanyak istighfar dan dzikir. perbaiki shalat lima waktu, dan perbanyak sedekah. sesungguhnya was-was dan kekhawatiran itu datangnya dari syetan, dan jangan biarkan itu menguasai diri kita. maka yg bisa menolong kita hanya Allah, jalannya adalah dengan istighfar dan dzikir, insya Allah hati akan lebih tenang dan terarah.

  19. hamba allah says:

    Terima kasih banyak bunda atas artikelnya. saya jd tahu bahwa apa yg sy rasakan saat ini adalah anxiety disorder.sy wanita,32 tahun awalnya 6 bln yg lalu ada peristiwa yang membuat sy jd down (masalah pekerjaan dan penghianatan teman), sehingga aq sering merasa sakit kepala hebat, pusing 9migrain tak kunjung sembuh), jantung berdebar2,denyut nadi cepat, lemah lesu, serasa tidak bergairah, tangan dan kaki dingin, leher terasa memanggul beban ber ton ton.upaya medis sdh sy tempuh mulai dari spesialis dalam, jantung, syaraf dan semua OK.tes darah pun saya lakukan, hasilnya normal.ke dkter mata pun aku lakukan, sampai aku harus pakai kacamata minus 1/4 pun aku lakukan. saya seperti org gila, sakit apa aq ya AllaH? pernah waktu perjalanan ke tempat kerja aku teriak dengan sekencang2 nya dengan menangis “aq ingin sembuh ya Allah seperti sebelum ini”, ada anak2 yang masih butuh saya, ada keluarga yang masih menyayangi saya.bener2 aq sdh kehilangan cara bagaimana meluapkannya.

    sampai saya mencari second opinion dengan periksa ke dokter spesialis diatas dari rumah sakit lain.upaya pengobatan alternatif pun saya tempuh, mulai pijat syaraf atau terapi obat herbal.tapi keluhan saya tidak kunjung hilang.sejak saya merasakan tidak enak pada badan saya ini (mulai 5 bulan yg lalu), bukan hanya upaya medis dan alternatif saja yang saya tempuh, secara spiritual sy lebih mendekatkan diri dengan sholat wajib tepat waktu (yg dulu masih sering molor2), sholat sunnah setelah sholat wajib pun sdh sy lakukan, sholat sunnah yg lain pun aku tambah, dzikir aq lakukan sepanjang perjalanan dr rmh ke tempat kerja dan sebaliknya (kalo ditempuh 45 menit),shodaqoh tetap aq lakukan (alhamdulilah sebelumnya untuk infaq shodaqoh kami sdh melakukan) .
    riwayat aq sakit mulai Oktober 2012-feb 2013 aku catat, kemana aq berobat, sampai resep obat apa yg aku minum tercatat semua.aku jg coba evaluasi apa yg menyebabkan ini terjadi, aku buat catatan.

    memang sih tidak 6 bulan aq terus merasakan ini, ada kalanya aq merasa nyaman dengan kondisiku seperti tdk pernah ada gangguan. Januari kemarin aq kena bell’s palsy yaitu gangguan pada syaraf wajah sebelah kiri, dimana kelopak mataku tidak bs berkedip dengan sempurna, dan mulut sebelah kiri tidak bisa normal.aq ke dokter syaraf, 10 hr kemudian bell’s palsy ku sembuh. setelah itu aku merasakan tubuhku sangat nyaman, sebagaimana keadaanku 7 bulan lalu.tanpa beban, tanpa rasa cemas, penuh kepasrahan. tapi sebulan ini aq merasakan kembali hal aneh lagi. ini setelah mendengar kabar ayah dr salah satu teman anakku meninggal.aq jd berpikir kasihan teman ankku,kasihan mamanya, anaknya msh kecil2 dsb.dan akhirnya aku umpamakan seandainya padaku..seandainya..ahh..pusing, jantung berdebar2, dan semua gejala yg sebelumhya sdh hilang muncul lagi.
    saat saya membaca artikel bunda ini, saya merasakan nyaman yg luar biasa, tenang rasanya.ternyata saya tidak sendirian. banyak disana yg mengalami hal sama dgn saya.
    tapi begitu aktifitas kembali gak tahu bagaimana rasa itu muncul lagi. sebelumnya pernah berfikir mau konsul ke psikiatri, tp saya msh mau berusaha mengatasi ini by myself.mencoba mengelola pikiran secara positif,realistis, dan pastinya “semeleh”, menyerahkan semuanya sm Allah yang maha mengatur.
    kadang kalo perasaan cemas, gemetar itu muncul saya hubungi keluarga,saudara, teman untuk sekedar ngobrol apa saja, dan itu akan mengurangi perasaan cemas saya.termasuk waktu saya menulis ini untuk bunda, rasanya tenang…
    terima kasih bunda dan yang lain atas info dan sharingnya..

    • diah says:

      Bunda boleh minta no hp nya..sy ingin sekali share dgn anda sy jg ibu rmh tgga mgalami ini sdh hmpir 2 thn sy bgung hrs brobat yg spt apa lg smua jalan sdh sy tmpuh

  20. Dira says:

    assalamualaikum,saya baru baca mengenai comment-comment di blog ini.kalo boleh saya cerita,saya juga merasakan ketakutan akan kematian yg berlebihan,saya merasa saya akan meninggal dalam waktu dekat,dan setiap perasaan saya tidak enak saya mengalami gejala seperti panic disorder dan kepikiran saya jadi kemana-mana.jadi hal saya kait-kaitkan dengan kematian saya,saya mulai memperbaiki ibadah saya, tapi hanya ketika solat dan mengaji saya lebih tenang,stelah itu suka kepikiran lagi mengenai ketakutan itu.saya juga sering sedih ketika melihat teman-teman, terutama keluarga karena takut meninggalkan mereka.
    saya sudah membaca comment-comment diatas dan ternyata bukan saya saja yg pernah mengalami ini,yg saya ingin tanyakan, apakan saya harus ke psikiater atau ada metode penyembuhan yg lain yg bisa saya lakukan?lalu kenapa tiba-tiba saya merasa seperti ini ya?bisa karena stress ga sih?karena saya smpet mrasa stress sblm mengalami ketakutan ini.
    trims sebelumnya, mohon infonya ya

    btw terimakasih kepada nama “someone” atas infonya, mungkin betul ini gangguan setan yg membuat saya ketakutan,mungkin juga teguran supaya saya rajin ibadahnya.

  21. Vivit says:

    assalamualaikum wr.wb.
    Apa ada yg bisa membantu. Sy pikir cuma sy yg mengalaminya.
    Astagfirullah setiap direnungi &
    diserang kecemasan ini. Yg ada
    dlm pikiran,sy akan mati.terlalu banyak salah dan dosa saya kpd bpk mama.terlalu bxk lalai menjalankn perintahnya,terlalu sering melanggar apa yg dilarang.sungguh sangat takut akan mati dan siksa api neraka. Ini mulai sy alami ketika msh SMA Tp wkt itu cm 1 hari, kambuh lg ketika sy nyusun skripsi tahun lalu, dan saat ini udh skitar 5 hari sy mengalaminya. Bdan lemah tanpa tenaga,napas sesak,nda napsu makan,BB Menurun. Udah dua malam ini nda berani tidur di kamar, skrg milih tidur di kamar mama. Tiap tidur sy sulit tidur nyenyak. Yg ada dlm pikiran sy adalah kematian dan dosa2 saya, siksa api neraka dll. Sy sangat ketakutan,berbicarapun rasanya tak sanggup. Sy mulai cari2 informasi tentang yg sy alami, parahnya lg sy mulai searching tentang tanda2 kematian. Ya Allah hanya ingin kembli tenang seperti dulu dan memperbaiki diri walaupun kesannya terlambat.

  22. hedrik says:

    Salam sejahtera,

    Mohon bantuannya…..

    sudah beberapa hari ini saya juga mengalami gangguan seperti ini,
    Lemas, Makan malas, mulut seperti tidak mau bicara, kurang semangat, mengantuk terus padahal tidur cukup, gairah sex juga menurun seakan akan alat vital tidak bisa bangun lagi…keringat dingin tidak jelas yang anehnya lagi saya memikirkan takut akan kematian.

    apa yang saya harus lakukan…istri saya malah menyuruh ke dukun padahal saya sudah coba konseling dengan pendeta untuk sharing keagaamaan yah itung2 saya memang kurang iman dan mulai jauh sama TUHAN..

    saya akui memang saya banyak bersalah dimana akhir2 ini saya ingin sekali dimanja istri saya…tapi saya malu sekali terhadap diri saya karena saya sudah menduakan istri saya…

    Mohon dengan sangat saya harus bagaimana dan apa yang harus saya lakukan….

    terima kasih
    Hendrik

    • bunda says:

      Bapak Hendrik yg baik, kita semua tahu, bahwa setiap permasalahan memiliki sebab sekaligus solusi untuk menyelesaikannya. Biasanya, saya sering kali menyarankan teman-teman yg mengalami “gangguan” yg sama ini dengan instropeksi diri terlebih dahulu. Bisa jadi, akar permasalahan ini berawal dari diri kita sendiri. Ada yg penyebabnya karena rasa bersalah, ada yg karena ketakutan terhadap sesuatu, trauma terhadap sesuatu, gangguan dari luar (sihir, guna-guna, jin, dll) atau karena memang sudah pembawaan diri yg selalu was-was.
      Setelah kita ketahui penyebabnya, maka langkah selanjutnya adalah dengan mencari penyelesaian.
      Jika menilik cerita bapak, yakni ada rasa bersalah karena menduakan istri, mungkin saja, atau bisa jadi itulah penyebabnya. Saran saya, jika itu perselingkuhan atau hanya sekedar main-main saja (maaf dengan kalimat ini), maka segera hentikan sebelum semakin terjerumus. Setiap orang pernah melakukan kesalahan, jalan terbaiknya adalah bertaubat dan meninggalkan kesalahan tersebut dan memperbaiki masa depan. Pergi ke dukun? Kalau dukun pijat mungkin bisa pak, saya yakin Anda pun merasa lelah dengan “gangguan kecemasan” ini. Tapi jika yg dimaksud adalah dukun yg bekerja dengan guna-guna, maka sebaiknya jangan. Lebih baik perbanyak ibadah, perbanyak perbuatan yg baik seperti sedekah atau berbagi dengan sesama, dan mendekatlah kepada Tuhan.

