ANXIETY DISORDERS: GANGGUAN RASA CEMAS

Semua orang hampir bisa dipastikan pernah mengalami apa yang disebut rasa cemas, gelisah, khawatir, dan panik. Rasa cemas adalah bagian dari emosi normal manusia. Anak-anak cemas saat di hari pertama mereka harus pergi sekolah, di kemudian hari ia cemas karena harus menghadapi ujian, orang dewasa cemas saat menanti hari pernikahannya, atau cemas saat harus membuat sebuah keputusan penting, dsb.

Tapi, rasa cemas ternyata bisa menjadi gangguan yang sangat parah dan melelahkan dalam kondisi tertentu. Ini bukan lagi rasa cemas yang normal. Gangguan ini sering disebut Anxiety Disorders dalam istilah psikologinya.

Apa sebenarnya yang dimaksud dengan anxiety disorders itu? Bagaimana gejalanya? Dan bagaimana mengatasinya?

Anxiety disorders adalah sebuah penyakit mental yang serius. Orang dengan gangguan ini biasanya memiliki rasa cemas yang besar dan berlebihan, dan sering kali rasa cemas ini melumpuhkannya.

Beberapa jenis anxiety disorders yang bisa kita jumpai adalah:

Panic disorders. Orang-orang dengan gangguan kepanikan ini biasanya sering merasa diteror secara tiba-tiba dan terjadi berulang kali. Mereka sering kali mudah berkeringat, merasakan sakit di dada, palpitasi (detak jantung tidak teratur), dan perasaan tersedak, yang dapat membuat seseorang merasa seperti sedang mengalami serangan jantung.

Obsessive-Compulsive Disorders (OCD). Orang-orang yang mengalami OCD ini biasanya memiliki gangguan pikiran yang konstan dan ketakutan-ketakutan tertentu akan sesuatu secara berlebihan sehingga mendorongnya untuk melakukan ritual atau rutinitas tertentu. Misalnya, orang yang takut pada kuman secara berlebihan sering kali berpikiran bahwa ada banyak kuman di sekelilingnya, sehingga setiap kali ia menyentuh sesuatu, ia harus segera mencuci tangan atau menggunakan pembersih tangan.

Post-traumatic stress disorder (PTSD). Orang dengan gangguan PTSD ini biasanya pernah mengalami trauma atau peristiwa yang sangat mengerikan seperti pelecehan seksual atau fisik, kematian tak terduga orang yang dicintai, atau bencana alam. Orang dengan PTSD sering memiliki pikiran dan kenangan yang abadi dan cenderung menakutkan terhadap kejadian tersebut. Biasanya, mereka cenderung mati rasa secara emosional.

Social anxiety disorders. Sering disebut juga sebagai fobia sosial, yakni kecemasan berlebihan seseorang terhadap lingkungan sosialnya. Orang-orang dengan gangguan ini biasanya takut dengan penilaian orang lain, takut diejek, takut tidak diterima oleh teman-temannya, dsb.

Spesific phobias. Biasanya, orang-orang dengan gangguan ini memiliki ketakutan-ketakutan terhadap hal-hal tertentu. Seperti takut ketinggian, takut darah, takut ular, takut terbang, dsb.

Generalized anxiety disorder. Gangguan ini melibatkan rasa khawatir yang berlebihan, sering kali tidak realistis, meski tidak ada hal-hal yang memprovokasi ketakutan tersebut. Orang-orang demikian sering kali mengalami halusinasi.

Gejala umum anxiety disorders:

  1. Kepanikan/kecemasan yang berlebihan
  2. Tidak terkendali, cenderung obsesif terhadap sesuatu
  3. Sering mengalami kilas balik dari pengalaman trauma
  4. Sering dihantui mimpi buruk
  5. Memiliki perilaku ritual yang aneh, misalnya sering mencuci tangan berkali-kali
  6. Sering berkeringat dingin
  7. Sesak napas
  8. Palpitasi (detak jantung tidak teratur)
  9. Tidak bisa tenang atau diam
  10. Sering mengalami ketegangan otot
  11. Mual, pusing, dan sering kesemutan

Apa penyebabnya??

Gangguan kecemasan ini merupakan salah satu bentuk dari penyakit mental. Penyebabnya bisa apa saja, seperti ketidakseimbangan kimia dalam tubuh, perubahan struktur otak, stres lingkungan, trauma dan phobia, dsb.

Diagnosa penyakit mental ini hanya bisa dilakukan oleh dokter ahli. Tidak setiap orang bisa langsung menilai bahwa orang dengan gejala-gejala yang telah disbeutkan tadi berarti mengalami anxiety disorders ini. Dokter membutuhkan riset dan observasi terhadap perilaku pasien.

Bagaimana cara mengatasinya?

Gangguan kecemasan ini bisa diatasi dengan pengobatan, seperti pemberian anti depresan. Atau juga dengan psikoterapi, terapi perilaku, terapi relaksasi, atau bahkan diet. Biasanya para ahli membantu pasiennya untuk berbicara dan menemukan cara-cara untuk menangani gangguan ini.

109 comments

  1. blue man says:

    dah hampir tiga tahun rasain nih pnyakit.. ampe smpet kehilangan pkerjaan.. selalu aja d bayangin serangan jantung.. udh cek jantung tapi gada masalah.. skrg cuma bisa pasrah aja sama Allah.. hadapin ini pnyakit.. skrg udh mulai mendingan bisa kerja lagi.. walopun fisik n mental msh ke ganggu.. yg mw share di FB add aja tsunade_lover@yahoo.co.id

  2. syazwan says:

    aku ada buat satu kajian mengenai gejala ini…apakah aktivit yang sesuai dalam program pemulihan bagi mengenalpasti seseorang mengalami anxiety

  3. teungku muhammad amininur says:

    kalau menurut saya pribadi sih masalah takut dengan kematian,jawabannya karena kita tidak siap mati..maka yang perlu kita lakukan adalah belajar dengan benar&keteraturan dalam ibadah fardhu.kemudian perbanyak zikir karena zikir obat hati.
    kemudian pola tidur usahakan tidur dibawah pukul 11 kalau memang tidak ada kegiatan.terus disiplin dalam hidup yang mencakup ibadah,makan&tidur..
    Insya Allah akan hilang rasa ketakutan itu. penyebab ketakutan kalau menurut saya pribadi ditinjau dari segi agama kita tidak siap modal buat mati..kalau segi kondisi badan disebabkan oleh darah yang tidak normal karena jadwal tidur yang berantakan.
    solusi cara menghilangkannya menurut pengalaman saya jika tiba2 datang rasa ketakutan yang rasa rasanya mau mati itu ;
    membaca apa saja,tapi baiknya bacaan yang bermanfaat kayak baca bacaan dalam shalat jadi kita bisa perbaiki dimana ada silap sambilan dalam hati kita terus berzikir…
    Insya Allah akan tenang berlahan lahan rasa takutnya..karena parahnya rasa takut itu datang dikesunyian malam.

    والله اعلم بصواب

    • andri zulfian says:

      Sy sangat setuju dgn mas muhammad..saat ini sy pun msh berikhtiar tuk benar2 sembuh dr penyakit ini.dah beberapa dokter,ustadz dah sy temui,hingga pada akhirnya sy berpikir bahwa kita harus kembali instrospeksi diri bahwa keimanan harus di tingkatkan.dan perlu ditambahkan pula bahwa penyakit ini sangat erat hubungannya dgn masalah lambung.sy kurang tau pasti apakah rasa cemas yg menyembabkan sakit lambung ato sebaliknya.dengan keadaan seperti ini sy bisa mengambil hikmahnya yaitu semakin sering sy ingat mati maka semakin sering kita beribadah kpd Allah.SWT.

  4. adoel says:

    Penyakit ini datang ke saya setelah saya menjalani suatu operasi beberapa minggu yang lalu. Pada hari ke 3 saya mengalami sesak nafas yang diikuti oleh kecemasan dimana saya takut akan kematian. Pada saat itu saya cemas dan berfikir bagaimana nanti anak-anak saya yang masih kecil kalau tidak ada saya. Siapa yang akan mengurus mereka. Lalu saya takut akan ketidak siapan saya unuk mengahadap Sang Kholik. Dimana sampai saat ini saya belum mempunyai bekal amal ibadah serta ketaqwaan kepada Alloh SWT.
    Kondisi kecemasan dan ketakutan ini saya alami kembali ketika saya pulang ke rumah setelah perawatan pasca operasi di rumah sakit.
    Saat itu saya mengalami kembali kejadian seperti sebelumnya. Sesak nafas yang diikuti dengan ketakutan dan kecemasan.
    .

