MEMBUAT PEMBATAS BUKU CANTIK DARI PITA

Apa yang sering kali kita lakukan untuk menandai batas akhir bacaan pada sebuah buku? Ya, kita pasti melipat halaman buku tersebut untuk menandainya, bukan?

Nah, jika Anda sering kehilangan pembatas buku, dan juga sering melipat halaman buku yang mengakibatkan kertasnya menjadi terlipat-lipat dan lecek, Anda perlu membuat pembatas buku sendiri. Ajari juga si kecil untuk membuatnya ya.

Bosan dengan pembatas buku yang itu-itu saja? Yuk, kita buat pembatas buku yang cantik, namun mudah membuatnya. Buku pun akan lebih rapi dan bebas lecek.

Alat dan bahan :

  • Aneka macam pita kain
  • Kancing
  • Karet rambut kecil
  • Gunting
  • Benang dan jarum
  • Lem  (optional)

Langkah pengerjaan :

  1. Gunakan buku untuk menyesuaikan panjang pita kain, kemudian potonglah dengan menggunakan gunting. Agar pita tidak mudah brudul, bakar sedikit ujung-ujungnya.
  2. Ambil salah satu ujung pita, jahitkan kancing di bagian luarnya. Bisa juga menggunakan lem tembak, namun hasilnya akan lebih kuat jika dijahit.
  3. Ambil ujung yang satu lagi, lalu kaitkan dengan karet rambut, dan jahit ke bagian dalamnya. Jika ingin lebih simpel, bagian ini juga bisa cukup dilem saja.
  4. Pasangkan pembatas buku, kemudian kaitkan karet pada kancingnya. Jadi deh!

Selamat mencoba!

About bunda 569 Articles
Hai! Panggil saya Icha atau Bunda Fafa. Seorang perempuan biasa yang bangga menjadi istri dan ibu rumah tangga, dan ingin terus belajar untuk menjadi luar biasa dengan karya dan dedikasi. Saat ini saya berdomisili di Yogyakarta, bersama dengan suami saya tercinta, Mr. E, dan anak-anak kami, Fafa (2010) dan Faza (2014). Enjoy!

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.