      Semoga bermanfaat.

  23. muhammad giovani says:

    ass. saudara dan saudari.. saya udh hampir 4 tahun menderita penyakit itu. dan bru beberpa bulan saya mendapat petunjuk allah swt. krn saya mendapat teguran brp thun yg lalu tp saya malah cuek. dan baru sadar allah swt sayang sm umat sperti saya brbagai tempa menimpa di kehidupan saya. dari sakit keras,di tinggalx kluaraga. dan yg trakhir di tinggal kakek trcinta. skrg saya mengatasi itu dg shlat hrs 5 wkt dan dzikir trs menerus kpn pun. alhmdulillah bsa di atasa. dan cari lah guru pembimbing seperti ustadz. dst kita menemukan permaslhan kita dan membuang hati kotor kita krn dstu lah pusat penyakit di dlm diri.. dan kita hrs bnyk sharing kpd sesama . ajak ngobrol tntang penyakit ini dan tntang agama insya allah kita akan smbh amin.. ayo kita berbagi demi kesembuhan. ๐Ÿ˜‰ wasalam

  24. zahra says:

    Help me pleace..
    Sy sdg hamil anak kedua usia kandungan 36 minggu,
    Knp ya sy krg bs menyaring pengetahuan/info ttg kehamilan,
    Smakin sy bnyk tau, smakin sy parno,
    – Misalkan nich sy bc ttg bumil yg kena ACA shingga babynya iufd (meninggal dikandungan) di UK 37w, sy lgsg panik nyari2 info ttg ACA,
    – trs lg.. ada tmn yg share hsl USG 4D nya, trs beliau blg “smua organ babyku alhamdulillaah normal&lgkp” sy lgsg deh parno lg, dlm ht blg “apa perlu ya sy USG 4D, biar tau organ2 bayi sy”
    – trs bc pengalaman hydrosefalus, tnp tempurung kepala, cacat begini begitu dsb, lgsg sy googling nyari2 ciri2nya
    – bc ttg virus toxo, bahaya mie instant, bulu kucing, infeksi saluran kencing&efek pd bayinya (krn sk mnahan kencing), tulang bayi patah dlm kandungan dll bnr2 buat sy mumet, tkt, parno! :(
    Sy hrs gimanaaa? :( :( :(
    Apa sy hrs diem sj ya, ga ush online2 lg ya, bc2 info lg (krn sy blm bs mnyaring dg baik infonya) smua info yg sy bc, info2 yg mnakutkan buat sy lgsg mmbayangkan bgmn klo itu trjd pd sy NA’UDZUBILLAAH..
    Apa ini yg nmnya cemas berlebihan&juga yg sering org2 blg gejala gngguan jiwa??
    Yaa ALLAH
    Pdhl alhamdulillaah dokter sy sllu blg, sy.. Bayi sy.. Alhamdulillaah sht, normal, tak ada kelainan apapun aamiiin..
    Tp knp sy sllu parno???
    apa mgkn krn bwaan hamil ya?
    Atau krn sy trllu tegang sbntr lg insyaALLAH tgl 24september dpn atau 17hr lg sy SC (krn anak pertama SC&jrk yg dkt)
    Pdhl awal2 hamil bahkan smpe TM 2 sy bs rileks,
    Memasuki TM3&semakin sy bnyk pngetahuan ttg kehamilan&mslh2nya yg sy dpt dr bc ataupun online sy mlh parno-an gini,
    Help me… Help me… Beri sy saran&doa
    Biar sy&bayi sy diberi keselamatan,kesehatan,kesempurnaan lahir bathin&panjang umur aamiiin..

    Mohon bantu sy pliiiiisssss…
    Terimakasih!!!

    • bunda says:

      Bunda Zahra, rasa was-was itu datangnya dari syaitan. salah satu godaan dan gangguan yg paling sering terjadi pada ibu-ibu hamil, dan pada saat kelahiran anak. karena itu bunda harus melawannya. perbanyak dzikir, dan wirid, khususnya wirird ibu hamil. perbanyak juga membaca al-qur’an, sambil terus diperdengarkan ke janin. atau bisa juga dengan menyetel murattal. dan jangan lupa, perbanyak shadaqah juga bisa menenangkan hati.
      jangan takut untuk online dan membaca-baca ilmu tentang kehamilan dan persalinan. jalani saja. dan jika rasa was-was itu menyerang, segera istighfar, dan mantapkan hati dengan mengatakan “tidak, insya Allah, anakku akan lahir sehat dan normal”. terus ulangi seperti itu. jika bunda tidak melawan, maka rasa was-was itu akan semakin menjadi. selalu ingat, bahwa Allah itu mengikuti prasangkaan hambaNya. maka selalu berpikir dan berprasangka baiklah pada Allah agar Allah juga memberikan yg terbaik untuk kita.
      Anda butuh penguatan dari suami dan orang terdekat Anda. jika rasa was-was itu menyerang, jangan panik. tapi segeralah mencari penenangan dari mereka, seperti minta dipeluk, digenggam tangannya, dan minta mereka untuk menyemangati Anda. insya Allah, perlahan-lahan rasa itu akan hilang dengan sendirinya.
      Anda juga bisa mengalihkan perhatian dengan aktivitas lain yg bisa membuat pikiran Anda sibuk. menulis atau menjahit atau merajut, misalnya. yg membutuhkan ketelitian dan kejelian Anda. agar pikiran2 negatif itu bisa tersingkirkan.

      semoga bermanfaat.

  25. mohd zaihan says:

    assalam bunda saya hendak bertanya kepada bunda , masalah
    saya sekarang adalah selalu cemas bila memikirkan sesuatu yang negatif
    , punca penyakit cemas saya dari penyakit gastrik angin .. dan setelah 11 hari
    saya menahan sakit dan telah memakan ubat yang diberikan oleh doc
    saya telah kembali normal, tetapi selepas angin gastrik hilang saya mula
    mengalami gangguan tidur dan saya tidak tahu apa punca sehingga saya tidak
    boleh tido, selepas 10 hari gangguan tidur menggangu saya , saya cuba untuk belajar
    menerima penyakit dan saya boleh tidur tetapi tidak normal seperti dulu, setelah penyakit
    tidur dapt diselesaikan gannguan emosi pula menggangu diri saya, saya asyik memikir
    benda yang negatif sehingga saya takut perkara yang saya fikir akan terjadi,,
    sehingga sekarang hampir sebulan lebih saya mengalami gangguan emosi tersebut,
    bunda adakah saya mengalami penyakit anxiety disorder .

  26. heni says:

    ass..sy brusia 27thn dan skrg sedang mengalami perasaan takut yang berlebihan trhadap kematian.udh 3 bln ini sy mengalaminya.setiap kali kambuh sy mrasa sprti org yg kena serangan jantung,tubuh sy lemas,kepala pusing,muka pucat,mual,jantung brdetak tak beraturan dan nafas terasa sesak.sy sgt trsiksa skali dgn keadaan ini.sy mrasa bahwa kematian ad di dpn mata dan sgera menghampiri sy.sy jg sudah brobat kemana2.slama sy sakit,sy gk prnah tinggal drmh sy lg tp sy slalu brpindah2 t4,dr rmh ortu smpe rmh mertua.krn sy sgt tkut brada drmh sy sndri.sy kasian pd suami dan anak sy krn sakit sy jg telah membuat mrka ikut susah.bagi teman2 yg mw brbagi ini no hp sy 085245681724.mgkin ad yg mau brbagi pengalaman dgn sy.

  27. vera says:

    Saya juga mengalami anxiety sudah 3 tahun.Dan berobat pada psikiater di RSCM.Krn bosan minum obat saya lepas obat tentu saja dgn seijin dokter yg merawat saya.Sudah sebulan lebih 2 minggu sekarang ini..saya lepas obat.Meski tegang dan cemas masih melanda.Sekarang,sy ikut terapi meditasi atau hypnotherapy.Masih belum sembuh sih.Tapi,berusaha untuk gak fokus pada apa yg sy rasakan saat ini.Ini no hp sy 08569873605.

  28. ayuk says:

    Ass
    Sekrang saya jga lg merasakan seperti kalian,jd gk ada nafsu makan kl makan muntah,dada sesak gelisah,mohon bantuanya.kl ada yg mau sering bisa aad pin bb 28342a0f atau no hp 085647766663,

  29. indah says:

    saya juga mengalami panic attack beberapa minggu ini sama seperti apa yang di ungkapkan oleh teman2 diatas mengenai perasaan takut mati dada sesak keringat dingin dan lain sebagainya…saya sebenarnya punya niatan ke hipnoterapy tapi saya tahan karena mencoba untuk mengendalikan fikiran sendiri…denga zikir,istigfar dan memasrahkan semuanya kepada allah alhamdlillah sudah mulai hilang….emang masih kambuh kadang2 tapi gak parah seperti 3 hari pertama…pada saat itu kecemasan yang sangat luar biasa sampai saya sempat nangis2 gak jelas….saking pingin hidup normal…

  30. Farida says:

    Assalamu alaikum teman2 ฦ”ะฐะธฦ“ senasib dan sependeritaan.Saya ingin share sj kepada teman2 semua tentang penyakit ฦ”ะฐะธฦ“ sangat2 mengganggu ini :( Ssaya ฤตฯ…วฅะฐ mengalami seperti kalian. Bln 12 thn lalu saya mulai terkena penyakit ini,saat itu saya mau pidahan rumah ฮฒฮฑล•ฯ… jd bolak balik rapiin rumah sendiri krn anak2 saya 3 orang msh kecil2, โ™รฅล‹a suami berkerja, disaat saya sdh dlm kecapen, saya ฤตฯ…วฅะฐ hrs ikut latihan tadarusan dan hapalan al quraan utk pertandingan. Tp saya mengalami strees berat apabila mengingat ‘saya hrs bertaanding hapal al-quraan di depan orang bnyk, saya takut salah. Dan hal itu terus berputar pputar di otak saya, sampai susah tidur, lemmes, pusing dan jantung berdebar debar, ketakutan akan gagal terus berbisik di telinga dan hati saya, tp ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ุฑูŽุจู‘ู ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู†ูŽ saya bs menyelesaikan pertaandingan dgn mendapat juara 2 walupun saat itu fisik saya lemah. Setelah beberapa hari sesudah pertandingan perasaan itu tambah parah, awalnya tiba2 badan saya dingin, jantung lemmes kayak mau copot, dan saat itu saya mengira saya sdh mau mati, saya sdh pamit sm suami dan meminta membimbing saya utkmengucap 2 kalimat syaahadat :(. Berkali kali saya ucapkan kalimat itu, badan saya dr dalam tiba2 terasa panas didlm turun naik ke kaki. Saat itu suami panik. Dan berusaha menggendong saya naik ke tingkat atas rumah. Dan sejak saat itu kondisi saya mulai memburuk. ฦ”ะฐะธฦ“ saya kasian suami sm anak2 ฦ”ะฐะธฦ“ msh kecil2. Lalu saya di bawa suami ke kota makassar utk berobat, saya di bawa ke ahli penyakit dlm, seorang Prof. Tp katanya cm asam lambung ฦ”ะฐะธฦ“ tinggi, ‘tp saya >:/ ฤฤƒฦ˜ >:/ percaya masa’ sih asam lambung akibatnya segini hebaatx, akhirx saya pindah ke dokter ฦ”ะฐะธฦ“ lain ternyata diagnosanya sama. Saya pindah lg kedokter ฦ”ะฐะธฦ“ ke 3 sama ฤตฯ…วฅะฐ, sampai sy cek up dan semuax normal, akhirx adek ipar saya sarankan utk di rukyah, saya..m sempat 4 kali di rukyah tp >:/ ฤฤƒฦ˜ >:/ ฤƒฯ‘ฤ„ perkembangan positif. Krn ke bingungan akhirx saya kembali ke rumah dlm keadaan msh sakit, kasian ฤตฯ…วฅะฐ anak2 kalau sekolahnya di tinggal lama.tp walaupun sakit saya tetap menjlankan tugas saya sebagai hamba ALLAH utk menjalaankan sholat 5 waktu dlm keadaan duduk krn kalau berdiri pusing 7 keliling. Kemudian ฤƒฯ‘ฤ„ keluarga menjenguk dan menyarankan agar saya diobat ala kampung, 3 orang ฦ”ะฐะธฦ“ obat saya tp semuanya nihil.akhirnya saya dan suami pasrah ke pd Allah, krn kami sdh cukup rasanya berikhtiar. Saat2 itu paling >:/ ฤฤƒฦ˜ >:/ mengenakkan, kadang saya rasanya mau teriak sekencang kencangnya dan protes pd ALLAH, kadang pengen pergi jauh menyendiri di tempat ฦ”ะฐะธฦ“ sunyi, apalg kalau ngeliat anak2 ฦ”ะฐะธฦ“ lg tidur tiba2 menetes air mata, seolah olah saya akan pergi meniggalkan merek utk selamanya dan perasaan itu selalu menganggu ‘kematian’. ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ุฑูŽุจู‘ู ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู†ูŽ suami saya seorang ฦ”ะฐะธฦ“ sabar dan penyayang, saya selalu dihibur dan di manja,
    ๎—รฒรณ๎— ล‘ล‘๎—โ—ฆยฐหš.-iya sangking parahnya saya >:/ ฤฤƒฦ˜ >:/ bisa ngapa ngapain. Mandi di mandikan kayak anak kecil, makan pun di suapin. Bs di bayangkan betapa repotnya suami saya saat itu, selain mengurus saya ฦ”ะฐะธฦ“ lg sakit, dia ฤตฯ…วฅะฐ mengurus 3 anak saya ygmsh kecil2. :( krn kami jauh dari keluarga besar. Saya ฤตฯ…วฅะฐ dlm keadaan hamil. Hari demi hari saya lalui, dlm kdaan bgt. Akhirnya pd detik2 melahirkan badan saya ฦ”ะฐะธฦ“ kurang fit hrs melahirkan dgn keaadaan tensi ฦ”ะฐะธฦ“ tinggi dan HB ฦ”ะฐะธฦ“ kurang, jd saya hrs di oprasi cesar. Pdhl sy sblmnya selalu melahirkan normal dan dlm kedaan sehat tp krn kecemasan saya ฦ”ะฐะธฦ“ tinggi, akhirnya kurang tidur, malas makan, akhirnya tensi saya. Tinggi dan HB saya turun sampai 7,6. Jd saya sempat transfusi darah 2 kantong :( sampai skrng 2 bln usia anak saya, saya msh dlm keadaan ketakutan dan kecemasan ฦ”ะฐะธฦ“ berlebihan, apalg kalau dgr berita2 buruk atau kematian, spontan saya lunglai, jantung berdebar debar, mual dan leher tegang kayak di gantungi beban berat. Knp bs begini? Pdhal. ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ุฑูŽุจู‘ู ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู†ูŽ waktu saya sehat rajin ibadah, baik wajib maupunn sunnah, sedekah dan aktif ikut majlis ta’lim dan paling nggak suka nyusain orang, bgt pula suami, sampai skrng kami tetap taat sbg hamba ALLAh. Tp msh gitu ฤตฯ…วฅะฐ. Walauppun nggak separah dulu. ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ุฑูŽุจู‘ู ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู†ูŽ skrng uda bisa urusin anak dan suami walaupun kadang langsung muncul saya biasa melawan dgn zikir dan igstifar, cm itu ฦ”ะฐะธฦ“ bs saya lakukan walaupun perasaan itu lbh besar. Menguasai saya tp ุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ู„ูู„ู‘ูŽู‡ู ุฑูŽุจู‘ู ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู†ูŽ saya agak legaan teryata bkn cm saya ฦ”ะฐะธฦ“ merasakan persaan seperti ini, ternyata bnyk teman2 di luar sana sm seperti saya, ayoooo teman2 kita share bareng, siapa tau ini bs mengurangi beban kita. Aamiin. Ini pin saya 25F75DCB, siapa tau ฤƒฯ‘ฤ„ teman ฦ”ะฐะธฦ“ mau share :)

    • sri says:

      ibu farida,

      saya juga mengalami kayak Ibu, sudah hampir 3 tahun, kadang-kadang juga sudah lelah dengan semua ini. setiap hari sakit, sakit yang ga jelas tapi teramat menyiksa, saya juga sudah malu sama keluarga dan teman-teman karena setiap saat kok sakit, makanya saya diem aja. sudah berobat tak terhitung berapa dokter, terapi, psikiater, dan lain-lain. sekarang Ibu gimana keadaannya. ternyata setelah saya baca banyak juga yang kayak saya, tapi kata dokter penyakit ini namanya psikosomatik.

  31. dwi says:

    waaah ternyata bkn sy sj yg mrasakan pnderitaan itu. sy awalnya jd begitu semenjak kematian pakde saya. saat itu sy jg kaget pakde sy mninggal bkn krna apa-apa mendadak mati begitu sj. eh pas itu sy gk sengaja buka artikel tanda-tanda kematian. sy mendadak takut mati jg, uda 3 minggu ini sy mengalami anxietas. sy jd malas ngpa2in, sulit konsentrasi, mudah panik dan kaget, jntung berdebar-debar, panas tubuh yg sbnrnya klo di termometer normal, kpla trsa ringan, leher kaku, wajah jd tegang, sring ling lung bingung tdk jls, bhkn phobia dgn hal2 terntentu misal tkt gelap, tkt keramaian, tkt diklakson mobil atau truk, mrsa jiwa trancam, tkt mnyendiri. sy jg mles ngmg pdhl dlunya sy cerewet,suka nyanyi,OR. sy mndadak tidak minat dgn hobi2 sy sblmnya.

    • Adit says:

      Saya juga seperti apa yang ibu dwi rasakan . oya kalo bisa , apa saya boleh minta nomor telfon Ibu ? mungkin saling share akan bisa membantu mengurangi ketakutan ini .

  32. drjung says:

    Assalamualaikum wr.wb. wahhh saya juga sama sering merasakan seperti yang teman2 rasakan, yaitu merasa takut mati. saya juga menulis komen saya di http://www.rumahbelajaribnuabbas.wordpress.com/5jendela-risalah/kenapa-harus-takut/#comment-1239 silahkan dibaca mudah2an membantu. komen saya tentang bagaimana menjadi ikhlas, gelombang otak, dan musik brainwave yg mungkin bisa membantu menghilangkan kegelisahan kita semua akan kematian. terima kasih, assallamualaikum wr.wb

  33. joe ariesta says:

    Apa saya jgs kena axiety y saya skit maagh udh 2taun keluhan merasa gk nyaman pada salursn pencernaan terutama bgian perut sikitar diatas pusar sbelah kiri dan tnggorokkn berasa ngeganjel setiap saat?Sering parnoan,mimpi2 buruk,dn mimpi kjadiab dimasa lalu gimna solusix y tiap priksa kedokter cma bilang oh itu aslamx lgi naik sdngkn klo kepsikiater di daerah q blm ada :(

  34. anggun desvita says:

    assalamu’alikum,,teman2,,
    saya juga sama dengan teman2,,mersakan takut yg berlebihan,kdg punggung terasa panas2 terbakar,jntung brdebar2,sesak nafas,ga selera makan,dll.. pkokny sama dengan teman2,tiap mlm susah tidur,klo ada msakh mikirinya berkali2,berhari2,sampai ujung2nya saya kliyengan dan tumbang,
    tmn2 ada yg sdh jauh lebih dwasa dari saya, sdgkan saya mersakan sakit ini sejak umur 10 tahun, dan parahnya sejak agustus 2013.
    klo udah kambuh jntung nya berdebar sangat cepat dan kuat sehingga saya putus asa,ingin minta mati saja karna ga kuat nahan rasa cemas,bukan karna rasa sakitnya. namun saya share dgn guru liqo;. nah katanya dnikmati aja rasa sakit itu,dnikmati takut itu, dan selalu blg, ini cuma prsaan saja,sbntar lg juga hlh, selalu itu triknya,dan ktik akambuh emng saya cobin ngmg dlm hati, allah itu maha akbar,allah sedang melihat kita sakit,maka blg klo sakit ini sbntr lg hilang,takut ini sbntar lg hlg, smnjak saya cb trik itu alhamdulillah seminggu ini sudah tidak kambuh lg,dan klo kambuh ga lama,biasanya tiap pagi jam 10 selalu smpai mnjlang zhuhur. tp alhamdulillah skrg berkurang dan mudah2an hlg total,tu jg krn saya dpt kenalan yg memotivasi saya, tmn2 yg mau share bs hbungi pin 28AC4634

  35. depres girl says:

    CATATAN SEORANG PENDERITA KOMPLIKASI ANXIETY, DEPRESI, MOOD DEPRESSION

    Dulu Aku adalah seseorang yang menikmati hidup,pergi keliling indonesia dan bahkan sampai ke luar negeri. Hobbiku adalah nongkrong di caffee, Main ke Mall, dan kumpul bersama teman, Seseorang yang periang dan punya banyak teman. Aku adalah sosok pemberani, tidak masalah buatku pergi kemana pun, bahkan sampai olah raga naik gunung sekalipun. Untuk urusan bicara di depan umum, aku adalah pakarnya, dibangku kuliah dulu, nilai presentasiku selalu cemerlang.

    Sampai suatu hari takdir membawaku ke satu jalan hidup yang sangat bertolak belakang dengan hidupku yang dulu, aku menjadi begitu ketakutan, jangankan untuk pergi keluar sendiri, didalam rumah pun aku perlu ditemani. Rumah dan keluarga adalah zona nyaman bagiku, walau terkadang keluarga tidak memahami kondisiku.

    Temans,Kalian semua harus bersyukur, masih terbilang ringan, aku punya penyakit komplikasi, yaitu anxiety, depresi, mood depression, mantap kan hehe. Ini bulan kelima, Temans, aku berkawan dengan penyakit komplikasi itu. Penyakit kejiwaan ini adalah penyakit termahal sepanjang aku hidup 26 tahun, sebab yang harus dikeluarkan tidak hanya uang tapi juga seluruh jiwa kita pun harus ikut totally mau sembuh. Aku berobat udah khatam dari A sampe Z, semuanya udah aku coba. Aku ngerti banget apa yang kalian rasakan…detik demi detik melewati hidup tidaklah mudah, pikiran bunuh diri? Eits jangan ditanya… Sering banget muncul, sangking seringnya tuh rasa pengen bunuh diri, udah mirip iklan di tv , sangking frustasinya ngadepin ketakutan ini. Dilema banget deh pokoknya, hidup lelah tapi buat mati bunuh diri pun gak mungkin. Sampai akhirnya dalam diri pun mengakui bahwa aku butuh bantuan, aku ga bisa ngadepin ini semua sendiri, meminta bantuan ahli, bukanlah tandanya kalah, justru pertandasembuh. Akhirnya aku pun memutuskan untuk mendatangi psikiater, dalam memilih psikiater akupun cukup selektif.

    Berobat ke psikiater ternyata gak bisa instant efeknya seperti kita berobat sakit panas atau pusing. Butuh waktu minimal 2 minggu untuk obat yang dikasih psikiater ini bekerja. Beruntunglah aku memilih psikiater yang sangat bijak, yang tidak selalu “obat oriented” sebagai solusi kesembuhan, setelah 2 bulan aku berobat ke psikiater dan rajin minum obat, keluhanku pun mulai berkurang, psikiater menurunkan dosisnya dan menghentikan pengobatan dengan oral, kemudian dia merujukku ke psikolog untuk terapi lanjutan, sekarang aku lagi dalam sesi terapi, dan sudah sangat jauh lebih baik, yang awalnya takut keluar rumah, pengen berenti kerja, takut gagal, takut ga kuat, ga punya harapan hidup lagi, merasa diri ga bisa ditolong, dan segambreng keluhan lainnya. Berangsur-angsur membaik, 70% sudah bisa dalam kendaliku, berani keluar rumah dan melanjutkan pekerjaan. Dengan Psikolog, setiap minggunya aku diberi PR dalam mengontrol perasaan yang gak nyaman ini. Semua perasaan yang tidak nyaman ini, hanya perlu diterima, jangan dilawan, Sebab kita tidak akan pernah menang melawan diri kita sendiri. Bagi teman-teman yang merasa sudah begitu kewalahan dengan anxiety atau apapun jenis perasaan yang tidak nyaman itu, jangan ragu untuk meminta bantuan pada ahli nya. Stop membuang-buang waktu dengan perasaan yang mirip roller coaster ini, masih banyak hal-hal penting yang harus kalian lakukan. Memang aku pun mengerti, biaya psikiater dan psikolog tidaklah murah, berasa banget waktu pas ngeluarin uangnya. Tapi aku berusaha iklas.Inilah ujian.

    Satu hal temans, yakinlah kl penyakit ini bisa disembuhkan..jangan pernah ada satupun diantara kita yang kalah dan memutuskan untuk bunuh diri,ingat..kamu ga sendiri…ada aku dan jutaan orang diluar sana yang menderita anxiety akut.

    Salam seperjuangan,

    Depres girl

    • Somewell says:

      maaf sebelumnya, apakah saya bisa minta nomor kontak atau emailnya, saya ingin sharing dengan anda, please…

  36. Jojo says:

    Ass buk,
    saya mau bertanya buk,belakangan hari ini saya sering merasakan hal seperti cemas,kadang saya menganggap diri saya ini seperti bukan diri saya,lesu mata mengantuk,penyebabnya apa buk ?
    tolong jawabanya buk,
    terimakasih

  37. ikiiko says:

    Alhamdulillah saya juga mengalami hal ini, mungkin kurang lebih hampir 1 tahun. Seperti yang telah dijawab sebelumnya, memilih untuk lebih dekat dengan sang pencipta adalah satu satunya jawaban. Justru dengan keadaan ini membawa saya ke arah kebaikan dari kehidupan saya sebelumnya. Berusahalah untuk berpikir positif, bahwa Allah sangat sayang dengan hambanya, seperti pada ucapan basmallah yang sering kita sebut sehari hari. Ketika pikiran kita sadar bahwa Allah bersama kita, Dia yang Maha mengasihi & Maha menyayangi hambanya yang bertakwa, insyaAllah pikiran was-was itu akan menghilang dengan sendirinya. Subhanallah..Kita harus ingat dan meyakini bahwa Allah itu Maha segalanya, Maha pembolak balik hati.

