MANFAAT AKTIVITAS DOT TO DOT UNTUK ANAK

Ayah dan bunda tentu pernah melihat aktivitas menghubungkan titik-titik membentuk suatu gambar pada lembar tugas ananda di rumah. Aktivitas tersebut sering disebut dengan connecting dots atau dot to dot. Aktivitas dot to dot ini merupakan latihan bernilai edukasi yang sangat menyenangkan bagi anak-anak. Dan tahukah Anda, bahwa aktivitas menghubungkan titik-titik ini ternyata memiliki banyak manfaat?

Belajar Berhitung
Biasanya, aktivitas dot to dot ini diberi urutan angka (atau terkadang huruf), sehingga pada saat anak-anak mengerjakan dot to dot ini, anak-anak otomatis akan menghafalkan urutan nomor dan membantu mereka berhitung. Pada anak-anak yang lebih kecil mungkin membutuhkan sedikit bantuan, tetapi seiring bertambahnya usia, mereka akan dapat menyelesaikan dot to dot sendiri dengan penuh percaya diri.

Koordinasi Tangan-Mata
Permainan dot to dot sangat bagus untuk meningkatkan koordinasi tangan-mata pada anak-anak. Mengapa? Karena ketika harus menyelesaikannya, mereka membutuhkan banyak konsentrasi. Tidak hanya itu, kontrol motorik visual juga dikembangkan melalui aktivitas ini.

Keterampilan Menulis Tangan
Melakukan aktivitas dot to dot sangat membantu meningkatkan keterampilan menulis tangan dan merupakan alat pengajaran pra-menulis yang sangat berharga. IDalam aktivitas ini, anak-anak belajar bagaimana membuat bentuk, memfokuskan pensil mereka, dan belajar seberapa banyak tekanan yang diberikan di atas kertas agar kertasnya tidak robek, tetapi garisnya juga harus tampak jelas.

Keterampilan Motorik Halus
Mengerjakan dot to dot adalah cara yang bagus untuk memperkuat otot tangan dan jari dalam persiapan menulis. Masa kanak-kanak adalah waktu yang tepat untuk membantu mengembangkan otot-otot vital yang akan dipergunakan sepanjang hidup selanjutnya. Latihan ini membantu anak-anak agar dapat berkonsentrasi untuk menggenggam pensil mereka dan memperkuat tangan mereka sambil mengerjakan dot to dot.

About bunda 577 Articles
Hai! Panggil saya Icha atau Bunda Fafa. Seorang perempuan biasa yang bangga menjadi istri dan ibu rumah tangga, dan ingin terus belajar untuk menjadi luar biasa dengan karya dan dedikasi. Saat ini saya berdomisili di Yogyakarta, bersama dengan suami saya tercinta, Mr. E, dan anak-anak kami, Fafa (2010) dan Faza (2014). Enjoy!

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.