  5. Sahril Sidik-Lampung Selatan says:

    Syukron Mas Muh…………. sy jg mengidap Anxiety Disoders dah hampir 9 Bln/awal Th 2014. Penyebab utama sya adalah saya memilikiGangguan Hormon Thiroyd menimbulkan cemas berlebihan, bahkan terasa memiliki seperti penderita gangguan Jantung…… seakan2 pd saat kambuh tdk mengenal waktu, bahkan setiap waktu slalu cemas…. Insya Allah banyak mengingat Allah bs hilang…….. Syukron Masukannya

    • Julia says:

      Sy jg ada penyakit tyroid, hipertiroid sdh 4th. Apa anxiety n tiroid saling berhubungan? Sy jg sering ngerasa cemas berlebihan, jantung bedebar, keringat dingin rasa2nya karuan dan spt berasa nyawa akan dicabut hari itu. Ketakutan berlebihan ninggalin keluarga. Ketidaksiapan utk mati. Cara pengobatan apa ya biar sembuh.. T_T

  6. cika says:

    Sudah 3 tahun saya mengidap ini anxietas mski hri2 saya berubah 180 derajat, saya harus tetap menjalani hidup, saya yakin allah memberikan cobaan karena sayang sama saya, dalam hidup hanya ada 2 pilihan menyerah atau bangkit, saya sudah tidak lagi berdoa smga saya bisa menjadi sprti dlu kala , saya yakin masa masa ini akan cpt berakhir saya hanya berdoa smga dgn keadaan ini saya masih bisa dtrma dgn org dskitar saya bsa kuat krna drgn mereka, tmn2 smua smgt yaa , typmpositif thinking pda dri sendiri

  7. Rifdah says:

    Saya mau tanya sesuatu. Ketika saya sedang dudukbd ruang tamu, tiba tiba pagar rumah berbunyi, entah itu hanya angin atau ada tamu yang berkunjung. Bahkan saya lebih cemas bila ada orang yang datang. Apakah sebaiknya saya pergi untuk cek kesehatan atau seperti ini sering di hadapi oleh orang banyak?

    Terimakasih
    Saya lebih senang bila ini bisa di jawab

  8. Urts says:

    Saya juga sama! Semenjak ayah saya meniggal dan pacar saya ingin memperkosa saya kemudian saya jd merasa lesu lemah tak bersemangat , lama kelamaan kesehatan terganggu.. Saya sering kali merasa lelah luar biasaa sedikit2 lelah dan sesak juga palpitasi.. Sudah 2x cek dokter umum dan spesialis jantung sudah EKG dan cek.. Kata dokter tidak apa apa.. Dokter blg berani jamin 100% jantung saya tidak apa apa.. Kata dokter saya hanya depresi.. Pikiran saya selalu kesepian, takut mati, susah tidur, selalu mimpi buruk, tidak bahagia, dan tidak bersemangat. Saya harus bagaimana?

  9. Arbila says:

    Kakak adek sodara mbak mas ibu bapak… Saya juga seperti itu… Saya sudah mengalaminya selama 4tahun ini… Rasanya selalu tak memiliki gairah hidup, mudah lelah berlebihan, sesak napas, palpitasi, tersedak, dan seperti jantung bermasalah.. Namun kenyataannya setelah cek jantung 2x dokter blg saya depresi.. Saya stres saya tidak sakit jantung sudah di cek juga… Tp smpai saat ini rasa cemas itu masih, hidup sperti tidak berarti, takut tanpa ada alsan pasti, takut mati, takut gagal, takut ini itu.. Dikit2 pusing dan lemas mudah ngantuk… seperti jantung bukan? Tp sbnernya bukan.. Setiap kali saya berfikir saya akan sakit , hal itu betul2 terjadi.. semisal “wah rasanya mau pusing” nanti akan betul2 terjadi… Aneh bukan?

  10. Arbila says:

    Biasanya org yg sakit seperti itu cenderung lemah fisok dan mental… Mudah sakit dan mudah berprasangka buruk terhadap diri sendiri… Banyak berdoa dan selalu bersyukur.. Buat kebahagiaaanmu , lupakan kecemasan itu dgn curhat dgn teman ber canda dll slahkan senyaman anda

  11. Huda. M.Psy. Psikolog says:

    Buat teman2 yg menderita keluhan ini, .. Anxiety Disorder sebenarnya keluhan yg sering di derita oleh individu2 setelah kejadian / peristiwa traumatik dlm kehidupan sso tsb. Dan masing2 org menilai sesuatu itu traumatik atau tidak itu sangat subyektif, masing2 orang tidak sama tingkat ketahanan psikologisnya…
    Dalam perspective psikologi keluhan ini bisa di sembuhkan.
    Ada beberapa toll’s atau tekhnik yg bisa membantu penyembuhan keluhan ini misalnya dg Ancoring, Past live Regretion, Instan Cange Terapi, Hypnoterapy, Chaning Ancore dll…
    Utk teman2 di Surabaya dan sekitarnya bisa hub saya Huda Samudera. M.Psi. Psikolog utk diskusikan keluhannya … Bb 74409D58

  12. pandhujk says:

    Sekedar Cerita

    Pada awal bulan Desember yang lalu, untuk pertama kali nya saya mengalami penyakit ini(selalu merasa seperti ajal akan datang). gejala nya benar-benar sama dengan penjelasan yang ada di atas.. Pada awalnya saya merasa putus asa dengan kondisi seperti ini sampai-sampai sempat terfikir untuk BUNUH DIRI, karena terlalu seringnya saya diselimuti perasaan cemas yang berlebihan didukung dengan lingkungan yang sangat tidak bersahabat.

    Di akhir bulan Desember barulah saya tahu kalau saya menderita penyakit kejiwaan setelah saya pergi berobat ke dokter umum dan beliau bilang saya harus ke psikiater(ahli kejiwaan). Psikiater?! Saya sakit jiwa?!! makin depresi lah saya

    Karena kondisi yang semakin parah, akhirnya saya menerima keputusan sang dokter tsb. dan memutuskan untuk pergi ke psikiater. Tanggal 5 Januari 2015 untuk pertama kalinya dalam hidup saya, saya pergi ke psikiater. Intinya dokter psikiater bilang kalau penyakit ini baru bisa disembuhkan setelah mengalami pengobatan minimal selama 1 tahun, dan bisa semakin parah apabila tidak ditangani dengan benar.

    Sekarang(setelah 3 bulan) saya masih dalam masa pengobatan(per 2 minggu konsul). Namun, saya sudah tidak merasakan “apa-apa”. Ada beberapa cara yang saya ingin bagi kepada teman-teman semua yang menderita penyakit ini, ataupun yang tidak(jangan sampai).

    Sangat mudah, diantaranya yaitu :
    1. Olahraga teratur, apa saja asal berkeringat.
    2. Pola hidup teratur seimbangkan antara aktivitas, pola tidur dan pola makan,
    3. Apabila memiliki masa lalu yang kelam akui saja, pasrahkan dan cobalah untuk lupakan, come on move on.
    4. Dan yang terpenting adalah dekatkan diri teman-teman kepada Tuhan. Percayakan semua nya pada Tuhan, Insya allah hidup teman-teman akan selalu diselimuti dengan ketentraman.

    Dengan dibarengi minum obat dari dokter, penyakit yang “katanya” baru bisa sembuh selama 1 tahun, alhamdulillah penyakit ini hanya melekat selama 3 bulan saja, walau belum ada keputusan pasti dari psikiater bahwa saya sudah dipastikan sembuh atau belum. Akan tetapi, saya sudah merasakan kembali masa depan saya, aura untuk menjalani hidup pun lebih menggebu dari sebelumnya.

    Saya kehilangan pekerjaan saya, kuliah pun sekarang terancam “DO”. Saya tidak menyalahkan penyakit ini, justru saya menyalahkan diri saya sendiri dengan apa yang saya perbuat di masa lalu. Dan sekarang saya merasa bersyukur kepada Tuhan karena telah memberikan saya penyakit seperti ini. Karena dengan adanya penyakit ini di sisa hidup saya, saya jadi bisa lebih dekat dengan Tuhan saya

    Tetaplah semangat untuk menjalani hidup kawan-kawan! “come on move on”

    • Hera says:

      Mas pandu. Saya juga mengalami hal yang sama. Tapi saya tidak pergi ke psikiater, saya mengalamiii semua hal yg d sebutkan…
      Saya mendiagnosis diri saya sendiri. Apa boleh???

  13. oni haryono says:

    Saya saat ini sedang mengalami gangguan cemas,brawal dari akhir bulan january kemarin saya bermimpi dan trbangun tb2 jantung saya berdebar, dari situ lah pnykit ini menghantui hari2 saya…saya sdh priksa ke medis jntg saya sehat, tp pikiran akan skt jntung dan tkt ketika akan tdr dengan dtk jantung membuat saya depresi ssh tdr , saat trbangun jg jiwa ku lemah berat badanku turun , aku ingin seperti dulu aku periang, aku sehat jiwa raga, aku kuat bersemangat jiwa ku petualang survivor, ya allah sembuhkan lah penyakitku aku sangat sedih …teman atw siapa pun bantu aku ya temukan hidup ku kembali, aku punya banyak impian jg cita2 bersama calon istriku..ap lg aku akan mnikahinya bln mei nti, bantu doanya ya..mg qt mua diberi kesembuhan. Aamiin.

  14. muhammad adi says:

    Saya mempunyai tanda2 ke arah situ, pasca kjadian buruk menimpa saya pd saat saya ditempatkan pertama kali oleh perusahaan tmpt saya bekerja. Sebulan pertama saya kemalingan yg menyebabkan saya kehilangan harta benda saya, sebulan setelah itu saya mengalami kecelakaan patah tulang cukup parah. Sampai skrg saya sering cemas, panik bahkan kerap terpanxing, susah tidur dan tdk ada nafsu makan. Ketika saya mengingat hal2 buruk itu seakan2 hidup saya berhenti. Satu hal yg bs skdt menenangkan saya adalah berada di dkt keluarga saya terutama keluarga. Saya trauma utk kembali di kota itu, apalagi dgn kondisi fisik yg tdk lgi stlh kecelakaan saya merasa lbh tenang tgl di kota saya bersama orang tua saya…

  15. Hera says:

    Saya mengalami hal yang sama yang diceritakan teman2 d atas.

    Saya mengalami awalnya di desember 2014 waktu saya jatuh sakit. Saya selalu secara tidak sadar selalu memakai pakaian hitam dan menganggap diri saya akan mati.
    Saya mulai takut dan mulai terbawa halusinasi.
    saya sempat merasa baikan sampai awal bulan februari. Lalu di bulan maret saya mendapat kabar kematian secara berurutan dalam waktu yang bersamaan. Dan disinilah sya selalu ketakutan akan mati karena merasa tidak punya bekal untuk akhirat.

    Kawan. Saya anak yang aktif dan termasuk orang yang cukup dikenal di kampus dosen dan mahasiswa. Sebelumnyaa saya memang mengalami rasa jenuh dan juga tidak mendapat semangat melakukan aktifitas apapun. Kerjaan tugas dan tanggung jawab organisasi. Saya merasa tidak becus dll.

    Sampai tiba d akhir bulan maret sampai bulan april saya mengalami jantug berdegub kencang, keringat dingin,gelisah, dan ketakutan yang luar biasa. Sampai saya konsultasi dengan ustads ahli rukyah.

    Saya juga curhat dengan teman dekat dan mulai mengetahui dengan salah satu penyakit kejiwaan AXIETY DISORDER.
    saya belum periksa psikiater. Apa bisa saya mendiagnosis sendiri???
    Mohon bantuannyaaa

  16. rizzal real ozil says:

    Tidak mudah memang menyembuhkan sakit anxiety ini.. Pikiran org awam bhkan mgkin dokter jiwa atau psikolog sklipun mngkin tdk spenuhnya pham ttg anxiety.. Justru yg pham adalah org yg brhsil lepas dr pnykit itu sndri.. Krn pkiran org anxiety itu sgt tdk berlogika dan itu tiba2 datang tnpa bs kita duga2.. Dan scra spontan alam bwah sadae kita merespin dgn sangat signifixant jd logika kita pd saat itu nyaris hilang.. Bisa mnyebut istughfar dll tp seakan2 ketakutan kita sgt dasyat.. Shingga bdan dan mntal kita seakan akan mau mati.. Nah.. Mnrut saya brushlah terus step by step hadapi ketakutan kalian dgn sisa2 logika kalian.. Apa yg kit takutkan buktikan apakah hal yg kita takutkan benar2 nyata.. Lkukan ksibukan stiap hari.. Cb brpkir positif brkumpul dgn teman bersosialisasi dll dulu awalnya mau kluar rmh saja saya takut.. Takut pingsan djln takut jatuh dll tp stelah saya branikan diri tenyta ketakutan tsb tdk sehebat yg saya pikirkan.. Dlatih trus smbil dhadapi jngan sembunyi dr ktkutan.. Dan berdzikir trus dgn sepenuh2 nya zdikir.. Ins alloh dngn izin alloh kita akan dberi ksembuhan amin..

  17. yuda kem says:

    sya jg kalo malam ada bunyi sdikit saja dalam rmh. . Sdah mengira ada maling masuk rmh. . Prasaan sangat gugup dan langsung ngecek sumber suara. . Slalu bgtu.
    Slain itu sya skrg trkena gerd Yang mengganjal di leher. . Sya dihantui rasa takut akan kanker kerongkongan. . Takut mati dll.. pdhal hasil pmeriksaan dokter tidak ad kanker Dan tidak brbahaya. . Sdah bbrapa kali pmeriksaan. .

    tapi skrg udh gk lg sih. .
    Intinya banyak berdoa stelah sholat 5 wktu. . Jgn lupa sholat tahaJud. . silahkan browsing tentang keajaiban sholat tahajjud. . Penyakit separah apapun sembuh diluar logika. . Ayo bertawakaL. Ibadah.. berdoa… ikhlas. . Sembuh

Leave a Reply