    Sebagai rujukan dan tips mungkin ini serupa yang coba saya lakukan.

    http://www.konsultasisyariah.com/nasihat-agar-tidur-tidak-diganggu-setan/

    Alhamdulillah berhasil meskipun perasaan itu kadang datang dan pergi. Ketika datang saya berusaha me mindsetkan bahwa saya sedang “ditegur” lagi oleh Allah karena mulai lalai dan lupa. Berusaha menyadari diri mulai lalai dan berusaha mendekatkan diri lagi, insyaAllah perasaan itu akan hilang perlahan. Penyakit itu datangnya dari Allah, dan hanya kepadaNya pula sumber kesembuhan. Jadikan ujian ini sebagai “teman” pengingat kita agar tidak lalai menjalankan perintahNya

    Semoga membantu :)

  38. sri says:

    teman-teman saya mau bertanya, apakah anxiety disorders memperparah masa kehamilan. karena saya sudah mengalami anxiety selama 3 tahun dan sekarang saya hamil muda trus rasanya ga karuan sekali, saya ga doyan makan, mual,lemas, badan pegal-pegal, kalau berdiri dan jalan mau ambruk. saya terasa ga kuat menjalaninya. mohon teman-teman bisa bantu. saat ini saya merasakan drop sekali dari pada sebelumnya

    terima kasih

  39. Fikal siraj says:

    As salamualykum
    jazzakumullahu khairan atas imformasinya,sangat membantu bagi saya yg awam tentang penyakit.satu bulan terakhir ini,sepertinya saya mengalami semua gejala penyakit itu,sering cemas,apalagi jika berfikir sesuatu yg tidak menyenangkan,rasa it langsung terasa,selain perasaan yg ndag enak,jantung jg berdetak kencang,tidur pun kurang nyenyak dan biasanya sering terbangun ditengah malam,saya mengira sakit jantung,tp setelah periksa ke dokter,katanya hanya terjadi penyempitan pd pembulu darah,tdk berbahaya,setelah mengonsunsi obat dari resep dokter,sepertinya perasaan it masih sering datang,bahkan ketika istirahatpun,jantung kadang2 berdetak kencang,rasa panik pun melanda,ujung2nya mereputkan keluarga.saya minta masukannya admin,kira2 penyakit yg saya alami saat ini apakah termasuk penyakit mental atau tidak,kalau termasuk,sarannya agar bisa mengurangi,bahkan sembuh,saya harus bagaimana ?ditunggu balasannya.

  40. Awardana says:

    Gini bunda , kemarin kan ada teman saya yang mendadak meninggal gitu umurnya masih 20 tahun . katanya sih dia kena serangan jantung . Tidak tahu kenapa semenjak saat itu saya mendapatkan ketakutan yang luar biasa . Tangan saya gemetaran , jantung saya berdebar-debar tidak karuan . Pikiranku langsung mengarah ke penyakit jantung . Saya selalu berasumsi apakah saya juga kena penyakit jantung . Gara-gara kepikiran terus , pekerjaaan saya berantakan . hidup saya dilanda ketakutan yang luar biasa . Bagaimana solusi untuk menghilangkan rasa takut ini ? mohon pencerahannya …..

  41. eli indriyani says:

    asslkum..bunda sy mengalami rasa gelisah detak jantung cepat karna sy trauma anak sy menglami demam sampi kejang” dn 2 malam sy begadang untk menjaganya. mohon solusinya bunda agar sy tenang. trima kasih

  42. diana says:

    Asalamualaikumm..ternyata banyak sekali dengan pengaalaman saya..saya udah 2 tahun ini mengalami kecemasan karena trauma..kalo udah kerasa jantung berdebar kaki tangan dingin,lemes..sampe udah ke spikiater dinyatakan karena spikosomatis karena pisik saya udah kena yaitu gangguan lambung..sedangkan saya pengen skali memiliki momongan tapi apa lah daya kecemasan ini selalu menyerang saya, ya alloh tolong sembuhkan lah sakit yg aneh ini…kalo mau share ni pin aku 76C0401E

  43. blue man says:

    dah hampir tiga tahun rasain nih pnyakit.. ampe smpet kehilangan pkerjaan.. selalu aja d bayangin serangan jantung.. udh cek jantung tapi gada masalah.. skrg cuma bisa pasrah aja sama Allah.. hadapin ini pnyakit.. skrg udh mulai mendingan bisa kerja lagi.. walopun fisik n mental msh ke ganggu.. yg mw share di FB add aja tsunade_lover@yahoo.co.id

  44. syazwan says:

    aku ada buat satu kajian mengenai gejala ini…apakah aktivit yang sesuai dalam program pemulihan bagi mengenalpasti seseorang mengalami anxiety

  45. teungku muhammad amininur says:

    kalau menurut saya pribadi sih masalah takut dengan kematian,jawabannya karena kita tidak siap mati..maka yang perlu kita lakukan adalah belajar dengan benar&keteraturan dalam ibadah fardhu.kemudian perbanyak zikir karena zikir obat hati.
    kemudian pola tidur usahakan tidur dibawah pukul 11 kalau memang tidak ada kegiatan.terus disiplin dalam hidup yang mencakup ibadah,makan&tidur..
    Insya Allah akan hilang rasa ketakutan itu. penyebab ketakutan kalau menurut saya pribadi ditinjau dari segi agama kita tidak siap modal buat mati..kalau segi kondisi badan disebabkan oleh darah yang tidak normal karena jadwal tidur yang berantakan.
    solusi cara menghilangkannya menurut pengalaman saya jika tiba2 datang rasa ketakutan yang rasa rasanya mau mati itu ;
    membaca apa saja,tapi baiknya bacaan yang bermanfaat kayak baca bacaan dalam shalat jadi kita bisa perbaiki dimana ada silap sambilan dalam hati kita terus berzikir…
    Insya Allah akan tenang berlahan lahan rasa takutnya..karena parahnya rasa takut itu datang dikesunyian malam.

    ูˆุงู„ู„ู‡ ุงุนู„ู… ุจุตูˆุงุจ

    • andri zulfian says:

      Sy sangat setuju dgn mas muhammad..saat ini sy pun msh berikhtiar tuk benar2 sembuh dr penyakit ini.dah beberapa dokter,ustadz dah sy temui,hingga pada akhirnya sy berpikir bahwa kita harus kembali instrospeksi diri bahwa keimanan harus di tingkatkan.dan perlu ditambahkan pula bahwa penyakit ini sangat erat hubungannya dgn masalah lambung.sy kurang tau pasti apakah rasa cemas yg menyembabkan sakit lambung ato sebaliknya.dengan keadaan seperti ini sy bisa mengambil hikmahnya yaitu semakin sering sy ingat mati maka semakin sering kita beribadah kpd Allah.SWT.

      • desy says:

        Saya juga bru ngerasakan yg namanya takut mati,tiap hari nangis..karena kemaren saya sempat mengalami sakit amandel,yg membuat susah nelan dan sesak,akibatnya saya malas makan dan turun berat bqdan turun 6 kg dan akhirnya harus di operasi..trnyata akibat nya saya terkena asam lambung yg lari ke tenggorokan yg dinamakan LPR,akibatnya sesak n kesemutan,setiap hari saya cemas n membuat saya sesak..sampai2 suami saya ingin membawa saya ke psikiater,tapi saya akhirnya pasrah dan meningkat ibadah saya,alhamdullilah sedikit2 rasa cemas itu hilang,wlpun saya belum berani pergi jauh2,dan saya harus kehilangan pekerjaan saya.

  46. adoel says:

    Penyakit ini datang ke saya setelah saya menjalani suatu operasi beberapa minggu yang lalu. Pada hari ke 3 saya mengalami sesak nafas yang diikuti oleh kecemasan dimana saya takut akan kematian. Pada saat itu saya cemas dan berfikir bagaimana nanti anak-anak saya yang masih kecil kalau tidak ada saya. Siapa yang akan mengurus mereka. Lalu saya takut akan ketidak siapan saya unuk mengahadap Sang Kholik. Dimana sampai saat ini saya belum mempunyai bekal amal ibadah serta ketaqwaan kepada Alloh SWT.
    Kondisi kecemasan dan ketakutan ini saya alami kembali ketika saya pulang ke rumah setelah perawatan pasca operasi di rumah sakit.
    Saat itu saya mengalami kembali kejadian seperti sebelumnya. Sesak nafas yang diikuti dengan ketakutan dan kecemasan.
    .

  47. Sahril Sidik-Lampung Selatan says:

    Syukron Mas Muh…………. sy jg mengidap Anxiety Disoders dah hampir 9 Bln/awal Th 2014. Penyebab utama sya adalah saya memilikiGangguan Hormon Thiroyd menimbulkan cemas berlebihan, bahkan terasa memiliki seperti penderita gangguan Jantung…… seakan2 pd saat kambuh tdk mengenal waktu, bahkan setiap waktu slalu cemas…. Insya Allah banyak mengingat Allah bs hilang…….. Syukron Masukannya

    • Julia says:

      Sy jg ada penyakit tyroid, hipertiroid sdh 4th. Apa anxiety n tiroid saling berhubungan? Sy jg sering ngerasa cemas berlebihan, jantung bedebar, keringat dingin rasa2nya karuan dan spt berasa nyawa akan dicabut hari itu. Ketakutan berlebihan ninggalin keluarga. Ketidaksiapan utk mati. Cara pengobatan apa ya biar sembuh.. T_T

    • vyona says:

      Sama mas saya jg bgtu uda hampir 2bln ni rasa cemas berlebihan bahkan mengalami traumatic dan halusinasi. Detak jantung tdk karuan berdebar rasanya..

