IDE HADIAH LEBARAN

Salah satu kebiasaan di masyarakat kita saat Lebaran atau Hari Raya adalah membagi-bagikan uang atau hadiah untuk anak-anak. Hal ini adalah untuk menyenangkan anak-anak atau sebagai apresiasi atas usaha mereka belajar puasa selama bulan Ramadhan.

Kebiasaan memberikan hadiah baik berupa uang atau benda ini ternyata merupakan kebiasaan yang terpuji dan boleh dilakukan ya. Karena menanamkan kebahagiaan kepada kaum Muslimin adalah perkara yang sangat dicintai dalam agama Islam (fatwa Al Lajnah Ad Daimah 26/247).

Nah, berikut ini, ada beberapa ide untuk memberikan hadiah kepada anak-anak di Hari Raya yang mungkin perlu dicoba bila ada kelebihan rizki :

Parcel alat tulis
  1. Hadiah uang. Hadiah uang ini sudah umum dilakukan oleh sebagian besar kita. Makanya, menjelang lebaran biasanya bermunculan jasa-jasa penukaran uang baru (nominal kecil) di pinggir-pinggir jalan. Nah, yang patut diwaspadai adalah jika dalam penukaran tersebut terdapat transaksi riba. Bagaimana bisa riba? Misalnya, tukar menukar uang Rupiah dengan Rupiah dan ada selisih alias tidak sama, maka kelebihannya itu adalah riba. Lebih baik, tukar di bank langsung yang nominalnya sama / tidak ada selisih. Bahkan meski saling ridha, riba tetap riba ya. Penjelasan lebih lengkap, bisa membaca artikel di link ini.
  2. Mini parcel jajanan anak. Hadiah uang yang biasa diberikan, biasanya akan digunakan anak-anak untuk jajan. Bahkan meski di rumah telah disediakan kue-kue dan penganan khas lebaran, bisa jajan dengan uang sendiri itu punya kebahagiaan tersendiri untuk anak-anak.
    Parcel jajanan anak

    Nah, jika ada rizki lebih, kita juga bisa lho, menyediakan mini parcel yang isinya berbagai jajanan untuk anak-anak. Selipkan kartu ucapan hari raya atau adab-adab makan agar hadiah menjadi lebih bermakna bagi mereka.

  3. Parcel alat tulis. Tidak hanya jajanan, bingkisan berisi alat tulis juga menyenangkan buat anak-anak. Apalagi, ketika hari raya juga berdekatan dengan tahun ajaran baru. Memiliki alat tulis atau perlengkapan sekolah yang baru akan membuat mereka semakin bersemangat!
  4. Parcel buku atau mainan edukasi. Selain alat tulis, buku bacaan atau mainan edukasi juga oke dijadikan hadiah saat lebaran. Kita bisa memberikan hadiah buku-buku sejarah Nabi, kisah anak Muslim, tuntunan doa harian untuk anak-anak, poster edukasi, dan lain sebagainya.
Parcel poster edukasi

Anda punya ide yang lebih seru lagi? Yuk, sharing!

 

Gambar : Rumah Bunda

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *