PENDIDIKAN PERTAMA BAGI ANAK

“Hai orang-orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari api neraka…” (QS. At-Tahrim: 6)

Pendidikan anak adalah tanggung jawab utama orangtuanya. Dalam ayat ke enam dalam surah At Tahrim di atas, secara gamblang Allah subhanahu wa ta’ala telah memerintahkan dan mendorong para orang tua untuk mendidik anak-anak mereka.

Ada sebuah kaidah dasar dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam mengenai pendidikan anak, yaitu bahwa setiap anak itu tumbuh dan berkembang mengikuti agama orang tuanya, karena keduanyalah yang memberikan pengaruh kuat terhadapnya.

Ini artinya, metode dan cara mendidik orang tua sangatlah menentukan kehidupan anak di masa depan. Pendidikan yang salah, akan melahirkan generasi yang “salah” pula. Begitu pula sebaliknya, pendidikan yang benar, akan menghasilkan generasi unggul yang sukses dalam kehidupan dunia dan akhiratnya.

Lantas, apa yang harus diajarkan orangtua kepada anak-anaknya pertama kali dalam kehidupannya?

  1. Mengajarkan anak mengucapkan “Laa ilaaha illallaah, Muhammadur rasuulullah…” serta memberikan pemahaman yang sesuai dengan kemampuannya tentang makna kalimat tersebut.
  2. Menanamkan kecintaan dan keimanan kepada Allah pada anak, yakni bahwa Allah adalah Rabb yang menciptakan kita, Yang memberikan rizki untuk kita, serta tidak ada sesembahan yang boleh disembah selain Allah.
  3. Memotivasi anak untuk meraih surga dan menjauhi neraka. Serta memberitahukannya bahwa surga adalah bagi mereka yang menjalankan perintah Allah dengan baik, taat pada orangtua, dan lain sebagainya. Sedangkan neraka diperuntukkan bagi mereka yang lalai dan meninggalkan perintah Allah, durhaka pada orangtua, dan lain sebagainya.
  4. Mengajarkan anak untuk selalu berdoa dan memohon pertolongan hanya kepada Allah saja.

Sumber rujukan: Mendidik Anak Bersama Nabi – Muhammad Suwaid, Penerbit Pustaka Arafah.

Last edited: 08/01/2021

About bunda 577 Articles
Hai! Panggil saya Icha atau Bunda Fafa. Seorang perempuan biasa yang bangga menjadi istri dan ibu rumah tangga, dan ingin terus belajar untuk menjadi luar biasa dengan karya dan dedikasi. Saat ini saya berdomisili di Yogyakarta, bersama dengan suami saya tercinta, Mr. E, dan anak-anak kami, Fafa (2010) dan Faza (2014). Enjoy!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.