  48. cika says:

    Sudah 3 tahun saya mengidap ini anxietas mski hri2 saya berubah 180 derajat, saya harus tetap menjalani hidup, saya yakin allah memberikan cobaan karena sayang sama saya, dalam hidup hanya ada 2 pilihan menyerah atau bangkit, saya sudah tidak lagi berdoa smga saya bisa menjadi sprti dlu kala , saya yakin masa masa ini akan cpt berakhir saya hanya berdoa smga dgn keadaan ini saya masih bisa dtrma dgn org dskitar saya bsa kuat krna drgn mereka, tmn2 smua smgt yaa , typmpositif thinking pda dri sendiri

    • Vian says:

      Bisa berbagi mbak, apakah kecemasan mbak ada pemicunya atau tidak? Bagaimana keadaan mbak skr? Apakah sudah memperoleh jalan penyembuhan terbaik? Saya juga mengalami hal yg sama saat ini. Kadang nggak jelas pemicunya, tapi terasa cemas dan tidak nyaman sekali. Saya ingin keluar dari situasi ini.

  49. Rifdah says:

    Saya mau tanya sesuatu. Ketika saya sedang dudukbd ruang tamu, tiba tiba pagar rumah berbunyi, entah itu hanya angin atau ada tamu yang berkunjung. Bahkan saya lebih cemas bila ada orang yang datang. Apakah sebaiknya saya pergi untuk cek kesehatan atau seperti ini sering di hadapi oleh orang banyak?

    Terimakasih
    Saya lebih senang bila ini bisa di jawab

  50. Urts says:

    Saya juga sama! Semenjak ayah saya meniggal dan pacar saya ingin memperkosa saya kemudian saya jd merasa lesu lemah tak bersemangat , lama kelamaan kesehatan terganggu.. Saya sering kali merasa lelah luar biasaa sedikit2 lelah dan sesak juga palpitasi.. Sudah 2x cek dokter umum dan spesialis jantung sudah EKG dan cek.. Kata dokter tidak apa apa.. Dokter blg berani jamin 100% jantung saya tidak apa apa.. Kata dokter saya hanya depresi.. Pikiran saya selalu kesepian, takut mati, susah tidur, selalu mimpi buruk, tidak bahagia, dan tidak bersemangat. Saya harus bagaimana?

  51. Arbila says:

    Kakak adek sodara mbak mas ibu bapak… Saya juga seperti itu… Saya sudah mengalaminya selama 4tahun ini… Rasanya selalu tak memiliki gairah hidup, mudah lelah berlebihan, sesak napas, palpitasi, tersedak, dan seperti jantung bermasalah.. Namun kenyataannya setelah cek jantung 2x dokter blg saya depresi.. Saya stres saya tidak sakit jantung sudah di cek juga… Tp smpai saat ini rasa cemas itu masih, hidup sperti tidak berarti, takut tanpa ada alsan pasti, takut mati, takut gagal, takut ini itu.. Dikit2 pusing dan lemas mudah ngantuk… seperti jantung bukan? Tp sbnernya bukan.. Setiap kali saya berfikir saya akan sakit , hal itu betul2 terjadi.. semisal “wah rasanya mau pusing” nanti akan betul2 terjadi… Aneh bukan?

    • olive nanc says:

      Iyaa bener itu juga yang saya alami hampir sebulan yang lalu..tapi aku merubah cara berpikir..selalu berpikir positif dan optimis jangan sampai hilang..penyakit itu sebenarnya dari diri kita sendiri..jadi kita sendiri yang menyembuhkan itu…

  52. Arbila says:

    Biasanya org yg sakit seperti itu cenderung lemah fisok dan mental… Mudah sakit dan mudah berprasangka buruk terhadap diri sendiri… Banyak berdoa dan selalu bersyukur.. Buat kebahagiaaanmu , lupakan kecemasan itu dgn curhat dgn teman ber canda dll slahkan senyaman anda

  53. Huda. M.Psy. Psikolog says:

    Buat teman2 yg menderita keluhan ini, .. Anxiety Disorder sebenarnya keluhan yg sering di derita oleh individu2 setelah kejadian / peristiwa traumatik dlm kehidupan sso tsb. Dan masing2 org menilai sesuatu itu traumatik atau tidak itu sangat subyektif, masing2 orang tidak sama tingkat ketahanan psikologisnya…
    Dalam perspective psikologi keluhan ini bisa di sembuhkan.
    Ada beberapa toll’s atau tekhnik yg bisa membantu penyembuhan keluhan ini misalnya dg Ancoring, Past live Regretion, Instan Cange Terapi, Hypnoterapy, Chaning Ancore dll…
    Utk teman2 di Surabaya dan sekitarnya bisa hub saya Huda Samudera. M.Psi. Psikolog utk diskusikan keluhannya … Bb 74409D58

  54. pandhujk says:

    Sekedar Cerita

    Pada awal bulan Desember yang lalu, untuk pertama kali nya saya mengalami penyakit ini(selalu merasa seperti ajal akan datang). gejala nya benar-benar sama dengan penjelasan yang ada di atas.. Pada awalnya saya merasa putus asa dengan kondisi seperti ini sampai-sampai sempat terfikir untuk BUNUH DIRI, karena terlalu seringnya saya diselimuti perasaan cemas yang berlebihan didukung dengan lingkungan yang sangat tidak bersahabat.

    Di akhir bulan Desember barulah saya tahu kalau saya menderita penyakit kejiwaan setelah saya pergi berobat ke dokter umum dan beliau bilang saya harus ke psikiater(ahli kejiwaan). Psikiater?! Saya sakit jiwa?!! makin depresi lah saya

    Karena kondisi yang semakin parah, akhirnya saya menerima keputusan sang dokter tsb. dan memutuskan untuk pergi ke psikiater. Tanggal 5 Januari 2015 untuk pertama kalinya dalam hidup saya, saya pergi ke psikiater. Intinya dokter psikiater bilang kalau penyakit ini baru bisa disembuhkan setelah mengalami pengobatan minimal selama 1 tahun, dan bisa semakin parah apabila tidak ditangani dengan benar.

    Sekarang(setelah 3 bulan) saya masih dalam masa pengobatan(per 2 minggu konsul). Namun, saya sudah tidak merasakan “apa-apa”. Ada beberapa cara yang saya ingin bagi kepada teman-teman semua yang menderita penyakit ini, ataupun yang tidak(jangan sampai).

    Sangat mudah, diantaranya yaitu :
    1. Olahraga teratur, apa saja asal berkeringat.
    2. Pola hidup teratur seimbangkan antara aktivitas, pola tidur dan pola makan,
    3. Apabila memiliki masa lalu yang kelam akui saja, pasrahkan dan cobalah untuk lupakan, come on move on.
    4. Dan yang terpenting adalah dekatkan diri teman-teman kepada Tuhan. Percayakan semua nya pada Tuhan, Insya allah hidup teman-teman akan selalu diselimuti dengan ketentraman.

    Dengan dibarengi minum obat dari dokter, penyakit yang “katanya” baru bisa sembuh selama 1 tahun, alhamdulillah penyakit ini hanya melekat selama 3 bulan saja, walau belum ada keputusan pasti dari psikiater bahwa saya sudah dipastikan sembuh atau belum. Akan tetapi, saya sudah merasakan kembali masa depan saya, aura untuk menjalani hidup pun lebih menggebu dari sebelumnya.

    Saya kehilangan pekerjaan saya, kuliah pun sekarang terancam “DO”. Saya tidak menyalahkan penyakit ini, justru saya menyalahkan diri saya sendiri dengan apa yang saya perbuat di masa lalu. Dan sekarang saya merasa bersyukur kepada Tuhan karena telah memberikan saya penyakit seperti ini. Karena dengan adanya penyakit ini di sisa hidup saya, saya jadi bisa lebih dekat dengan Tuhan saya

    Tetaplah semangat untuk menjalani hidup kawan-kawan! “come on move on”

    • Hera says:

      Mas pandu. Saya juga mengalami hal yang sama. Tapi saya tidak pergi ke psikiater, saya mengalamiii semua hal yg d sebutkan…
      Saya mendiagnosis diri saya sendiri. Apa boleh???

  55. oni haryono says:

    Saya saat ini sedang mengalami gangguan cemas,brawal dari akhir bulan january kemarin saya bermimpi dan trbangun tb2 jantung saya berdebar, dari situ lah pnykit ini menghantui hari2 saya…saya sdh priksa ke medis jntg saya sehat, tp pikiran akan skt jntung dan tkt ketika akan tdr dengan dtk jantung membuat saya depresi ssh tdr , saat trbangun jg jiwa ku lemah berat badanku turun , aku ingin seperti dulu aku periang, aku sehat jiwa raga, aku kuat bersemangat jiwa ku petualang survivor, ya allah sembuhkan lah penyakitku aku sangat sedih …teman atw siapa pun bantu aku ya temukan hidup ku kembali, aku punya banyak impian jg cita2 bersama calon istriku..ap lg aku akan mnikahinya bln mei nti, bantu doanya ya..mg qt mua diberi kesembuhan. Aamiin.

  56. muhammad adi says:

    Saya mempunyai tanda2 ke arah situ, pasca kjadian buruk menimpa saya pd saat saya ditempatkan pertama kali oleh perusahaan tmpt saya bekerja. Sebulan pertama saya kemalingan yg menyebabkan saya kehilangan harta benda saya, sebulan setelah itu saya mengalami kecelakaan patah tulang cukup parah. Sampai skrg saya sering cemas, panik bahkan kerap terpanxing, susah tidur dan tdk ada nafsu makan. Ketika saya mengingat hal2 buruk itu seakan2 hidup saya berhenti. Satu hal yg bs skdt menenangkan saya adalah berada di dkt keluarga saya terutama keluarga. Saya trauma utk kembali di kota itu, apalagi dgn kondisi fisik yg tdk lgi stlh kecelakaan saya merasa lbh tenang tgl di kota saya bersama orang tua saya…

  57. Hera says:

    Saya mengalami hal yang sama yang diceritakan teman2 d atas.

    Saya mengalami awalnya di desember 2014 waktu saya jatuh sakit. Saya selalu secara tidak sadar selalu memakai pakaian hitam dan menganggap diri saya akan mati.
    Saya mulai takut dan mulai terbawa halusinasi.
    saya sempat merasa baikan sampai awal bulan februari. Lalu di bulan maret saya mendapat kabar kematian secara berurutan dalam waktu yang bersamaan. Dan disinilah sya selalu ketakutan akan mati karena merasa tidak punya bekal untuk akhirat.

    Kawan. Saya anak yang aktif dan termasuk orang yang cukup dikenal di kampus dosen dan mahasiswa. Sebelumnyaa saya memang mengalami rasa jenuh dan juga tidak mendapat semangat melakukan aktifitas apapun. Kerjaan tugas dan tanggung jawab organisasi. Saya merasa tidak becus dll.

    Sampai tiba d akhir bulan maret sampai bulan april saya mengalami jantug berdegub kencang, keringat dingin,gelisah, dan ketakutan yang luar biasa. Sampai saya konsultasi dengan ustads ahli rukyah.

    Saya juga curhat dengan teman dekat dan mulai mengetahui dengan salah satu penyakit kejiwaan AXIETY DISORDER.
    saya belum periksa psikiater. Apa bisa saya mendiagnosis sendiri???
    Mohon bantuannyaaa

  58. rizzal real ozil says:

    Tidak mudah memang menyembuhkan sakit anxiety ini.. Pikiran org awam bhkan mgkin dokter jiwa atau psikolog sklipun mngkin tdk spenuhnya pham ttg anxiety.. Justru yg pham adalah org yg brhsil lepas dr pnykit itu sndri.. Krn pkiran org anxiety itu sgt tdk berlogika dan itu tiba2 datang tnpa bs kita duga2.. Dan scra spontan alam bwah sadae kita merespin dgn sangat signifixant jd logika kita pd saat itu nyaris hilang.. Bisa mnyebut istughfar dll tp seakan2 ketakutan kita sgt dasyat.. Shingga bdan dan mntal kita seakan akan mau mati.. Nah.. Mnrut saya brushlah terus step by step hadapi ketakutan kalian dgn sisa2 logika kalian.. Apa yg kit takutkan buktikan apakah hal yg kita takutkan benar2 nyata.. Lkukan ksibukan stiap hari.. Cb brpkir positif brkumpul dgn teman bersosialisasi dll dulu awalnya mau kluar rmh saja saya takut.. Takut pingsan djln takut jatuh dll tp stelah saya branikan diri tenyta ketakutan tsb tdk sehebat yg saya pikirkan.. Dlatih trus smbil dhadapi jngan sembunyi dr ktkutan.. Dan berdzikir trus dgn sepenuh2 nya zdikir.. Ins alloh dngn izin alloh kita akan dberi ksembuhan amin..

    • teguh says:

      Saya mempunyai perasaan yang sama seperti temen2, dimana perasaan akan kematian.yang efeknya seperti yang teman2 rasakan mulai dari kepala pusing.mual.jantung berdebar.dan ini sudah berlangsung beberapa bulan ini.tetapi memang kadang perasaan ini hilang.dan memang sangat tersiksa sekali.saya mohon solusinya.

    • Vian says:

      Mas Rizal, berapa lama penyembuhannya? Sendiri atau ada banguan orang dan obat2an (psikolog, psikiater). Saya juga mengalami kecemasan kadang dgn pwnyebab tidak jelas. Lelah sekali. Coba bicara dengan teman, juga ke psikolog tapi tetap saja selalu muncul perasaan cemas dan tidak bahagia itu. Tolong, jika ada pengalaman yang membantu.

  59. yuda kem says:

    sya jg kalo malam ada bunyi sdikit saja dalam rmh. . Sdah mengira ada maling masuk rmh. . Prasaan sangat gugup dan langsung ngecek sumber suara. . Slalu bgtu.
    Slain itu sya skrg trkena gerd Yang mengganjal di leher. . Sya dihantui rasa takut akan kanker kerongkongan. . Takut mati dll.. pdhal hasil pmeriksaan dokter tidak ad kanker Dan tidak brbahaya. . Sdah bbrapa kali pmeriksaan. .

    tapi skrg udh gk lg sih. .
    Intinya banyak berdoa stelah sholat 5 wktu. . Jgn lupa sholat tahaJud. . silahkan browsing tentang keajaiban sholat tahajjud. . Penyakit separah apapun sembuh diluar logika. . Ayo bertawakaL. Ibadah.. berdoa… ikhlas. . Sembuh

  60. May says:

    Sy jg kena penyakit itu, saya seperti kena penyakit jantung. Takut klu tiba2 kena serangan jantung. Sekarang pasrah sm Allah

  61. Mareski akmal says:

    Saya juga ada penyakit yg seperti itu. Sudah 5 bulan saya mengidap penyakit ini dari awal tahun 2015. Awal nya saya bangun tidur dan tiba tiba jantung berdetak kencang dan rasa takut berlebihan. Setiap hari saya harus mengintrol diri saya jika rasa takut itu datang. Usia saya baru14 tahun. Saya sangat takut jika penyakit ini sulit dihilangkan. Sudah cek ke medis dan tidak ada saya sakit jantung. Sampai sekarang ini saya harus menhadapi penyakit ini. Semoga kita semua diberikan kesehatan oleh allah SWT. aminn

  62. Tia says:

    Senang membuka link ini. Ada teman, jadi saya tidak merasa sendiri dengan ketidakjelasan emosi yang saya alami. Saya mudah sekali cemas. Untuk hal-hal kecil saja bisa bikin saya cemas. Kadang malah tidak ada pemicu apa-apa tiba-tiba saja saya merasa cemas, sedih, tidak bahagia. Suka curhat ke teman dengan kondisi saya, tapi jg nggak tau ada apa. Ke psikolog, juga tidaj menentramkan saya.
    Akibatnya saya mengalami gangguan tidur. Kadang bisa tidur 1-2 jam. Kadang sama sekali tidak tidur. Pekerjaan juga terganggu karena susah konsentrasi dan serba takut.

    Teman-teman, bagaimana jiga kita bikin semacam supporting group? Agar bisa saling menguatkan, berbagi ilmu. Jika ada relawan psikilog, psikiater, ustad yang bersedia membantu dari sisi ilmu itu sangat membantu utk teibat dalam grouo ini. Mudah2an ini membantu kita semua.

    • heidas says:

      Hai tia
      Ak juga mengalami masalah cemas dan susah tidur,boleh dengar sharing pengalaman kamu susah tidur.kita senasib biar bisa saling berbagi dan menguatkan.boleh add bb ku 7424B579

  63. aat says:

    Saya punya penyakit ayan, sudah 5 tahun saya derita, dulu pada saat saya masih sekolah smp, sma bahkan awal kuliah sebelum saya menderita ayan, saya org yg pd dan tidak takut akan maling dan hantu, tapi sejak saya terkena ayan, saya jadi penakut, kadang saya seperti dihantui sesuatu, saya sering ketakutan sedirian tanpa sebab jelas hingga tdk dpt berpikir, saya berpikir apa ini gara2 penyakit saya atau mungkin dari obat yg saya minum untuk penyakit ayan saya setiap hari, sampai skrng saya susah untuk menjalani hidup normal

  64. nakula eza.. says:

    Sama kejadiannya sama saya
    . Kuncinya tawakkal Kepada allah

    Ibarat nya sakit yg dikasih alloh adalah untuk menggugurkan dosa dosa kita dan semoga diampuni dosa dosa kita. Amiin. Dan semoga lekas dipercepat kesembuhan bagi kita semua
    Amiin ya robbal alamin

  65. Lilis says:

    Saya ibu rumah tangga saya juga merasakan yg kalian rasakan sudah 5 tahun tapi kadang hilang kadang timbul,tapi bisa saya atasi dengan membaca alma surat yaitu djikir pagi dan petang sering baca alquran dan sholat malam karena saya tau kecemasan itu datang dari syetan yg membuat kita cemas ,sehingga kita sakit dan berdoa yang husyu minta sama allah disembuhkan ,karena Allah lah maha penyembuh.

  66. Desi says:

    Saya sudah 4 tahun menderita penyakit ini, 2 tahun terakhir sy ke dokter psikiatr , sy kehilangn kuliah sy, sy di DO, sy jg selalu mengurung diri di dalam kamar,
    sy sempat sampai berpikir mengakhiri hidul sy karena sy sudah tidak sanggup lagi menghadapi kegagalan demi kegagalan karena penyakit ini

  67. sri_hendar says:

    Baru tau klo perasaan yg aku alami ini trnyta sebuah penyakit,dan trnyta bnyak jg yg mengalami’y..Saya begini blm lama,tepat’y sblhn yg lalu,setelah kakek sya mnggal,mungkin krn hubungan antara cucu dan kakek terlalu dekat jadiiii ada rasa yg g bisa d jelaskan dg kata2,ditambah dg cerita tentang kematian dlm sinetron tv,ada tmn yg tiba2 meninggal pdhal sore sbln dia mnggal dia msh ngobrol dg ttgga,sungguh itu membuat saya jd berfikir terus tentang kematian,bagaimana klo nanti besok atau sekarang saya yg mati?? Padahal saya org yg periang,dg begini jd spt org gila yg suka takut sendiri tanpa alasan jelas,hal2 kecil pun bisa jd saya besar2 kan seolah olah hal itu akan membuat saya mati, suka berhalusinasi,berkhayal yg tdk2,bahkan klo mau tidur malam suka ada perasaan ‘klo aku tidur jgn2 g bisa bangun lagi!!’….Ya Allahh,sungguh tersiksa rasa’y,kadang dg berfikir bahwa segala umur jodoh dan maut itu sudah d tentukan Allah dan hanya Allahlah yg punya kuasa,tdk ada seorangpun yg tau kan dia akan mati,itu membuat saya sakit tenang…

    Tolong bantu saya teman2,kuatkan saya,saya ibu rmh tanggaydg anak2 yg masih kecil 8 thn dan 1,5 thn…..kasihan anak,

    • Juwita Ekasari says:

      Saya ita, sejak kecil saya mengalami perasaan takut mati. Tapi beberapa bulan ini perasaan itu makin parah dan sangat mengganggu. Saya sampai takut tidur karena saya takut tiba tiba mati sampai badan lemas karena jantung berdebar cepat sekali seakan saya akan mati saat itujuga. Setelah membaca blog ini saya baru tahu ternyata ini adalah penyakit mental..

      Apakah kalian berkenan memberikan info psikiater di daerah jakarta barat?karena saya sangat terganggu dengan situasi seperti ini.. terimakasih

  68. bay says:

    Saya baru semalam merasakn hal seperti teman””. Awal saat didepan laptop tidak berasa apapun. Fine seperti biasa. Tetapi ketika tidur perasaan itu datang. Dada saya sesak. Lalu berasa gelisah seperti ingin mati. Takut akan hal itu. Saya sudah coba dengerin musik tetapi masih saja merasa hal itu. Main game tetap perasaan itu ada. Lalu saya ingat, blom sholat isya, selesai sholat perasaan jadi tenang. Tetapi ketika lampu kamar dimatikan, perasaan itu datang kembali. Rasa takut akan kematian datang lagi. Hingga saya yg tadinya tidur sendiri dikamar, pindah kekamar ayah, dan tidur sebelah dia. Sambil bilang klo dada sedikit nyesek, dikasih koyo sudah agak baikan. Tetapi perasaan itu datang. Tidur gelisah. Hingga berdoa dan bisa tidur. Pagi sudah merasa tenang kembali, tetapi ketika diperjalanan menuju sekolah, perasaan takut mati itu datang lg.
    Disaat saya sendiri perasaan itu datang.
    Jujur. Saya begitu tersiksa.
    Bagi yang pernah dan bisa keluar dari derita ini, bisa share cara mengatasinya.

  69. kenny chrisen says:

    Saya juga mengalami hal yang sama.. setiap hari saya berpikir akan mati, mengecek gejala fisik di internet dan mempunyai kesamaan dengan penyakit enyakit yg berbahaya
    … seperti sakit leher rahang gigi kepala pusing tangan kaki kesemutan, palpitasi. Tapi saya cek dokt erspesialis jantung katanyagak masalah tapi saya selalu merasa cemas selama 6 bulan..

  70. Tata says:

    Mari kita bikin grup yuk mba mba mas mas.. Biar kita bsa saling tolong dan mmbrrikan ketenangan satu sama lain, krn saya juga merasa hal sama seperti diatas dan sekarang alhamdulillah membaik berkat bantuan dokter spesialis kejiwaan saya.. Yg mau sharing bisa invte line saya : tatazn

  71. Shofura says:

    Saya seorg anak umur 18 thn.Hampir setiap hari saya selalu mrasa cemas sudah bbrp bulan yg lalu saya awalnya hanya menganggap panik saja tpi lama2 saya tidak nyaman jantung berdtak tak berattran sesak nafas trus pusing saya slalu mrasa cape trus.Kdang2 tengah malam slalu bangun nangis sndri ketakukan tapi tidak tau takut kenapa.
    Saya juga kadang susah tidur atau tidur tapi stiap bbrp menit bangun,alasannya saya tidak tau saya hanya merasa takut.
    Saya juga selalu ingin menyendiri dan tidak mau di ganggu orang lain.
    Saya tidak tau kenapa dan harus bgaimana?
    apa harus ke dokter?saya tidak berani bilang ortu
    Mhon sarannya terimakasih

  72. Lela says:

    Saya merasakan gejala yg ada dipenjelasan tersebut,baru-baru ini saya merasa seolah tubuh saya melemah detak jantung saya sering tak beraturan,saya sering sekali mual,saya juga sering berhalusinasi tinggi,badan saya juga dingin,jika saya terpikir sesuatu yg membuat saya resah tubuh saya mulai bereaksi seperti itu,kehidupan saya mulai terganggu,ini tdk seperti biasanya,saya harus apa sekarang,tolong beri saya inspirasi hidup

  73. yanti says:

    Saya sdh mengalami kecemasan sejak 30 thn lalu tepat nya setelah kecelakaan, sy beranggapan ada trauma setelah kecelakaan tsb, perasaan cemas tsb hilang timbul, saat kambung tubuh terasa lemah jantung berdebar, tdk dpt mengendalikan pikiran, mual kembung, mengigil, dsb….setelah sy pelajari ternyata brsumber dr ketidk seimbangan gizi dlm tubuh, tumpukan masalah yg tertunda utk diselesaikan, pola hidup tdk teratur ….syaraf2 tsb menjadi lbh sensitif saat tubuh lemah…mgkn bisa sharing dg rekan2 yg mengalami hal yg sama

  74. deny says:

    buat teman2 yang mengalami anxiety disorder, selain dengan usaha mendekatkan diri kepada Tuhan,, mungkin ada yg mau coba buka link berikut, secara tidak sengaja saya ketemu dengan blog nya erik wibowo yang membahas tentang anxiety disorder ini dan menurut saya cukup membantu saya mengatasi masalah ini walaupun masih proses.. dan di blog beliau juga diberikan free ebook cara menyembuhkan penyakit ini, silahkan ikuti step2nya Insya Allah dengan niat dan ketekunan bisa sembuh.. thanks sebelumnya untuk erik wibowo..

    berikut link nya..
    http://erikwibowo.blogspot.com/

  75. ali says:

    Saya juga sama sudah dari kecil terkena ini, dah sembuh kambuh lg sembuh kambuh lagi………
    ditambh traumatis Hampir hlg ingatan karna penyakit ini
    Hey ini jebakan iblis dan syeitan, Kuatkan keyakinan kalian,

    the miricle of do’a, do’a do’a
    konsultasi ke para alim Minta bnt do’a nya
    Allaah yg py kuasa disini untk menguji keimanan mahluqnyat
    Kita ini ga sendiri Ada Allaah sandaran kita
    Adukan semua yg jd pemikiran kalian
    nangis dan keluhkan sepuasnya
    Yakinkan sy py Allaah sy py Allaah

  76. daniel says:

    bagi teman yang ingin sharing invite pin saya 51808778 atau no hp 081287758885 .. saya sudah sembuh dan saya ingin berbagi pengalaman kepada teman, mudah2an dapat membantu .. thx

  77. arief says:

    Sama aku jga ngerasain APA yang teman2 senasip dan seperjuangan rasakan..alhamdullillah udah agak mending an..meski kadang muncul jugs si sicemas nya….
    Kalaw ada grop penyakit INI..undang2 y..
    Pin537429e4

  78. salmah saelan says:

    putri bungsu saya berusia 15thn mengalaminya…..kshn kdg melihatnya, mungkin kah imbas dr perceraian kami?

  79. tari says:

    Saya juga merasakan hal yg sma,bru 3 bulan ini saya alami,awalny saya sedang nonton dilaptop,tiba tiba detak jantung saya jdi ngak beraturan,sesak,tangan kaki dingin,pas nafas rasany ngak sampai ke dada,pusing,dan fikiran udah ke mati aja,awalnya saya cuek aja.
    Tpi pas selang 2 minggu kejadian lagi,dan aneh nya trjadinya lewat tengah mlam terus,akhirny mlm itu saya langsung ke dokter,tpi pas di periksa dokternya bilang semuanya normal,saya di saran kan untuk periksa kedokter ahli atau ke ahli kejiwaan,dokternya bilang klau saya cman panik,padahal saya ngak punya masalah yg sedang saya cemaskan.
    Dan dlm minggu terakhir ini saya merasakan ini hampir tiap malam saat mau tidur,pdahal biasanya,sekali atau dua kli pda blan sblumnya..
    sampai sekarang saya blum prnah periksa lgi,krna ngg percaya sma dokternya,karna dokterny bilang cuma panik,padahal ngrasa udah mau mati saat itu..mohon sarannya

Leave a Reply